Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akulahahaAvatar border
TS
akulahaha
Penglihatan Lumba-Lumba Sama Seperti Manusia
Apa yang Dilihat Manusia Sama Dengan Apa yang Dilihat Lumba-Lumba.

Penglihatan Lumba-Lumba Sama Seperti Manusia


Boleh percaya, boleh tidak. Apa yang kita lihat sehari-hari di dunia nyata ternyata sama dengan apa yang dilihat lumba-lumba. Hal itu ditemukan oleh sejumlah peneliti asal Jepang.

Para peneliti asal Universitas of Kyoto, Jepang, menemukan kesamaan antara manusia, simpanse, dan lumba-lumba, seperti yang dilansir Mirror, Minggu 19 Januari 2014.

Meski ketiganya tinggal di habitat dan lingkungan yang berbeda-beda, terlebih lagi lumba-lumba, namun menurut studi yang dilakukan peneliti, ketiga spesies dapat melihat dunia dengan cara yang sama.

Studi itu menyatakan, dunia visual secara luas dilihat dengan cara yang sama, tetapi masing-masing dari mamalia telah beradaptasi dengan cara yang berbeda ketika melihat objek yang ditangkap oleh mata.

Meski lumba-lumba mempunyai penglihatan yang relatif lebih kabur, namun disimpulkan bahwa primata laut itu mampu melihat dunia dengan cara yang pada dasarnya sama.

Hal itu dibuktikan dengan menunjukkan sembilan bentuk geometris berbeda di hadapan lumba-lumba, lalu mamalia itu dilatih untuk menyentuh salah satu objek yang terletak di atas air dengan hidung. Latihan itu dilakukan berulang-ulang hingga lumba-lumba dianggap paham.

Kemudian objek-objek itu dihilangkan, dan ditampilkan kembali keesokan harinya dengan posisi yang berbeda. Namun, kali ini hanya dua objek yang ditampilkan. Jika lumba-lumba berhasil memilih objek yang tepat, maka akan mendapatkan hadiah. Jika salah, maka tidak ada imbalan apapun.

Hasilnya, lumba-lumba dapat menerka mana objek geometris yang berada di atas air, dan mana yang diletakkan di bawah air. Hasil akan sama jika tes serupa dilakukan pada simpanse. Selain bentuk, peneliti juga melakukan uji coba pada objek lain seperti warna, terang dan gelap, dan beberapa lainnya


Quote:
0
1.7K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.