Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stratovarius666Avatar border
TS
stratovarius666
Tebak! Seberapa Cepat Kita Berputar pada Poros Bumi?


Oregon : Bumi tidak diam. Planet ini terus berputar pada porosnya. Rotasi bumi mengontrol aktivitas manusia mengikuti gelap dan terang, membagi kehangatan Matahari ke seluruh belahan dunia.

Saat rotasi, semua yang ada di Bumi ikut bergerak, dari barat ke timur. Namun, pernahkah terlintas dalam pikiran Anda, seberapa cepat kita berputar?

Ketika kita bersantai di depan televisi, mengerjakan pekerjaan sehari-hari, melamun, berpikir, bahkan tidur, sejatinya Bumi terus berputar dalam kecepatan yang 'memusingkan'. Kecepatan rotasi di setiap tempat di bumi berbeda. Untuk yang berada di Inggris, kecepatan rotasinya adalah 600 mil per jam (mph) atau 965 km perjam.

Kini, dengan menggunakan grafik khusus, setiap orang bisa mencari tahu di mana garis lintang lokasi di mana kita berada beririsan dengan kurva hitam -- untuk menentukan kecepatan dalam putaran kosmis.

Grafik tersebut diciptakan oleh Seth Kadish yang berasal dari Oregon, Amerika Serikat. Tujuannya, menemukan sesuatu yang bisa digunakan semua orang untuk merenungkan eksistensi mereka dalam arti luas.

Grafik tersebut menyebut, kecepatan sebuah area di planet ini bergerak bervariasi antara 150 sampai 1.050 mil per jam.

"Pada dasarnya, aku seorang geolog yang mencintai matematika," kata Kadish seperti dimuat Daily Mail, 28 Januari 2014. "Sesekali, aku berpikir tentang eksperimen menyenangkan, sebuah kalkulasi terkait alam."

Hasil dari pemikiran 'sesekali' itu adalah grafik yang mengungkap kecepatan sebuah titik di permukaan Bumi, pada setiap lintang (latitude) sebagai hasil dari rotasi Bumi pada porosnya.



mana nih enthu sains emoticon-Bingung
0
7.7K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.