Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mieminAvatar border
TS
miemin
Foto-Foto Tragis Hewan di Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang terpopuler di Indonesia. KBS pernah menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara dengan lebih dari 351 spesies satwa berbeda yang terdiri dari 2.806 binatang ada di sana.

Namun waktu berganti, KBS yang dulu menjadi lokasi ceria anak-anak menjadi lokasi mematikan bagi para hewan yang ada di sana. Dilansir dailymail.co.uk, ada lebih dari 50 hewan meninggal tragis dalam kurun waktu tiga bulan di akhir 2013 silam. Seperti apakah potret tragis hewan-hewan di kebun binatang yang kini dijuluki kebun binatang terkejam di dunia itu?

1. Diam Menanti Pisang

Monyet adalah salah satu hewan paling enerjik yang ada di dunia ini. Mereka terbiasa untuk berlompatan dari satu batang pohon ke pohon lainnya. Nasib berbeda memang dialami monyet capuchin cokelat asal Amerika Serikat ini, di mana dia hanya bisa diam menanti makanan pemberian para pengunjung.

Sungguh monyet yang harusnya ceria dan enerjik harus ada di dalam kandang kecil, kotor dan memohon belas kasihan bak pengemis.

2. Gajah Yang Dirantai
Spoiler for :

Pada dasarnya hewan adalah makhluk liar nan bebas. Mereka sebetulnya memiliki hak untuk bisa bergerak ke manapun mereka kehendaki. Namun gajah jantan di KBS ini sangat menyedihkan. Tak hanya satu, ketiga kakinya dirantai secara kejam padahal dia sudah berada di sebuah kandang yang kecil.

Apakah kamu mengira dia dirantai hanya sekali waktu saja? Lihat saja luka di kaki kirinya yang memperlihatkan bahwa si gajah malang ini sudah cukup lama dirantai dalam kondisi menyedihkan ini.

3. Ada Tikus di Kandang
Spoiler for :

Pada tahun 2012, KBS sempat menjadi sorotan dunia saat ada seekor jerapah yang tewas mengenaskan dengan ditemukan limbah plastik sebesar 20 kilogram di perutnya. Bisa saja kisah sedih itu dialami oleh seekor orangutan betina gemuk ini.

Lihat saja di bagian mulutnya dia tampak menggigit sebatang bolpoin plastik yang mungkin saja dilempar oleh salah seorang pengunjung dan pengelola tidak teliti membersihkan kandang. Namun satu fakta mencengangkan lain adalah coba kamu lihat di sekitar kandang di mana ada lubang-lubang tikus. Bukankah tikus hanya mau tinggal di lingkungan yang kotor? Jadi apakah menurutmu kandang orangutan ini sebegitu tak terawat sampai tikus mau tinggal?

4. Kandang Bak Penjara
Spoiler for :

Harimau Sumatra adalah salah satu hewan wajib dilindungi di dunia ini karena spesies mereka terancam kepunahan. Alih-alih dirawat dengan baik dalam kandang yang bagus dan sehat, harimau Sumatra yang ada di KBS ini justru harus rela hidup dalam sebuah kandang batu bak penjara.

Dia tak bisa melihat sinar mentari dan hanya bisa mengamati kondisi luar dari sebuah jendela berjeruji kecil dan mengaum di dalam kandang gelap itu. Sungguh kondisi yang tak pantas untuk harimau Sumatra.

5. Onta Yang Menderita
Spoiler for :

Harusnya hewan-hewan yang ada di kebun binatang itu mendapatkan perawatan terbaik karena manusia membawa mereka ke sebuah kandang yang tidak sebebas di alam liar. Dengan demikian pengelola kebun binatang harus mempersiapkan segala kebutuhan logistik si hewan agar selalu sehat dan terawat lantaran mereka tak bisa berburu.

Namun apa yang terlihat dari tubuh seekor onta ini sudah jelas sebaliknya. Tubuh onta ini terlihat begitu kurus sampai tulang tubuhnya menonjol dan dia hanya bisa berjalan di sebuah kandang kecil.

6. Kolam Tak Sebanding
Spoiler for :

Pelikan adalah jenis burung dengan ukuran tubuh yang besar yakni mencapai 10 kaki. Di alam bebas, mereka bisa terbang dan berlompatan ceria serta enerjik di pinggiran sungai atau danau. Namun hal itu adalah mimpi bagi para pelikan yang ada di KBS.

Alih-alih bisa berlompatan dalam kolam besar, satu kolam saja hanya bisa diisi lima sampai tujuh pelikan. Padahal kolam ini ada di sebuah kandang yang berisi 150 pelikan. Apakah mereka harus antri untuk berendam?

7. Tak Layak Tinggal
Spoiler for :

Sudah sepantasnya monyet memang tinggal di alam bebas. Jika terpaksa mereka harus tinggal di kebun binatang, tentunya harus dalam kandang yang layak dengan lokasi begitu luas dan banyak pohon agar mereka bisa berlompatan enerjik.

Tapi apa yang terjadi pada monyet-monyet di KBS ini? Mereka ditempatkan dalam kandang yang dikelilingi oleh air keruh dengan batang pohon mati yang ada di dalam kandang. Apa yang bisa mereka lakukan selain cuma duduk bengong dan diam?

8. Kotor dan Keruh
Spoiler for :

Jika hanya melihat kolam air ini, apa yang ada dibenakmu? Ini sebuah kolam limbah pabrik? Tak ada yang menyalahkan itu karena memang airnya begitu kotor dan keruh. Namun tahukah kamu kalau kolam ini sebetulnya adalah kolam renang bagi kuda nil Afrika?

Ya, kuda nil memang hewan yang suka lama berendam di air. Karena jika di alam bebas sekalipun sungai kotor airnya selalu mengalir, di KBS air kolam ini bahkan sepertinya tak pernah tersentuh oleh pihak kebersihan. Sungguh kondisi yang mengenaskan karena bisa saja si kuda nil menjadi pesakitan karena bibit penyakit yang ada di kolam.

9. Terlalu Penuh
Spoiler for :

Sepertinya tak ada satu ekor hewanpun yang berharap bisa terlahir di KBS. Hidup di KBS berarti mereka kehilangan kebebasan untuk merasakan indahnya dunia. Sudah tak bisa bergerak bebas, mereka harus ada di sebuah kandang yang meskipun ukurannya besar namun berisi banyak sekali spesies.

Seperti dua jenis burung ini yakni kuntul dan ibis yang harus berbagi kandang satu sama lain. Pastinya mereka sudah kehilangan selera untuk terbang karena kandang yang kurang luas dan terlalu penuh.

10. Singa Tewas Digantung
Spoiler for :

Ini adalah kondisi mengenaskan terbaru di awal 2014 yang terjadi di KBS. Di mana seekor singa jantan bernama Michael ditemukan tewas di kandang dalam kondisi tergantung. Diduga Michael terjebak di antara kabel baja yang menggelantung di dalam kandang.

Sebuah cerita miris lagi dari KBS yang semakin meningkatkan kritikan pedas akan penutupan KBS. Kalau seperti ini, siapa yang harus bertanggung jawab?


sumur
Diubah oleh miemin 09-01-2014 09:41
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
7.5K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.