Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52efc1bf0d8b4641798b4641/bingung-mesti-nikah
maaf agan2 sebelumnya, n salam kenal ane mau curhat nih... langsung aja ya ane udah pacaran sama pacar ane yg skrg skitar 6 taun.. umr ane udah 25 bln kemarin ane ketemu camer ane dan beliau ngomong : bapak sama ibu rencana mau naik haji 2014 dan sebelum itu mau "hajatan" dulu (yg dimaksud hajatan disini nikahin anaknya) dalam hati ane sih seneng berarti ortunya seneng n setuju ane sama
Lapor Hansip
03-02-2014 23:20

BIngung mesti nikah

maaf agan2 sebelumnya, n salam kenal
ane mau curhat nih...
langsung aja ya

ane udah pacaran sama pacar ane yg skrg skitar 6 taun..
umr ane udah 25
bln kemarin ane ketemu camer ane dan beliau ngomong : bapak sama ibu rencana mau naik haji 2014 dan sebelum itu mau "hajatan" dulu (yg dimaksud hajatan disini nikahin anaknya)
dalam hati ane sih seneng berarti ortunya seneng n setuju ane sama anaknya, satu sisi yg lain ane bingung gmn MAU NIKAHIN cewe ane..(SECARA MATERI)
soalnya ibu ane janda ygcuma pegawai umum yg skrg sibuk biayai kuliah adik ane, ane sndiri skrg udah 3 bln nganggur kerjain skripsi dan kuliah biaya sendiri dari tabungan kerja sebleumnya, tabungan/'aset' ane cm motor yg kira2 klo ditaksir +-3jutaan lah..

kira2 ane mesti gimana y gan?emoticon-Bingung (S)
apa ane mesti ngadepin ortunya n jujur dengan kondisi ane ato gmn?
TLG masukannya y agan2 sekalian
~THX B4
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
BIngung mesti nikah
03-02-2014 23:35
ini gw copasin aja ya dari thread yang cukup bagus di kaskus yang gw baca emoticon-Big Grin
gw juga belum nikah emoticon-Big Grin

Quote:
Rasanya hampir tidak dapat dipercaya sekarang ibu menulis soal ini kepada dua anak laki laki yang sangat membanggakan hati. Ibu tidak bisa lebih bersyukur atau meminta kepada Tuhan memperoleh putra yang lebih baik daripada kalian. Kalian bertiga adalah anugerah terbesar dan terindah yang Tuhan berikan kepada ibu. I could never ask for more…

Membesarkan kalian adalah masa masa terindah dalam hidupku, sekalipun itu harus ditukar dengan prospek perkembangan karir, ibu bahagia memilih menjadi ibu rumah tangga dan menyaksikan kalian tumbuh.

Pada akhirnya ibu harus bicara soal jodoh, mengingat saat ini kalian sudah cukup pusing dikejar kejar cewek yang tentu saja mengagumi kualitas yang ada dalam diri kalian. You were brought up with lots of love and values from your parents. Never forget that.

Rasanya ibu tidak harus panjang lebar mengulang kembali bagaimana menjadi laki laki sejati . Satu kalimat sederhana mampu mengungkapkan petuah panjang soal itu : Contohilah ayahmu.

Soal cewek, ibu dapat memahami rasa heran maupun kebingungan kalian. Wanita memang tidak mudah dipahami. Sampai detik ini juga ibu kadang sukar memahami diri sendiri. Itu bagian misteri perempuan yang justru menambah keindahannya. Satu pemahaman umum sederhana adalah wanita ingin disayangi dan dilindungi.

Soal selera secara fisik, ibu tidak perlu komen panjang lebar. Masing masing kalian memiliki selera berbeda, dan itu sah sah saja… Selera itu adalah hak prerogatif yang tidak bisa diganggu gugat. Yang pasti secara jujur ibu harus mengatakan bahwa inner beauty adalah hal terpenting, tapi inner beauty tanpa dibungkus dengan kulit luar yang apik akan menjadi kurang maksimal karena kalian sebagai laki laki sejati tidak mau merasa malu membawa istri dan mengenalkannya kepada orang lain, terutama sahabat dan keluarga. Kalian berdua sudah cukup dewasa untuk mengartikan ini…

Dari dulu ibu tidak pernah rewel soal berteman. Yang selalu ibu ingatkan adalah harus selalu baik dan sopan kepada orang lain. Berkawanlah sebanyak mungkin. Jangan memilih milih teman karena status sosialnya maupun dilihat dari uangnya. Tidak semua yang kaya itu baik, tidak semua yang miskin juga baik. Uang hanyalah sarana dan alat membeli sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan. Uang itu perlu, oleh karenanya aturlah uang dengan baik, dan jangan pernah membiarkan uang mengatur kalian, apalagi sampai bisa membeli hati nurani.

Entahlah kalau ibu ibu yang lain… tapi ketika menyangkut soal memilih jodoh, ibu harus minta maaf lebih dulu. Jujur ibu akan sanget bawel soal ini. Ibu tidak pernah mungkin bisa benar benar objektif menilai wanita yang akan menjadi istri kalian, tapi sedapat mungkin ibu janji akan bersikap adil dan fair sebatas kemampuan ibu. You two know that I am a fair person. Ibu benci ketidak adilan.

Meskipun sejujurnya ibu sudah berulang kali mengatakan… rasanya tidak ada wanita yang cukup pantas mendapatkan kalian. Ini adalah ungkapan kebanggaan seorang ibu kepada anak laki lakinya. Overdosis ? mungkin memang kedengaran berlebihan… but I can’t help it. Kelak istri kalian juga akan merasakan hal yang sama jika kalian memiliki anak laki laki…

Memilih istri itu mungkin kurang lebih mirip dengan memilih mobil… Ada begitu banyak ragam jenis mobil dengan spesifikasi yang berbeda. Kenali diri kalian.. ketahui apa yang menjadi selera kalian. Satu hal prinsip yang paling berbeda antara istri dan mobil adalah : Istri itu abadi. Tidak bisa ditukar tambah kapan saja kalian mau. When you get married, you married for life.

Jangan pernah menikah hanya karena merasa sudah umurnya harus menikah. Menikahlah karena kalian merasa pasti bahwa dengan dirinya kalian akan saling membahagiakan selamanya.

Ini yang bisa ibu katakan mengenai petunjuk umum secara garis besar ketika itu menyangkut calon istri…

- Look for the right chemistry. Kalian akan tahu itu ketika bertemu dengan yang cocok. Kalian akan menyadari bahwa rasanya masuk akal kenapa selama ini yang lain kurang menarik, dan ada sesuatu yang rasanya kurang sebelum bertemu dengannya.

Ada pesona tersendiri yang dibawanya yang memang melekat dalam dirinya tanpa dibuat buat. Ibu pikir dulu ayahmu jatuh cinta dengan ibu karena diantara teman teman calon dokternya yang lembut feminin, tiba tiba nongol seorang wanita yang lain dari yang lain. Yang bisa memanjat pohon dan berantem dengan sangat baik…. Rupanya pria kalem yang tenang itu tergeletak tak berdaya dengan seorang gadis blak blakan yang kalau makan tidak pernah malu malu, dan bisa menyatakan pendapatnya dengan jujur, sekalipun harus berbeda… Siapa yang bisa menyangka ? Tanya ayahmu soal chemistry… ibu tidak pernah bosan mendengar cerita klasik bagaimana dia jatuh cinta dengan ibu…

- Nilai kebaikannya bukan semata dari cara dia memperlakukan kalian, tapi bagaimana dia memperlakukan orang lain, terutama mereka yang lebih tidak beruntung dari dirinya.

Tentu saja wanita akan baik kepada pria yang dicintainya. Kebaikan sejati itu dinilai dari bagaimana dia bersikap dan memperlakukan orang lain. Apakah dia adil dan jujur ? Apakah dia penuh belas kasih ? Bagaimana dia menghormati orang tua dan memperlakukan teman temannya ? Dengan siapa dia bergaul ?. Bagaimana gaya hidupnya ? Apakah dia bisa tersenyum sama lebarnya ketika diajak makan di restaurant mahal ataupun di warung Tegal yang murah meriah ?.

Perlu waktu untuk menilai ini semua. Tapi kalau soal jodoh, selalu ibu katakan, jangan merasa diburu buru. Take your time… give time enough time.

- Pilihlah wanita yang mampu menertawakan dirinya sendiri. Ini kemampuan hebat yang sangat perlu. Hidup ini akan membawa kalian kepada banyak masalah dan lika liku… Tapi tidak ada yang lebih menyenangkan daripada hidup bersama dengan wanita yang mampu membuat kalian tertawa.

Pilihlah wanita yang bisa tertawa ketika kalian mengatakan “kartu ATM-ku tertelan lagi….

Selera humor yang baik itu bukan menertawakan orang lain, tapi lebih kepada bagaimana dia bisa menertawakan dirinya sendiri dan melihat sisi lucu dan baik dari segala sesuatu. Pada akhirnya cinta yang bergelora itu akan stabil… kupu kupu yang terbang tak tentu arah dalam perut kalian ketika pertama jatuh cinta, akan hinggap dengan tenang dan menetap, digantikan dengan rasa nyaman yang menyenangkan…, tapi perekat cinta yang awet adalah tertawa bersama menjalani kehidupan rumah tangga kalian.

- Menikahlah dengan wanita yang memiliki prinsip hidup yang baik dan menghormati prinsip prinsipnya. Dia tidak harus selalu setuju dengan kalian. Buat apa menikah dengan orang yang selalu mengatakan ya ? When two person always agree, one is not necessary…

Pilihlah wanita yang mampu menyikapi perbedaan pendapat, mampu menghargai perbedaan selera dan berkompromi secara fair…

Menikahlah dengan wanita yang mampu bicara jujur demi kebaikan.

- Ini yang terakahir, tapi bukan berarti tidak penting…. Menikahlah dengan wanita yang menghormati kalian. Ibu akan menjadi orang yang paling naik pitam jika kalian dikasari. Terutama di depan umum. Never .. ever let a woman be rude to you.

Ibu bisa mengatakan ini karena ibu mendidik kalian untuk selalu menghormati dan menghargai wanita. Cinta tanpa penghargaan bagaikan mobil tanpa setir, tidak berguna.

Well, you know your mother.. ini dulu yang bisa ibu katakan. Mudah mudahan tidak ada lagi yang perlu ibu tambahkan kecuali bahwa I love you and will always be proud of you , my sons.

For Russell and Reinhart, with unlimited love from your Mum.

sumber
0 0
0
BIngung mesti nikah
03-02-2014 23:44
kalo gak jujur berarti lu harus banting daging dan tulang buat kejar setoran.
lebih mungkin yg mana? emoticon-Hammer2



0 0
0
BIngung mesti nikah
03-02-2014 23:57
Quote:Original Posted By herzberg
ini gw copasin aja ya dari thread yang cukup bagus di kaskus yang gw baca emoticon-Big Grin
gw juga belum nikah emoticon-Big Grin



walaupun panjang ane coba baca n pahami.. tengkyu gan

Quote:Original Posted By tristanova
kalo gak jujur berarti lu harus banting daging dan tulang buat kejar setoran.
lebih mungkin yg mana? emoticon-Hammer2



hmm jadi ane mesti jujur gitu y..walaupun ujungnya bkalan pait..
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 00:26
kejujuran gg akan bikin pahit gan. jujur aja. ntar mertua juga akan ngertiin kondisi kita.
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 00:34
Quote:Original Posted By faydu
maaf agan2 sebelumnya, n salam kenal
ane mau curhat nih...
langsung aja ya

ane udah pacaran sama pacar ane yg skrg skitar 6 taun..
umr ane udah 25
bln kemarin ane ketemu camer ane dan beliau ngomong : bapak sama ibu rencana mau naik haji 2014 dan sebelum itu mau "hajatan" dulu (yg dimaksud hajatan disini nikahin anaknya)
dalam hati ane sih seneng berarti ortunya seneng n setuju ane sama anaknya, satu sisi yg lain ane bingung gmn MAU NIKAHIN cewe ane..(SECARA MATERI)
soalnya ibu ane janda ygcuma pegawai umum yg skrg sibuk biayai kuliah adik ane, ane sndiri skrg udah 3 bln nganggur kerjain skripsi dan kuliah biaya sendiri dari tabungan kerja sebleumnya, tabungan/'aset' ane cm motor yg kira2 klo ditaksir +-3jutaan lah..

kira2 ane mesti gimana y gan?emoticon-Bingung (S)
apa ane mesti ngadepin ortunya n jujur dengan kondisi ane ato gmn?
TLG masukannya y agan2 sekalian
~THX B4


wedew cerita ente kyk ane ama mantan ane barusan yg kmren dikit2
sbnernya ane ama mantan ane yg mren dah rencanain nikah emoticon-Berduka (S)
ane 25th doi 26thn,, target nikah tahun ini, cma kyknya persiapan dan kesiapan materi jadi pertimbangan dia jg , knpa ptusin ane
secara keluarga ane sih bukan orang kaya, dan ane pun msh lom ada profesi yg super lah klo dilihat,, meskipun ane dah ada modal buat nikah (dlm arti dana)
akhirnya cinta cukup sampai disini...

klo menurut ane sih dan ,, ente mw g mau harus punya sikap
TAKE IT ALL or NOTHING
YOU TAKE , and YOU TAKE YOUR RISK
or LEAVE it

cuma itu sih ,, klo pilihan ane , LEAVE IT , soalnya knpa?
jujur ane msh cinta ama mntan ane yg kmren, ane g mau dia hidup menderita ama gw yg blom spenuhnya mapan, so... I MUST LEAVE IT for GOODnes ( kedengaranya terlalu MUNA , but i just do what i thing it;s right )
ane mikir kedepanya, masak ane mau makanin dia CINTA emoticon-Hammer2

saran ane sih Leave it mski itu berat

BIngung mesti nikah

Diubah oleh alieph04
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 01:09
mending agan rundingan dulu sama ibu agan lalu sama camer.. jelasin keadaan agan skr biar agan dikasi kesempatan waktu biar mapan baru merid gitu

kalo hasilnya disuruh merid taon ini juga , ane idem sama agan ini :

Quote:Original Posted By alieph04


klo menurut ane sih dan ,, ente mw g mau harus punya sikap
TAKE IT ALL or NOTHING
YOU TAKE , and YOU TAKE YOUR RISK
or LEAVE it

cuma itu sih ,, klo pilihan ane , LEAVE IT , soalnya knpa?
jujur ane msh cinta ama mntan ane yg kmren, ane g mau dia hidup menderita ama gw yg blom spenuhnya mapan, so... I MUST LEAVE IT for GOODnes ( kedengaranya terlalu MUNA , but i just do what i thing it;s right )
ane mikir kedepanya, masak ane mau makanin dia CINTA emoticon-Hammer2

saran ane sih Leave it mski itu berat

BIngung mesti nikah

Diubah oleh devilwings
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 01:16
Quote:Original Posted By faydu
maaf agan2 sebelumnya, n salam kenal
ane mau curhat nih...
langsung aja ya

ane udah pacaran sama pacar ane yg skrg skitar 6 taun..
umr ane udah 25
bln kemarin ane ketemu camer ane dan beliau ngomong : bapak sama ibu rencana mau naik haji 2014 dan sebelum itu mau "hajatan" dulu (yg dimaksud hajatan disini nikahin anaknya)
dalam hati ane sih seneng berarti ortunya seneng n setuju ane sama anaknya, satu sisi yg lain ane bingung gmn MAU NIKAHIN cewe ane..(SECARA MATERI)
soalnya ibu ane janda ygcuma pegawai umum yg skrg sibuk biayai kuliah adik ane, ane sndiri skrg udah 3 bln nganggur kerjain skripsi dan kuliah biaya sendiri dari tabungan kerja sebleumnya, tabungan/'aset' ane cm motor yg kira2 klo ditaksir +-3jutaan lah..

kira2 ane mesti gimana y gan?emoticon-Bingung (S)
apa ane mesti ngadepin ortunya n jujur dengan kondisi ane ato gmn?
TLG masukannya y agan2 sekalian
~THX B4


crta k cew mas kondisi mas skrg
cta jg trus planning mas kdpn wat nikahin dia gmana
tanya jg dia bbrp hal

poin yg msti ddpt dr cewk mas:

1. cew mas mau ndk nikah sdrhana??
2. mau ndk dia nunggu??, plg ndk stlh ad pegangan dikit2??
3. dia mau ndk mas share sekian persen dr pendptn tiap bulan mas nantinya
( pa iya mas tega liat ibu mas yg dh janda banting tulang kaya gtu,
and ndk bantu2 walo sdikit )

trus crita k ortu cew mas
jelasin k mrka jg kondisi mas and kluarga saat ini
trus jelasin jg planning mas kdpn gmna wat nikahin ank ce mrka itu

poin yg msti d dpt dr ortu cewk mas:
mau ndk mrka trima ank mrka d nikahin oleh mas dgn sdrhana
mau ndk mrka trima menantu dgn kondisi mas

klo smua ok, selamat,
skrg fokus itu dptin kerja n krja yg bner

klo ndk ok,
balik sini lg klo galau msti ngapain

just my 2 cents



0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 05:43
jujur aje gan, masih mending kita ngaku kekurangan daripada mesti minjem kalo camer ente merasa ente adalah jodoh terbaik bagi anakanya pasti dibantu lah, doa aja gan
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 06:04
klo diliat dari record agan yg udah kenal lama dgn doi.. ane prediksi kalian berdua udah saling mengenal baik sbg individu maupun keluarga 2 pihak.. klo saran ane, agan jujur ama kondisi agan.. toh disini klo ane dlm posisi agan seolah udah dibukain pintu loh ama calon mertua.. lain halnya klo agan yg mau ketok pintu.. semangat gan
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 08:57
yang mau nikah ente atau emak ente sih..? emoticon-Bingung (S)

ngapa seakan beliau dijadikan alibi keberatan ente...suram, umur 25 masih bawa-bawa emak....emoticon-Nohope



Ya kalo ente mau, bocarakan ama camer terus terang aja masalah biaya.
ya kali aja ente bisa nikah dulu, resepsinya belakangan. atau malah ga pake resepsi sekalian....emoticon-Big Grin
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 09:09
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo
yang mau nikah ente atau emak ente sih..? emoticon-Bingung (S)

ngapa seakan beliau dijadikan alibi keberatan ente...suram, umur 25 masih bawa-bawa emak....emoticon-Nohope



Ya kalo ente mau, bocarakan ama camer terus terang aja masalah biaya.
ya kali aja ente bisa nikah dulu, resepsinya belakangan. atau malah ga pake resepsi sekalian....emoticon-Big Grin


emoticon-Ngakak (S) setuju sama om kollo....

Bingung juga sih sama TS, TS kan yang mau nikah, kenapa bawa" emak dan adik yang masih kuliah??

Kalo emank belum siap secara materi ya katakan langsung aja... toh gak ada yang maksa TS buat nikahin dia kan? camer cuma bilang "pengennya", tapi kalo gak bisa ya moso mau dipaksakan?

Cari kerjaan gih, udah 3 bulan nganggur gitu... kasian emak sama pacar TS tuh, udah emak susah anaknya juga blm bisa bantu apa", udah gitu pacaran udah 6 tahun tapi gak jelas gimana kedepannya...

Toh nanti kalo udah kerja bisa bantu" emak + bisa kumpulin modal nikah kan... siapa tau rezekinya lancar, taon depan bisa deh hajatannya diselenggarakan... emoticon-Big Grin
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 09:18
tinggal jujur aja kan,
paling ntar cwenya ditawarin jodoh yg laen emoticon-Hammer2
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 09:20
Quote:Original Posted By princesilver


emoticon-Ngakak (S) setuju sama om kollo....

Bingung juga sih sama TS, TS kan yang mau nikah, kenapa bawa" emak dan adik yang masih kuliah??

Kalo emank belum siap secara materi ya katakan langsung aja... toh gak ada yang maksa TS buat nikahin dia kan? camer cuma bilang "pengennya", tapi kalo gak bisa ya moso mau dipaksakan?

Cari kerjaan gih, udah 3 bulan nganggur gitu... kasian emak sama pacar TS tuh, udah emak susah anaknya juga blm bisa bantu apa", udah gitu pacaran udah 6 tahun tapi gak jelas gimana kedepannya...

Toh nanti kalo udah kerja bisa bantu" emak + bisa kumpulin modal nikah kan... siapa tau rezekinya lancar, taon depan bisa deh hajatannya diselenggarakan... emoticon-Big Grin


eh dipastiin dulu ding..emoticon-Big Grin

Emak & bapaknya mau nikahin anaknya sama siap...
sama TS apa bukan...emoticon-Bingung (S)
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 09:23
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo


eh dipastiin dulu ding..emoticon-Big Grin

Emak & bapaknya mau nikahin anaknya sama siap...
sama TS apa bukan...emoticon-Bingung (S)


Eh iya... jangan" udah disiapin yang udah siap tuh buat anaknya... emoticon-Stick Out Tongue

Ntar TS nya buat trit baru lagi.............................emoticon-Ngacir
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 09:24
makanya jangan seneng main main aja. jangan males malesan. pas ditanyain: kapan nikah? gak bisa jawab karena nganggur. kalo camer ngomong ke anaknya: 'gak usah pacaran ama pengangguran' mau apa coba?
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 21:01
Quote:Original Posted By crestvast
doa aja gan


Quote:Original Posted By simplesample
klo diliat dari record agan yg udah kenal lama dgn doi.. ane prediksi kalian berdua udah saling mengenal baik sbg individu maupun keluarga 2 pihak.. klo saran ane, agan jujur ama kondisi agan.. toh disini klo ane dlm posisi agan seolah udah dibukain pintu loh ama calon mertua.. lain halnya klo agan yg mau ketok pintu.. semangat gan


Quote:Original Posted By princesilver


Toh nanti kalo udah kerja bisa bantu" emak + bisa kumpulin modal nikah kan... siapa tau rezekinya lancar, taon depan bisa deh hajatannya diselenggarakan... emoticon-Big Grin


tengkyu agan2 semua jadi tambah spirit nih
emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
BIngung mesti nikah
04-02-2014 21:02
Quote:Original Posted By hellschyte
makanya jangan seneng main main aja. jangan males malesan. pas ditanyain: kapan nikah? gak bisa jawab karena nganggur. kalo camer ngomong ke anaknya: 'gak usah pacaran ama pengangguran' mau apa coba?


berarti poin disini sblm berhubungan dgn camer n nikah ,kerja dulu y gan yg lebih penting heheemoticon-Cendol (S)
0 0
0
BIngung mesti nikah
05-02-2014 00:38
semua jawaban atas kebingungan agan ada di diri agan sendiri, kalau agan mencintai dia dan jugan pengen nikah sama dia berarti agan harus jujur ke calon mertua agan, dan yg lebih penting selesain tuh skripsi biar cepat nikah, trus cari kerja yg mapan, mertua g mungkin anak nya mau dikasih makan batu gan, nnti kalo agan udah kelar skripsi kan bisa kerja tuh, kalau agan enggak pengen nikah sama cwek itu ya udah akhiri hubungan enggak baik PHPin org apalagi sampai ke jalur pernikahan, atau ini ada solusi kecil2an nih gan, agan kasih jangka watu berapa lama gitu utk menyipakan mental dan materi agan sblm itu hajatan, semoga membantu ya gan,,,yg paling penting itu berani ju2r gan, laki2 sejati yaitu laki2 pemberani, salah satunya berani jujur emoticon-Toast
0 0
0
BIngung mesti nikah
05-02-2014 01:00
skripsi buruan diselesaikan. biaya nikah murah gan. gak usah pake pesta.
0 0
0
BIngung mesti nikah
05-02-2014 01:02
Duhh jd pengen nikah emoticon-Frown
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
mean-it-part-2
Stories from the Heart
cerbung-oooh-suamiku
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia