Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GPO2AAvatar border
TS
GPO2A
Mijen Festival, Surganya Pecinta Durian
TEMPO.CO, Semarang -Penikmat buah durian di Kota Semarang dan sekitarnya bakal dimanjakan dengan aneka jenis durian dalam Mijen Festival Durian, 1-2 Februari 2014 nanti. Kegiatan yang baru pertama kali digelar itu bakal menghadirkan beraneka jenis durian dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

"Kami juga pamerkan durian unggulan Kota Semarang," kata Ali Muhtar, Camat Mijen, Kota Semarang, kepada Tempo, Selasa 28 Januari 2014. Selain Kota Semarang, sejumlah daerah pengasil durian, seperti Kabupaten Pekalongan, Batang, Wonosobo, dan Jepara sudah mendaftarkan diri sebagai peserta festival. Menurut rencana, festival serupa akan digelar setiap tahun.

Dalam hajatan itu, pemerintah Kota Semarang akan menguji penikmat durian dengan menghadirkan durian Kholil, produk andalan Kota Semarang. Durian jenis ini sudah mendapat sertifikasi dari Kementerian Pertanian.

"Durian Kholil adalah pemenang pertama lomba durian tahun 2008 tingkat naisonal dan provinsi," kata Ali Muhtar. Durian Kholil yang berbobot 4-4,5 kilogram dikenal dengan dagingnya berwarna kuning, kesat (tidak berair) dan rasanya legit. Durian ini juga diakui rendah kadar alkohol oleh ahli buah dari Institut Pertanian Bogor (IPB). "Durian ini menyerupai durian montong, ketebalan dan warnanya seperti itu," kata Ketua Panitia Mijen Vestifal Durian, Anggoro Widiatmoko.

Acara yang digelar di ruko Bukit Semarang Baru (BSB) Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, itu diharapkan mampu menemukan varietas durian unggulan yang ada di Jawa Tengah dan Kota Semarang. Rencananya, panitia akan membuka stan makan durian sepuasnya bagi peserta yang dipungut biaya Rp 100 ribu. "Makan sepuasnya sekali duduk, daripada beli di pasar sering ditipu. Di festival ini, kami jamin duriannya enak semua," kata Anggoro.

Di Kecamatan Mijen, terdapat 50 kelompok petani durian dengan jumlah anggota mencapai 800 orang. Jumlahnya makin benyak jika ditambah kelompok petani dari Kecamatan Gunungpati dan Ngalian.

Festival Mijen Durian juga akan diramaikan dengan sajian makanan olahan dari buah durian, lomba makan durian, lomba mewarnai gambar buah durian, dan pentas musik. Dalam acara ini, Pemerintah Kota Semarang juga akan meresmikan tugu durian yang menjadi trade mark Kecamatan Mijen sebagai sentra durian di Kota semarang.

EDIFAISOL
http://m.tempo.co/read/news/2014/01/...Pecinta-Durian

Ikut Pesta Durian Ini, Teken Perjanjian Bermaterai

TEMPO.CO, Semarang - Panitia Mijen Festival Durian Kota Semarang mengharuskan peserta lomba makan durian untuk meneken surat perjanjian sebelum ikut kompetisi. Perjanjian bermaterai Rp 6 ribu itu berisi segala resiko dampak mengkonsumsi durian ditanggung oleh oleh peserta.

"Ini sebagai konsekuensi, agar peserta bisa mengukur dirinya jangan sampai over dosis durian," kata ketua panitia Mijen Festival Durian Kota Semarang, Anggoro Widiatmoko, kepada Tempo selasa, 28 Januari 2014.

Menurut Anggoro, buah durian yang mengandung kadar alkohol tinggi dikhawatirkan menimbulkan dampak bagi peserta lomba makan durian di festival yang ia gelar. Isi syarat perjanjian ini mewajibkan peserta yang mengalami over dosis tak melakukan gugatan.

Panitia Mijen Festival Durian Kota Semarang yang digelar pada 1 hingga 2 Februari 2014 itu juga mewajibkan calon peserta untuk cek dokter sebelum mengikuti lomba. "Kami siapkan tenaga medis untuk mencek apakah kondisi kesehatan calon peserta layak mengikuti lomba," kata Anggoro menambahkan.

Saat wawancara telah terdaftar 50 calon peserta dari target 150 peserta makan durian. Namun Anggoro belum bisa memastikan nilai hadiah bagi pemenang lomba makan durian itu.|

Kriteria...



http://m.tempo.co/read/news/2014/01/...ian-Bermaterai








ayo yang merasa jago dan doyan durian datang ke semarang emoticon-Request
0
5.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.