Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arland86Avatar border
TS
arland86
Inilah Jam Paling Akurat Sedunia
Strontium lattice clock menggunakan atom untuk pengukuran yang diklaim tetap akurat hingga 5 miliar tahun lagi.

Spoiler for image:


Biasanya kita sering bingung dengan perhitungan waktu yang berbeda-beda antara jam satu dan lainnya. Tapi di dunia ini ada satu jam yang diakui sebagai yang paling akurat. Bahkan pengukurannya tidak meleset satu detik pun dalam 5 miliar tahun.

Jam bernama strontium lattice clock itu merupakan jam atom yang dapat mengukur secara tepat waktu lebih lama dibanding umur Bumi sendiri. Strontium dianggap 50 persen lebih akurat dibanding pemegang rekor sebelumnya yakni jam quantum milik National Institute of Standards and Technology (NIST).

"Kami berencana untuk membuat yang lebih akurat," ucap Dr. Jun Ye, kepala penelitian. "Publik dapat menantikan gebrakan kami dalam pembuatan jam dalam 5 hingga 10 tahun mendatang."

Strontium lattice dikembangkan di Amerika Serikat dalam proyek kerjasama NIST dan University of Colorado. Untuk kestabilannya, jam atom ini setara dengan ytterbium atomic clock milik NIST yang digunakan sebagai panduan dunia. Jam Strontium sudah diakui memiliki penunjuk detik yang sangat stabil.

Strontium dioperasikan dengan cara atom berosilasi antara dua tingkat energi. Pada strontium lattice clock, beberapa ribu atom strontium dikurung dalam laser optik. Lalu para ilmuwan mendeteksi detik jam dengan memandikan atom dalam sinar laser merah yang sangat stabil.
sumber : wowkeren.com

Keren juga nih gan jamnya..
0
1.2K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.