Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pwtoursAvatar border
TS
pwtours
[PANDUAN] LIBURAN DI WONOSOBO
WONOSOBO

merupakan sebuah kota kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah, terletak pada ketinggian 773 meter dpl, dengan luas wilayahnya 984,68 km2 terdiri atas 15 kecamatan, 265 desa, dengan jumlah penduduknya 813.726 jiwa, kepadatan populasinya 826,39 jiwa/km2.

Kabupaten Wonosobo berbatasan dengan :
Sebelah utara : Dataran Tinggi Dieng,
Sebelah selatan :Kabupaten Purworejo
Sebelah timur : Kabupaten Temanggung dan Magelang
Sebelah barat : Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara
Spoiler for MAP KOTA WONOSOBO:


SEJARAH

Berdasarkan catatan sejarah, kata Wonosobo berasal dari Bahasa Jawa terdiri dari 2 arti kata yaitu "WONO" dan "SOBO", yang berarti masing-masing "HUTAN" dan "TEMPAT" jadi makna kata WONOSOBO yaitu "Tempat Berkumpul di Hutan" atau Hutan yang Dikunjungi.

Wonosobo di dirikan pada sekitar tahun 1700, oleh 3 orang pengelana, bernama Kyai Kolodete, Kyai Karim dan Kyai Walik. Karena dahulu wonosobo adalah hutan yang lebat maka 3 kyai tersebut mulai merintis untuk membentuk kesatuan tugas, Kyai Karim bertugas sebagai Peletak Dasar Pemerintahan (berada sekitar Kalibeber), Kyai Walik bertugas sebagai Perencana Kota (berada di pusat kota), Kyai Kolodete bertugas untuk menumpas penyakit-penyakit aneh rakyat sekitar Dataran Tinggi Dieng.

Oleh karena kota Wonosobo yang lokasinya sangat strategis maka saat ini kota Wonosobo masih menjadi pintu masuk menuju Dataran Tinggi Dieng.

Obyek Wisata di Sekitar Wonosobo & Kota Tetangga Terdekatnya, antara lain:

1. WADUK WADASLINTANG




adalah waduk yang terletak di wilayah Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Waduk Wadaslintang terletak di bagian selatan wilayah Kecamatan Wadaslintang berbatasan dengan kecamatan Padureso di Kabupaten Kebumen.

Waduk ini menggunakan Kali Medono atau Kali Gede atau Kali Bedegolan sebagai sumber air utamanya dengan beberapa anak sungai kecil lainnnya yang menyuplai air ke Waduk Wadaslintang. Sungai tersebut antara lain Sungai Lancar, Sungai Waturangkang, Sungai Somagede dan Sungai Tritis. Waduk Wadaslintang memiliki luas Daerah Tangkapan Air ( DTA seluas 196 Km )

Waduk Wadaslintang mengairi lahan irigasi dengan pola tanam padi-palawija setiap tahun. Dari sejumlah air yang tertampung di waduk dan ketersediaan air hilir waduk, luas total potensi lahan irigasi wilayah Waduk Wadaslintang adalah ± 33.279 ha.

Waduk Wadaslintang juga memiliki beberapa fungsi penting yang menopang kehidupan warga di sekitarnya. Beberapa fungsi utama Waduk Wadaslintang antara lain:

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
Perikanan
Pariwisata
Mencegah Banjir
Penampung Air

2. TELAGA MENJER



Terletak di desa Maron, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini berjarak sekitar 2 km dari ibukota kecamatan. Dinamakan telaga menjer karena desa Maron sebenarnya merupakan desa baru yang dulunya merupakan wilayah desa menjer.

Telaga Menjer adalah telaga yang terbentuk akibat dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Dulunya air di telaga itu hanyalah dari beberapa mata air kecil di sekitar telaga dan juga mengandalkan curah hujan yang cukup tinggi didaerah ini.

Pada zaman penjajahan Belanda dengan akan dibangunnya PLTA Garung dibawah telaga tersebut, maka dibendunglah sebagian sungai Serayu yang berada di sebelah utara desa Jengkol. Kemudian dialirkan melalui terowongan bawah tanah sepanjang ± 7 km dibawah perkebunan teh PT Tambi yang berada di sebagian wilayah Desa Kreo dan Tlogo. Untuk mengalirkan air dari telaga ini menuju PLTA, dibendunglah sebagian kecil dari telaga dan di bawahnya dipasang pipa dengan diameter mencapai ± 3m menuju ke PLTA yang berjarak sekitar 2 km.

Disini Wisatawan dapat menikmati sensasi keseruan dengan Sewa Perahu Bambu / Speedboat untuk mengelilingi telaga seluas 70 ha

Sumber : berbagai sumber wikipedia

Bersambung....
Diubah oleh pwtours 15-02-2017 12:55
0
1.6K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.