Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

beequeenzAvatar border
TS
beequeenz
(TOP)Adab-Adab Yang Berkaitan Dengan Mesjid ( Muslim Masuk )
Selamat Datang Juragan Di Trit sederhana ane

Bismillah

Trit ini ane buat.. sekedar berbagi ilmu yg ane tau kepada saudara2 ane sesama muslim yg ane cintai karna Allah.

Saya yakin kita semua sepakat Bahwa Mesjid adalah tempat suci dan mulia yang wajib atas setiap muslim untuk menghormati, menjaga dan memuliakannya.

Oleh karna itu ane pingin berbagi sedikit tentang adab-adab yang berkaitan dengan memuliakan mesjid. Agar kita terhindar dari dosa dan mendapat pahala berlimpah ketika memasuki mesjid
yang merupakan Rumah Allah.

1. Hendaklah ketika Memasuki mesjid dimulai dengan melangkah kan kaki kanan, berdasarkan hadits "Rasulullah selalu mendahulu kan yang kanan ketika memakai sendal, bersisir, bersuci dan dalam segala hal-hal yg baik" (HR. Bukhari No.168 dan Muslim No.268)

2. Hendaknya seorang muslim tidak meludah dan mengotori mesjid, berdasarkan Hadits "Rasulullah bersabda : Meludah didalam mesjid adalah perbuatan dosa dan tebusannya adalah membersihkannya (HR. Bukhari dan Muslim"

3. Menjaga mesjid dari bau2 tidak sedap seperti bau badan menyengat, bau mulut yang tidak sedap, terutama kita jngan sampe kentut didalam mesjid. "Rasulullah bersabda : Barang siapa yang memakan buah tanaman ini (Bawang Putih) maka janganlah sekali2 mendekati mesjid2 kami (HR : Bukhari 853 dan Muslim 561)

Para ulama sepakat berdasarkan hadits diatas bahwa segala bau mulut yg berpotensi mengganggu konsentrasi saudara kita ketika sholat berjamaah, baik itu karna malas sikat gigi atau karena makanan yg menimbulkan bau menyengat seperti : Bawang merah/putih, pete, jengkol, duren bahkan bau rokok. Hendaknya menghilangkan bau itu dulu sebelum memasuki mesjid dan ikut sholat berjamaah.

4. Hendaknya seorang muslim bersikap tenang dan tidak berteriak atau berbuat gaduh didalam mesjid seperti bersiul, bertepuk tangan, menjentikkan jari dan sgala hal gaduh lainnya.

5. Hendaknya seorang muslim jangan melakukan transaksi jual beli didalam mesjid, berdasarkan sabda Rasulullah "Janganlah kalian melakukan jual beli didalam mesjid" (HR. Abu Daud No.1079 Tirmidzi No.853)

6. Hendaknya seorang muslim sholat 2 rakaat ketika pertama memasuki mesjid. Rasulullah bersabda :"Apabila salah seorang diantara kalian memasuki mesjid, hendaknya dia sholat dua rakaat sebelum dia duduk (HR. Bukhari No.444 & Muslim No.714)

7. Hendaknya seorang muslim tidak keluar mesjid ketika adzan dikumandangkan. berdasarkan Hadits dari Abu Hurairah. "Barang siapa yang keluar dari mesjid saat adzan berkumandang, maka sungguh dia telah menyalahi Sunnah Rasulullah shollallahu alaihi wasallam" (HR. Muslim No.655).

Demikianlah sedikit dari adab2 yang berkaitan tentang mesjid yg ane tau, maaf kalo tidak rapi dan kurang detil.

Dipersilahkan juga bagi agan2 yang mungkin ada yg mau membagi ilmunya.

Barakallahu Fiik

(TOP)Adab-Adab Yang Berkaitan Dengan Mesjid ( Muslim Masuk )
0
1.1K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.