Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mana.batamuAvatar border
TS
mana.batamu
Suka Pamer Kekayaan = Melanggar Sila Kelima Pancasila
jadi gini ceritanya
ane lagi bantu bantu anak ane bikin PR mengenai contoh amalan sila kelima pancasila (keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia).
nah disitu ane menemukan jawaban ternyata sikap suka pamer kekayaan (mengintimidasi orang lain yang lebih miskin dari kita) itu melanggar sila kelima pancasila.
asli ane baru tau gan, selama ini ane cuma hafal gitu gitu aja, tapi gak tau amalan didalamnya, tau nya setelah ada kejadian gak sengaja kayak gini.
kenapa ane post kayak gini disini? karena kita semua tahu lah dimana mana hampir semua orang disekitar kita, bahkan yang miskin sekalipun, sibuk berlomba lomba mengejar kekayaan dan pamer kekayaan. mengejar kekayaan gak salah, pamer nya itu loh yang gak nahan. mulai dari antri antri beli iphone terbaru sampe nginep nginep di loket pembelian, mobil mobil mewah di jalanan kayak bentley, lamborhgini, dll; sikap arogan nerobos jalur busway, pasang klakson polisi di kendaraan (padahal rakyat biasa); doyan mbunyiin klakson padahal di depan macet, melawan arus jalan dan membahayakan pemakai jalan yang benar arahnya; semua itu bentuk intimidasi terhadap sesama dan pelanggaran sila kelima.
ane baru nyadar sekarang jika pancasila di indonesia era SBY ini benar benar sudah mati, dan SBY sendiri tidak berbuat apapun. sejauh ini caleg dan pemimpin yang kampanye cuma ngomong doank kalo pancasila itu dasar negara, tapi praktek di lapangan??? beeeuuuhhhhh, jauh api dari panggangan.

jadi menurut ane, indonesia sekarang sudah gak punya roh nya lagi, pancasila sudah gak dianggap lagi, bahkan dijadikan bahan ketawaan dan formalitas pelajaran sekolah doank, soalnya yg ane liat di jalanan, sama sekali tidak mencerminkan pancasila. yang koar koar pancasila juga kebanyakan ngomong doank, giliran terpilih jadi pemimpin, caur yang ada.

makanya jangan heran jika indonesia kena bencana melulu. kualat sama pendiri negara ini, makanya sial melulu indonesia nasibnya belakangan ini. soeharto, jelek jelek begitu, pancasila terasa banget di era soeharto. praktek di kehidupan masyarakat juga terasa banget, santun santun rakyat di era soeharto, gak kayak sekarang.

semua itu dari presiden nya sich kalo ane ngeliat nya. presiden nya cuma ngomong doank, peragu, pencitraan melulu, 10 tahun jadi ancur indonesia kayak sekarang. liat aja kelakuan orang2x di jalanan kalo ente pas lagi dijalan, sadis sadis lah pokoknya.

pilih presiden yang gak cuma ngomong doank soal pancasila, tapi track record nya juga mencerminkan pancasila. biasanya sih yang model begini dari kalangan militer, kayak prabowo dan wiranto. walau belum tentu semua militer itu pasti menomorsatukan pancasila (noh SBY buktinya, jauh benar pancasila dari kepemimpinan nya). kalo prabowo kayaknya serem deh, tukang karungin mahasiswa soalnya, jadi gak masuk nominasi. ntar kalo jadi presiden dikit dikit main karungin, wah ogah ane.

wiranto kayaknya lebih kalem, apalagi hary tanoe yang tionghoa aja sreg sama wiranto, berarti ada harapan wiranto kayaknya bisa diterima oleh kalangan minoritas. masalahnya ane udah terlanjur alergi sama yang namanya presiden dari kalangan militer. udah cukup eneg lah ane 10 tahun babak belur dibawah SBY yg militer itu. ngehek banget tuh, kalo di jalanan dia mau lewat, pasti macet nya gak ketulungan, gak mau ngerasain macet tuh SBY, maunya menang sendiri, tapi gak mau kasi solusi biar gak macet, asli ngehek deh. jadi walau wiranto kayaknya kalem, tapi buat ane pribadi sich enggak lah, cukup sudah, jangan lagi indonesia punya presiden dari kalangan militer, udah gak jaman. liat aja negara tetangga yang presiden nya masih militer, rata2x negara berkembang semua, yang rakyatnya susah diatur dan chaos melulu. yang negara nya perlu digebuk biar bisa jalan, nah itu baru cocok pake presiden militer. itu juga ada resiko, ntar kalo gak mau lengser, rakyat sendiri di berondong bisa bisa, kayak di negara tetangga tuh.

kalo negara maju mah presiden nya sipil semua. jadi kalo indonesia mo jadi negara maju, yah mulailah milih presiden kalangan sipil aja.
0
9.2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.