Berdasar riset terkini menguak data jika Facebook bakal segera temui ajal di tahun 2017
nanti. Boleh percaya boleh tidak, yang jelas pasti ada alasan mengapa sebuah prediksi itu dimunculkan. Laman Investor Place berikan beberapa pandangan lain mengapa Facebook dimasa mendatang pasti akan tutup usia.
Berikut diantaranya:
Inovasi yang kurang: nampaknya bukan laman
Investor Place saja yang setuju tapi seluruh penduduk di jagad maya mengamininya. Tidak usah me- review selama 10 tahun apa saja yang telah dilakukan Facebook. Terkini, mereka telah
melepas fitur Trending Topic. Dari fitur ini saja Facebook terlihat kurang inovasi. Mereka kerap
mencontek fitur unggulan kompetitor lain.
Daya tarik menurun: ibarat seorang wanita cantik, Facebook memang cantik. Namun ada
wanita lain yang cantik tapi miliki nilai plus. Facebook memang powerfull sebagai media
komunikasi namun terkesan ribet, banyak iklan lagi. Bandingkan dengan layanan lain. WhatsApp
atau LINE misalnya. Praktis, cepat, mudah, dan inovatif.
‘Kutukan’ MySpace: sah saja menyebut demikian.Tapi coba tengok apa yang terjadi dengan
MySpace. Tahun 2000-an mereka jadi jejaring sosial paling populer sejagad. Seiring berjalannya waktu, jumlah pengguna pun menurun. Ibarat terkena penyakit kronis, MySpace kemudian tewas dengan sendirinya dan dijual tahun 2008.
Membosankan: Usia Facebook pada 4 Februari 2014 kemarin genap 10 tahun. Sebuah usia
yang cukup matang bagi layanan yang diciptakan dari kamar ‘kos’ di Harvard. Namun usia 10 tahun juga butuh penyegaran. Pengguna pasti
akan mulai berfikir untuk membutuhkan hal yangbaru.
Tengok apa yang terjadi dengan Yahoo! dan AOL. Mereka berjuang keras untuk tetap tegak. Google? Sejak tahun 1995 mereka terus bertahan dan eksis. Makin ke sini Google bahkan kian top.
Mungkin Mark Zuckerberg dkk wajib berguru pada perusahaan California itu.