sunlokdongAvatar border
TS
sunlokdong
hati2 bagi yg sedang mencari lowongan kerja
Assalamualaikum...
pertama-tama ane minta maap ke momod klo ane salah kamar ato dopost ato apa lah namanya.

ane share aja dikit tentang penipuan lowongan kerja,
lgs aja ane kopas dari postingan korban penipuannya:

Pernah baca iklan di koran yang seperti ini?

Butuh segera karyawan/ti untuk posisi staff kantor ADM/HRD/GUDANG/KEUANGAN. fasilitas: Non Kontrak + Gaji Pokok 1,5 - 4 juta + Jamsostek + Jenjang Karir. Hubemoticon-FrownSMS) 02198655889 an Ibu Ajeng SE.format: Nama, Pendidikan Terakhir, Umur.

**********

Itu adalah penipuan, jangan percaya! Biar saya yang menjadi korban terakhir! Saya tidak mau ada korban-korban lain setelah saya ini!

Setelah kalian sms nomor itu, akan dibalas seperti ini: Selamat, anda telah lulus seleksi sebagai calon karyawan kami, harap datang untuk interview.

Setelah datang disana, kalian harus membayar 25.000 rupiah untuk membayar formulir, dan..........

Jika ingin diterima sebagai karyawan, kalian harus bisa menjual alat elktronik (Merk abal-abal) dengan harga yang sangat tinggi (Minimal 500.000 rupiah), tetapi masalahnya, kalian harus menjualnya hanya dengan brosur. Barangnya ga ada (Mana ada yang mau beli kalau barangnya ga ada)

Otomatis, jika ingin diterima kerja, harus beli itu barang, tapi setelah beli, uangnya dibawa kabur PT Mitra Utama GOMBAL.

Setelah itu, harus membayar uang sebesar 500.000 rupiah untuk seminar (Bla bla bla)

DAN INILAH FAKTANYA:

1. DI PT MITRA UTAMA GLOBAL SAMA SEKALI TIDAK ADA PEKERJAAN SESUAI PERKIRAAN SAYA. TUGAS SAYA HANYA MENYEBAR IKLAN DAN MENGINTERVIEW APABILA ADA YANG MENGHUBUNGI SAYA. APABILA SAYA BERHASIL MEMBUAT ORANG TERSEBUT BERGABUNG DAN MENYERRAHKAN UANG RP507.000,- MAKA SAYA DAPAT KOMISI 100 RIBU SEDANGKAN SISANYA UNTUK PT MITRA UTAMA GLOBAL

Saya mendapatkan 1 buah souvenir (blender) daari PT MITRA UTAMA GLOBAL yang katanya ini sample produk yang di impor dan digunakan sebagai souvenir bagi mitranya (mereka alergi untuk bilang karyawan jadi menggunakan istilah “mitra”). Namun produk itu pun tidak sesuai janji. Katanya merk NATIONAL ternyata NASIONAL..dan lebih celaka lagi blender itu tidak presisi sehingga tidak stabil saat digunakan.

2. PT MITRA UTAMA GLOBAL HANYA MENGGUNAKAN KEDOK “LOWONGAN KERJA” PADAHAL MEREKA MEMASARKAN PRODUK JELEKNYA PADA “SANG PENCARI KERJA” DENGAN UANG 507.000 RINCIANYYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT
RP 7.000,- UNTUK MATERAI
RP 100.000,- RIBU UNTUK KOMISI HRD YANG MENGINTERVIEW
RP 400.000,- RIBU UNTUK MEMBELI PRODUK MEREKA YANG SAYA YAKIN HARGANYA JAUH LEBIH RENDAH DARIPADA ITU

cabangnya ada tersebar di berbagai wilayah di jakarta, bogor & bekasi
Harap semua hati-hati kalo melamar ke perusahaan tersebut di atas. Perusahaan tersebut menawarkan lowongan admin, hrd, supervisor & lain-lain. Para pelamar disuruh membayar uang administrasi antara 15rb - 20rb.

Pada saat interview pertama, para pelamar ditipu bahwa perusahaan membutuhkan banyak karyawan karena kantor akan membuka beberapa kantor cabang baru
semua itu penipuan, kantor udah lama ada (kondisi kantornya juga kurang meyakinkan)
uang makan yg dijanjikan sebenarnya ga ada.

Interviewer mulai menjelaskan bahwa ada syarat yg harus dipenuhi oleh pelamar bila ingin bekerja di perusahaan tersebut. syaratnya adl harus mampu menjual 1 buah produk dari perusahaan tersebut dalam waktu beberapa hari (tanpa ada tes psikologi dll)
otomatis diterima.

Pelamar pasti agak berat & bimbang. lalu interviewer mulai menawarkan, bila pelamar yg membeli produk tersebut SEKARANG, posisinya pasti aman di perusahaan tersebut.

Setelah pelamar melakukan transaksi pembelian produk tersebut, calon karyawan akan ditraining di salah satu kantor cabangnya yg ada di jalan salemba raya (Jakarta), disana akan terlihat jelas bahwa perusahaan ini sebenarnya bukan perusahaan ex import, melainkan penipuan berkedok lowongan kerja dengan cara: menawarkan lowongan kerja dengan syarat memasarkan/ membeli 1 produk perusahaan yg harganya 450rb.

Jadi emang betul, karyawan ga dijadikan sales. Tapi karyawan akan ditraining tentang proses rekrutmen perusahaan. Nah dari proses rekrutmen itulah, apabila ada calon pelamar yg berminat diharuskan untuk membeli 1 produk.

Setelah cermati setiap hari kantor tersebut membuka lowongan bisa dua sampai tiga kolom dengan nama PT, nomor telepon, nama serta alamat yg dituju berbeda karena banyak cabangnya, tapi sebenarnya satu perusahaan. Ada juga lowongan melalui PO.BOX & paling sering lowongan baca di Harian KOMPAS.

Aku berpikir betapa banyak omzet PT tersebut setiap hari karena begitu banyak pencari kerja yg terjebak mendaftar & harus membeli produk yg ditawarkan. Padahal kalo memang PT tersebut mencari karyawan, apakah harus setiap hari memasang iklan dua sampai tiga kolom dengan nama yg berbeda.
Untuk kebaikanmu, apalagi yang fresh graduated, yang sedang berjuang mencari pekerjaan, HARAP TELITI dahulu apakah perusahaan tersebut FIKTIF atau TIDAK.
Apakah perusahaan tersebut Benar atau hany NIPU macam PT MITRA UTAMA ini.

dari postingan itu ada yg komen:
- Seharusnya kamu sudah curiga dari awal. Kamu mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang, bukan mengeluarkan uang.

Perusahaan yang baik (Entah itu PT, CV, dll) tidak akan pernah meminta uang untuk membayar formulir, karena merekalah yang sebenarnya membutuhkan tenaga kamu. Dan kamu adalah aset bagi perusahaan itu.

Saat melamar kerja dan wawancara....perusahaan apapun yg meminta kita mengeluarkan biaya atau penggunaan fasilitas pribadi kita (spd motor,mobil dsb)....hindari aja! tempat yg aman memberi fasilitasi bukan meminta fasilitas.Jangan mudah tergiur nantinya akan mendapat penghasilan besar....kg ada tuh bisnis atau kerjaan yg enak dibagi2 ke rakyat! pegang tu kata2 ane...wasallam!
sumber
-------------------------------------------

Dari keterangan d atas saya mengaharapkan ke depannya agan dan aganwati ga ada yg ketipu.....amiinnn....

setalah ane teliti lagi penipuan ini tdk hanya ada di jakarta, bekasi dan bogor saja.
ternyata hasil telitian ane ada di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, dll.
jadi si penipu berada di kota2 besar. Berhati-hatilah..!!

berhubung ane tinggal di bandung, ane cek yg d bandung
dan ane dapet alamat sekarangnya: jl.raya leuwipanjang no.101B Bandung Deket terminal leuwipanjang, pas sebelah PLANET BAN.
Alamat sebelumnya di jl.Ahmad Yani no.54 Bandung.

dibawah ini contoh iklan lowongan nya di TRIBUN JABAR
Spoiler for cekidot:

yg bikin ane sangat aneh (menurut telitian ane) iklan seperti itu sudah ada dari bulan april2013 sampe sekarang bulan september2013. dan juga iklanya tdk 1, apalagi hari sabtu dan minggu bisa ada 4-6 iklan, walaupun isi iklanya aga berbeda dan beda nama.

sekali lagi, berhati-hatilah.....
sekian trit dari ane, smoga bermanfaat....
klo ada yg mau tambahin yaa bagus, tukar info yg baik itu sangat bermanfaat.
trims, wassalam.
UPDATE
slamet, reply ke 108 dapet pulsa, lumayan buat sms an

emoticon-Ngakaktrimakasih atas doanya, biar kena ajab tuh para penipu...
dan trimakasih juga udah komeng di trit pertama ane..
ane tunggu emoticon-Blue Guy Cendol (L) n emoticon-Rate 5 Star nya
Diubah oleh sunlokdong 14-09-2013 10:48
0
35.1K
367
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.