Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ato19Avatar border
TS
ato19
(panasbung hati) Ahok Masih Pikir-pikir BeliSoftware Google Geospatial Rp 6 Miliar
Jakarta - Wagub DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) ingin membangun informasi geospasial atau tata ruang Jakarta yang terintegrasi, mulai transportasi hingga masalah kota yang remeh temeh, buang sampah. Namun, software-nya dimiliki Google dan harus membeli US$ 500 ribu atau sekitar Rp 6 miliar. Ahok pun masih pikir-pikir.

"Itu bagus kayak US, kita ingin membangun ITS (Integrated Transportation System) kan. Karena kalau dari ITS si petugas yang lihat situasi di lapangan kadang-kadang dia lihat di CCTV, kalau dia nggak lihat dia nggak bisa buat garis kan antar titik satu dengan titik lain?" kata Ahok.

Ahok mengatakan hal itu usai menerima PT TerralogiQ Integrasi Solusi, partner Google di Jakarta, Indonesia di kantornya Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2014). Pertemuan itu membahas mengenai data-data geospasial Google yang bisa terintegrasi dengan masalah-masalah perkotaan.

"Misalnya aku pengen tau siapa yang ngomongin Ahok, pas lagi ada yang nge-tweet gitu ya, aku bisa tahu lokasi orang itu di mana lho. Segala macam bisa, mau bikin peta sampah juga bisa. Bahkan dengan CCTV itu kamu masuk ke sini, itu bisa ketahuan kamu siapa, umur berapa, tinggi berapa, berat berapa kira-kira bisa langsung terdeskripsi. Mukanya langsung kesensor. Keren lho itu," papar Ahok.

Pihaknya nanti juga berencana mengintegrasikan data geospasial Google itu dengan data Badan Pusat Statistik (BPS). Termasuk masalah daerah-daerah yang banjir.

"Jadi kita bisa tahu kelurahan ini berapa. Terus kalau memang ada banjir, banjirnya di mana aja itu bisa kita masukin sesuai kebutuhan. Tapi harus bayar, beli software-nya kira-kira US$ 500 ribu, terus tiap tahun bayar pelatihan dan pemeliharaan itu 15 persen. Tapi semua data terintegrasi," tutur dia.

Namun, pihaknya masih mempertimbangkan dan melihat-lihat katalog untuk software mana yang akan dibeli dan diaplikasikan Pemprov DKI. 

"Nah kita masih harus lihat katalog kita juga mesti beli software segala macam," kata mantan Bupati Belitung Timur ini.

Spoiler for sumber:


cocok ne software buat ngecek panasbung d sini tinggal di mana emoticon-Ngakak
0
3.4K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.