Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wahwibsonAvatar border
TS
wahwibson
WNI Jadi Korban Perbudakan Seks di Amerika
Mantan analis keuangan di satu bank , Shandra Woworuntu, 25 tahun, menjadi korban perbudakan seks di Amerika Serikat. Ia berhasil melarikan diri dari kamar mandi tempat penyekapan bersama beberapa korban lainnya.

»Saya tertarik waktu itu. Saya mengira ini merupakan impian orang-orang Amerika. Saya akan mendapatkan banyak uang dan setelah enam bulan di sana saya akan kembali pulang,” kata Shandra kepada AFP pada 28 Januari lalu.

Peristiwa ini bermula saat krisis ekonomi menerjang Asia pada tahun 2001. Sandra yang bekerja sebagai analis keuangan terpaksa menganggur. Ibu dengan seorang putri ini membaca iklan surat kabar mengenai lowongan pekerjaan temporer di satu hotel di Chicago. Tertarik dengan pekerjaan itu, ia pun melayangkan surat lamaran.

Setelah lamarannya diterima, Shandra mengurus visa untuk berangkat ke negara Paman Sam. Ia meninggalkan anak perempuannya dan berjanji kembali pulang setelah masa kerjanya selama enam bulan berakhir.

Ternyata, setibanya di New York pada malam harinya ia langsung dibawa ke satu rumah bordil tersembunyi di pusat bisnis tersibuk di Amerika dengan todongan senjata tajam diarahkan ke kepalanya. »Saya hanya berpikir saya harus menyelamatkan diri saya,” ujar Sandra dengan suara lemah.

Setelah itu, ia pun berpindah tangan dari satu mucikari ke mucikari lainnya. Salah satu mucikari itu bernama Johnnie Wong, warga Taiwan. Pria ini hanya dapat berbahasa Kanton. Satunya lagi seorang warga Amerika. sShandra korban penipuan agensi pencari kerja yang mengiklankan lowongan kerja di satu hotel di Chicago. Ia tidak sendirian. Ada remaja perempuan dan perempuan dewasa dari negara-negara lain bekerja di sejumlah rumah bordil di New York. Bahkan beberapa diantaranya dari Indonesia. Kebanyakan mereka masih remaja. » Ini bukan pekerjaan yang mereka janjikan,”ujarnya.

Shandra memutuskan melarikan diri setelah menyaksikan ada peluang lari lewat jendela kamar mandi. Ia mengajak beberapa korban lainnya untuk lari. Setelah itu, Shandra berusaha menghubungi polisi, pihak gereja, dan FBI. Namun tak seorangpun percaya pada peristiwa yang dialaminya. Bahkan ia sempat kembali jatuh ke tangan mucikari lainnya. Akhirnya ia berhasil mendapat bantuan dari satu lembaga perlindungan korban perbudakan seksual dan kekerasan, Safe Horizon.

Menurut Lembaga yang menentang perbudahan dan perdagangan manusia, The Alliance To End Slavery and Trafficing, sekitar 14 ribu sampai 17 ribu manusia, perempuan dan anak-anak diselundupkan masuk ke Amerika Serikat setiap tahunnya. Mereka dipekerjakan dalam bisnis perdagangan seks di pabrik-pabrik, perkebunan, dan bar sebagai pekerja paksa.

» Ini kejahatan terorganisir, mereka bekerja sangat terorganisir,” kata Melysa Sperber, Direktur The Alliance To End Slavery and Trafficing.

Di laporan lembaga itu yang bertajuk Global Trafficking in Persons pada 2013, pemerintah Amerika mengakui negaranya menjadi sumber, transit, dan tujuan sejumlah negara terutama Meksiko, Thailand, Filipina, Honduras, dan Indonesia untuk dipekerjakan antara lain sebagai budak seks dan pekerja paksa.

Bercermin dari pengalaman buruk Sandra, sejumlah anggota parlemen dan warga Amerika tengah menggodok undang-undang yang melarang mempekerjakan orang-orang asing yang masuk ke Amerika sebagai budak seks, pekerja paksa, dan kejahatan lainnya. Shandra ikut aktif mendorong digolkannya undang-undang itu.

»Saya berharap dapat memberikan bantuan lebih lagi kepada mereka untuk mengidentifikasi para korban. Karena saya percaya dengan koneksi saya, dengan kami bersama-sama , kami akan melawan perbudakan modern saat ini,” tegas Shandra.
Spoiler for Shandra Waworuntu:

ember
======================================================================================
wow hebat perdagangan manusia nype juga ke mama rika..emoticon-Matabelo
0
9.4K
53
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.