oldenixAvatar border
TS
oldenix
Mengenal Domain Name Server (DNS)
Sederhananya DNS Server adalah Server yang menyimpan Nama Domain berikut IP Addressnya dan Status dari Domain tersebut. Bila diambil perumpamaan; DNS bagaikan Phonebook pada Hp kita. Pada HP kita fungsi Phonebook sangat berguna karena kita tidak perlu mengingat beratus-ratus no HP yang ada.

Dengan adanya DNS kita tidak perlu bersusah payah untuk menghafal setiap IP Address dari Domain yang ada. Sebagai contoh: tahukah anda IP Address dari Facebook.com (IP Address Facebook: 66.220.149.11) ? apakah anda bisa menghapal IP Address dari situs detik.com (203.190.242.69) , twitter.com (67.215.65.130), google.com (173.194.38.174), dan yahoo.com (72.30.38.140) ??? tentu saja tidak mungkin anda menghafal itu semua.

Nah dengan adanya Domain Name Server (DNS); setiap permintaan akan sebuah domain akan diteruskan oleh Router kepada DNS, untuk kemudian DNS akan memeriksa apakah Domain yang diminta statusnya diblock atau tidak, bila domain statusnya tidak diblock, maka DNS akan memberikan IP address dari domain tersebut ke Router untuk diteruskan kepada PC. PC melalui Web Browser akan memanggil IP address yang dberikan tersebut. Web Server yang memiliki IP Address tersebut akan menjawab panggilan dari PC untuk kemudian menampilkan halaman Website yang diminta.

Spoiler for Mengenal Domain Name Server:
0
1.8K
9
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.