Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chen250184Avatar border
TS
chen250184
Manfaat dari Biji Nangka
Ternyata Biji Nangka Bisa Menghambat Pertumbuhan Kanker

Kemarin malam pada saat membuka lemari makanan isaya melihat sesuatu yg berbentuk aneh didalam toples. Wanginya harum dan masih hangat sangat menggoda, penasaran saya cicipi ternyata biji nangka hasil gorengan ibu saya. Tanpa pikir lama saya ambil semua dan saya makan sambil menonton pertandingan sepak bola sampai tak terasa itu biji nangka habis tak bersisa.Biji nangka, lama tak bertemu dengan biji yang berbentuk bulat lonjong, keras dan kecil ini, sudah lama juga tidak merasakan biji yang satu ini, tapi yang saya ingat jelas adalah rasanya yang enak dan khas ketika dimakan.

Dari hasil penemuan kemarin di lemari makanan, saya mulai penasaran dengan kandungan gizi dan pemanfaatan dari si biji nangka ini. Setelah bertanya dan search di google ternyata biji nangka mengandung banyak gizi yang cukup lumayan juga. Selain itu, si biji nangka juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi beberapa makanan enak.

Dahulu kala biji nangka hanya direbus, digoreng, diberi sedikit garam kemudiam dimakan. Tapi sekarang biji nangka dapat diolah menjadi beberapa olahan makanan seperti : keripik, tepung, tempe, dan susu biji nangka. Yang tidak kalah hebat kandungan gizi dari susu biji nangka lebih tinggi dari pada susu kedelai.

Para ahli menyebutkan bahawa dalam 100 gram biji Nangka dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 75%, mengandung energi sebesar 165 kilokalori, 4,2 gram protein, 36,7 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, 33 miligram kalsium, 200 miligram fosfor, dan 1 miligram zat besi. Selain itu di dalam Biji Nangka juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, 0,2 miligram vitamin B1, dan 10 miligram vitamin C.

Selain dapat di buat menjadi makanan yang lezat ternyata kandungan dalam biji nangka dapat menangkal kanker usus. Biji Nangka berguna sebagai prebiotik karena banyak mengandung polisakarida dan oligosakarida yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, bahkan si biji nangka mampu menstimulasi pertumbuhan bakteri lactobacillus, bakteri yang biasa terdapat dalam susu permentasi.

Biji nangka juga bisa digunakan untuk membersihkan getah yang menepel di tangan dengan cara ditumbuk terlebih dahulu. Mungkin di tempat sobat biji nangka dapat diolah menjadi makanan selain yang disebutkan diatas. Saya kira masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari si biji nangka ini.


Smoga informasinya bisa bermanfaat buat kita semua.....

Sumber : http://www.sobatadventure.com/2014/0...enghambat.html
0
2.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.