Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jembatbaikAvatar border
TS
jembatbaik
Musikus Ini Menipu Penggemarnya Selama 18 Tahun


Di negaranya, Mamoro Samuragochi, 50 tahun, dijuluki sebagai "Beethoven dari Jepang". Sejak pertengahan 1990, ia membuat komposisi musik klasik meski pendengarannya terganggu. Salah satu komposisinya yang terkenal adalah Hiroshima Symphony No. 1 yang didedikasikan untuk korban bom atom di kota itu pada 1945.

Simponi yang dirilis pada 2003 itu menjadi hit, terjual lebih dari 100 ribu kopi di Jepang. Energi dari musik ini membuat publik kerap menamai lagu ini "Simponi Harapan" dan kerap dimainkan di media kala bencana melanda. Dan, pada hari ini, harapan yang diberikan ternyata palsu, setelah Samuragochi mengakui bahwa ia membayar orang untuk menciptakan lagu untuknya.

"Saya menunjuk orang lain untuk membuat komposisi musik untuk saya sejak 1996," ujarnya kepada NHK, Rabu, 5 Februari 2014, waktu setempat. Ia menyatakan hal tersebut perlu dilakukannya menyusul gangguan telinga yang dialaminya sejak 1996.

Pada umur 35, ia kehilangan seluruh fungsi pendengarannya, tapi tetap bisa membuat karya-karya magis di blantika musik. Hal itu membuat namanya makin moncer, dan pengukuhan status sebagai Beethoven dari Jepang mulai diberikan.

Atas pengakuan ini, perusahaan rekaman yang mempublikasikan karya-karya Samuragochi, Nippon Columbia, marah besar. "Kami terperangah dan sangat marah," ujar mereka dalam situsnya. Mereka merasa ditipu karena Samuragochi selalu meyakinkan mereka bahwa karya tersebut benar-benar dibuatnya.

Hingga kini pengarang asli karya-karya Samuragochi belum terungkap. Beberapa media Jepang berspekulasi bahwa orang tersebut adalah Aragaki Takashi, seorang guru musik biasa. Namun hal ini tak dikonfirmasikan oleh Samuragochi. "Sulit untuk memaksanya (pengarang asli) keluar dan mengakuinya di depan publik," ujarnya.
0
3.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.