Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yumimuyAvatar border
TS
yumimuy
Penjaga Warnet Top
Ane mau sharing gan, semalem ane nganter temen ane buat ngeprint file buat label di undangan nikahan kakaknya temen ane. kita ngeprint di salah satu warnet deket ruma temen ane. berhubung jarak rumah kita lumayan jauh, jadi ane nggak kenal sama daerah situ, agak serem juga sih jalan yng dilewatin, gelap gan.

Begitu sampe di warnetnya kita masuk dan bilang sama mas-mas operatornya kalo mau ngeprint tapi filenya corel, terus di arahin ke seorang bapak-bapak di ruang sebelah. begitu kita masuk, bapaknya menyambut dengan senyumnya. sebelumnya ane sedikit mikir juga sih, ni bapak-bapak siapa ya? biasanya operator warnet kan masih remaja. tapi ane cuek aja, temen ane yang ngomong-ngomong sama tu bapak. dan begitu ane tanya temen ane, ternyata bapak-bapak itu owner dari warnet tersebut.

Printernya itu terletak di sebelah operator yang mas-mas itu, jadi ane berdiri di deket tu printer dan temen ane yang di dalem ruangan sama tu bapak. Di sela-sela kita ngeprint, ada 2 anak yang wajahnya kek bukan anak sekolah. tapi ternyata mereka masih SMP gan emoticon-Bingung (S)
Ane sedikit denger juga pembicaraan awal dari salah seorang anak itu sama mas-mas operatornya, jadi intinya anak itu disuruh sama gurunya buat nyari artikel tentang Pangeran Diponegoro dan entah dia males atau gaptek dia minta tolong ke masnya buat nyariin plus di print sekalian tu artikel, masnya sih mau-mau aja. emang kerjaannya kan gitu.

Tapi beberapa saat kemudian, bapak-bapak itu keluar. mungkin si bapak denger pembicaraan antara mas operator dan anak SMP itu, soalnya sekat antara ruangan itu cuma tembok kayu aja gan.

Dan ane kaget gan, ternyata si bapak marahin mas operatornya. sibapak ngomong pake logat jawa dengan bijaknya ke mas operator tersebut. inti dari omongan bapaknya itu lho gan, bikin ane kaget. dalem hati ane salut banget sama tu bapak.

jadi dia bilang ke masnya kalo nggak boleh ngerjain tugas dari pelajar yang ada di warnet tersebut. biarin pelajar itu ngerjain tugas mereka sendiri, biar mereka itu belajar. kalo kamu terus-terusan kek gini, kasian dia besok. nggak pinter-pinter, adanya cuma males dan cari instannya aja emoticon-Matabelo

ane liat ekspresi wajah si mas operator sama anak tersebut, mereka ketakutan gan. dan tu bapak ngomong sama si anak.

"kamu itu kelas berapa?" tanya si bapak.
"2 SMP pak" jawab si anak pelan banget.
"kelas 2 SMP nggak bisa komputer?" tanya si bapak lagi dan keliatan banget kalo si anak sangat takut gan, kek ke gep ama guru lagi nyontek pas ujian.
si anak diem aja, dia nggak bisa ngomong, dan si bapak ngomong lagi
"kalo emang nggak bisa nggak papa, minta diajarin aja sama masnya. tapi jangan dibuatin. guru itu pengennya kamu belajar, dia nggak akan baca tu artikel. nggak mungkin sebanyak itu mau dia baca, dia cuma mau kamu bisa tau caranya nyari artikel lewat internet. paling juga tu artikel kalo udah di taro di gudang."
kalimat itu bikin ane tambah salut lagi sama si bapak. keren ya, beliau bijak banget. kalo semua guru kek gitu pasti muridnya keren juga gan. beliau lebih menilai proses dari pada hasil dan itu sangat minim banget. soalnya waktu ane sekolah dulu, mayoritas guru cuma liat hasil aja dan nggak mau tau proses buat tugas itu. jadi kalo tugasnya itu copy paste atau bahkan tugas si A yang udah dinilai, dinilai lagi sama si B gurunya juga nggak tau dan asal nilai aja, parah kan emoticon-Sorry

semoga para guru bisa baca ini dan sadar kalo proses itu lebih baik dari pada hasil, karena nggak ada hasil tanpa proses emoticon-I Love Indonesia (S)

semangat ya buat para pelajar Indonesia, jujur itu pasti endingnya indah kok guys, percaya deh emoticon-Malu (S)
0
1.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.