SkyRizky07Avatar border
TS
SkyRizky07
[MUST KNOW!] Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok!




Spoiler for 100% NO REPOST dan REPSOL:




Semula enceng gondok dianggap sebagai tanaman yang dapat merusak lingkungan karena sifatnya tumbuh liar di rawa, danau, ssungai, selokan dan genangan air lainnya. Karena sifatnya yang mudah tumbuh dan adaptasi itu, enceng gondok dalam waktu sekejap mampu menutupi permukaan sungai ataupun danau sehingga sangat mengganggu pandangan.

Spoiler for Eceng Gondok:


Terkadang juga jadi pemicu banjir karena tanaman yang merambat diatas air itu dapat menahan sampah. Sebab itu, banyak upaya memusnahkan enceng gondok karena dianggap sebagai tanaman pengganggu lingkungan dengan jalan pembabatan.

Dalam sebuah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dilaksanakan Universitas Jember, seorang sisiwa yang bernama Ni Putu Yeni Kendarinny, siswa SMAN 3 Denpasar berhasil meraih juara I karena paparannya soal rahasia eceng gondok, ternyata mampu mengalahkan puluhan finalis lainnya. Ia mengangkat eceng gondok karena tanaman air ini tak dilirik masyarakat, padahal dia memiliki manfaat bagi ilmu kedokteran, peluang ekspor dan ajang bisnis.

Semua komponen tanaman eceng gondok ini bisa dimanfaatkan. Nggak Percaya? Check It Out!
Spoiler for Buka:


Selain dikenal dengan nama eceng gondok, ternyata di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe.

Tapi ada pula yang berpikiran kreatif dengan memanfaatkan tanaman itu sebagai bahan kerajinan seperti tas, tikar, aksesoris, taplak meja dan sebagainya. Alhasil, limbah yang tadinya sangat membantu akhirnya mampu mendatangkan keuntungan..

Spoiler for Keuntungan:


Spoiler for Keuntungan:


Spoiler for Keuntungan:


Spoiler for Keuntungan:


Kabar baru yang cukup menggembirakan adalah bahwa tanaman enceng gondok memiliki senyawa kimia penting hingga mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan Enceng Gondok :
Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan banyak lagi.

Pada akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan buunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan seluruh kandungan kimia yang ada itu, enceng gondok dapat menyembuhkan tenggorokan terasa panas, kencing tidak lancar, biduran dan bisul.

Kandungan senyawa penting tadi terdapat diseluruh organ tanaman dari akar samapai daun ddapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Bahkan bunganya yang menawan juga bagus dijadikan bahan obat tradisional. Nih, ane kasih resep obat tradisional dari eceng gondok emoticon-Big Grin


Spoiler for Check It Out!:




PERHATIAN!!


Merasa Trit ini Bermanfaat? Silahkan donasikan GRP/Cendol ke ane emoticon-Cendol (S)
Merasa Trit ini hanya bualan belaka, tak bermanfaat? Silahkan beri ane BRP/Bata agar ane bisa introspeksi diri kembali emoticon-Bata (S)






SUMBER
SUMBER LAINNYA
[URL="https://www.google.com/search?q=gambar+pemanfaatan+eceng+gondok&client=firefox-a&hs=8DF&rls=org.mozilla:en-USemoticon-Embarrassmentfficial&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=KSVqUauXLsv7rAfEyYHYCw&ved=0CDIQsAQ&biw=1252&bih=596#imgrc=_"]SUMBER GAMBAR[/URL]

____________________________________________________

FINAL NOTICE!


GAK KOMENGane Sumpahin Jadi MAHO! emoticon-Betty


Terima Kasih Atas Perhatian Dan Kerjasamanya.


Diubah oleh SkyRizky07 21-04-2013 07:22
0
57K
732
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.