ajis123Avatar border
TS
ajis123
Dahsyat, muncul 3 'tornado' saat Sinabung meletus!

ane cuma mau share gan

mari kita doakan mereka agar tetap semangat

Gunung Sinabung terus mengeluarkan awan panas dengan skala besar pada beberapa pekan terakhir. Bahkan saking dahsyatnya letusan Gunung api di wilayah Karo ini, tidak hanya awan panas yang diluncurkan ke arah pemukiman warga namun juga terbentuk tiga 'tornado' setelah awan panas meluncur.

Seperti dilansir Softpedia (5/2), pada letusan yang terjadi minggu lalu, terlihat jika setelah awan panas meluncur dari puncak Sinabung atau dikenal sebagai fenomena pyroclastic flow, maka perbedaan suhu di permukaan tanah dan di udara yang tiba-tiba melonjak membuat muncul tiga 'tornado' yang terdiri dari awan dan debu panas.

Sebenarnya, pusaran angin berisi debu panas hasil erupsi ini bukan murni terbentuk seperti fenomena tornado yang banyak terjadi di belahan dunia lain. Kejadian ini banyak terjadi saat gunung meletus atau kebakaran hutan dan dikenal dengan istilah dust devil atau fire whirl.

Namun memang, kedua fenomena ini sama-sama memunculkan pusaran angin yang menjulang tinggi ke angkasa. Untuk melihat tiga dust devil yang terbentuk sesaat setelah letusan gunung Sinabung, Anda dapat melihat video berikut ini.



Spoiler for :



bagi yang gk bisa waffer di trit ane langsung aja ke youtube nih ane kasi judulnya ( yroclastic Flow followed by series of Tornados, Sinabung Volcano)

sekian dari ane gan

smoga bermanfaat emoticon-Matabelo

Silahkan tinggalkan komen bermutu nya ya ..

bantu emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Toast
Diubah oleh ajis123 07-02-2014 12:23
0
4.7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.