Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

voidstaticAvatar border
TS
voidstatic
AKIBAT JIKA BUMI BERHENTI BERPUTAR
Bumi tidak diam. Planet ini terus berputar pada porosnya. Rotasi bumi mengontrol aktivitas manusia mengikuti gelap dan terang, membagi kehangatan Matahari ke seluruh belahan dunia.

Kini, dengan menggunakan grafik khusus, setiap orang bisa mencari tahu di mana garis lintang lokasi di mana kita berada beririsan dengan kurva hitam -- untuk menentukan kecepatan dalam putaran kosmis.

Grafik tersebut diciptakan oleh Seth Kadish yang berasal dari Oregon, Amerika Serikat. Tujuannya, menemukan sesuatu yang bisa digunakan semua orang untuk merenungkan eksistensi mereka dalam arti luas.

Grafik tersebut menyebut, kecepatan sebuah area di planet ini bergerak bervariasi antara 150 sampai 1.050 mil per jam. CEPAT BANGET KAN?


Lalu mengapa kecepatan rotasi Bumi tidak dirasakan manusia? Itu berkat gaya gravitasi bumi.

Namun apa yang terjadi apabila bumi berhenti melakukan rotasi pada porosnya?

1. KEKACAUAN BESAR
Louis Bloomfield, fisikawan dari University of Virginia seperti dimuat situs sains Life's Little Mysteries mengatakan bahwa apabila bumi berhenti berputar maka yang terjadi adalah kekacauan total, semuanya berantakan. Sebagian besar manusia akan tenggelam, mati lemas, tewas terpanggang atau beku.


2. SEBAGIAN KECIL MANUSIA AKAN SELAMAT DAN BEREVOLUSI
Kabar baiknya: itu tak berarti kiamat. Sebagian manusia yang kebetulan tinggal di 4 bagian kecil Bumi akan selamat, bahkan berevolusi dengan cepat sebagai respon dari perubahan lingkungan yang dramatis.


3.BUMI AKAN BERUBAH BENTUK
Hebatnya lagi, Bumi akan berubah bentuk jika berhenti berputar pada sumbunya. Rotasi Bumi membuat bagian tengah planet ini menonjol, sekitar 26 mil di sekitar katulistiwa daripada jarak antar kutub.

Jika berhenti berputar, bagian Bumi yang padat tak lantas berpendar. Yang paling terpengaruh adalah bagian lautan. "Lautan akan bergeser dari katulistiwa ke arah kutub, meninggalkan tulang kering permukaan bumi di dekat khatulistiwa. Sementara wilayah kutub akan tenggelam," kata Bloomfield.


4. MANUSIA YANG SELAMAT AKAN BERPINDAH TEMPAT
Hal ini adalah pasti, mengingat kondisi bumi yang baru. Demikian pula dengan atmosfer, menebal di wilayah kutub dan menipis di katulistiwa. Hanya mahluk hidup di pertengahan garis lintang mendapatkan tekanan atmosfer yang tepat untuk tetap hidup.Lebih jauh lagi, nyala matahari abadi akan menyinari sebagian Bumi.Akibatnya, tanaman mati, tanah merekah kekeringan.

Sementara, belahan bumi yang lain akan tenggelam dalam kegelapan yang dingin, tanah menyerupai tundra beku."Saat itu manusia harus bisa pindah ke wilayah transisi," kata Rhett Allain, fisikawan dari University of Southeastern Louisiana.

Gerak manusia akan terbatas pada "pita tipis" di wilayah transisi panas-dingin, di mana Matahari selalu akan muncul tepat di atas atau di bawah cakrawala.

Di sana, temperatur relatif moderat, namun pola cuaca dan iklim saat Bumi berhenti berputar, bahkan tak bisa ditebak oleh para ilmuwan masa kini.


5. HANYA TERDAPAT 4 TEMPAT YANG BISA DITINGGALI DAN 4 SUKU MANUSIA DI BUMI
Dari seluruh wilayah Bumi hanya ada 4 bidang tanah kecil yang memiliki tekanan atmosfer tepat juga suhu yang cocok bagi manusia. Dua di belahan Bumi utara dan dua di belahan Selatan.

Akhirnya, hanya ada 4 'suku' manusia yang selamanya dipisahkan oleh kondisi ekstrem di antara mereka. Perbedaan lingkungan antara 4 tempat itu akan mempengaruhi evolusi mahluk di sana, sesuai dengan kondisi lingkungannya.

BELAHAN BUMI UTARA

BELAHAN BUMI SELATAN


Jadi gan bagus mana bumi tetap berotasi dan Indonesia terkena dampak bencana pergeseran lempeng tektonik bumi
ATAU BUMI BERHENTI BEROTASI?
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Sumber
0
3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.