Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

drGando26Avatar border
TS
drGando26
Gua Kryptonite di Dunia Nyata yang Spektakuler

Selamat datang agan-aganwati di trit ane.
Kali ini ane akan menunjukkan pada kaskuser sekalian bahwa gua kryptonite ( tepatnya mirip kryptonite hehe..) itu benar-benar ada di dunia yang kita huni ini. Meski sebenarnya kristal tersebut bukan kryptonite yang sebenarnya seperti yang kaskuser lihat di filmnya bang superman hehe..
Spoiler for superman:

Spoiler for superman:

Oke tanpa banyak basa basi langsung saja kita menuju TKP… Semoga tidak emoticon-Blue Repost

Nama gua itu adalah Cave of Crystalyang terletak di bawah gurun Chihuaha di Meksiko sedalam 1200 feet (365.76 meter). Gua yang memiliki banyak ruangan penuh kristal itu sebenarnya adalah sebuah bagian dari suatu wilayah target penambangan dan ditemukan secara tidak sengaja oleh dua penambang yang juga merupakan saudara ketika mereka melakukan pengeboran untuk membuat terowongan baru di tambang terbuka (open pit) Naica Mine.
Spoiler for naica mine:

Kristal terbesar yang ada yang telah diukur mencapai 36 kaki (11 meter) tingginya dan berbobot 55 ton yang berada pada ruangan/chamber yang diberi nama Cave of The Giant Crystal. Kristal - kristal tersebut merupakan kristal alam terbesar yang bersifat translucent (tembus cahaya) yang pernah ditemukan di Bumi. Kristal ini tersusun atas mineral gipsum yang terus tumbuh sejak ratusan ribu tahun. Oleh karena itu tidak heran jika fenomena ini menarik perhatian ahli geologi dan ilmuwan serta para wisatawan untuk datang mengunjunginya. Namun tidak ada yang bisa berdiri berada di gua tersebut selama lebih dari beberapa menit karena suhu udara yang panas yang dapat melumpuhkan manusia. Temperaturnya dapat mencapai 37.8 derajat celcius hingga 65.6 derajat celcius.

Note: kristal gipsum normalnya paling segede ini gan
Spoiler for gypsum:

Sangat jauh jika dibandingkan dengan fenomena alam ini
Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Spoiler for kristal:

Risiko memasuki gua ini sangat nyata. Tak lama setelah penemuan gua kristal ini, seorang penambang yang oportunis melewati pintu besi pelindung melalui sebuah terowongan kecil. Ia membawa kantong plastik diisi dengan udara segar, dalam upaya untuk tetap hidup cukup lama untuk mencuri beberapa kristal berharga. Dia ditemukan keesokan harinya, tidak hanya mati, tapi terpanggang juga. Ini adalah alasan bahwa pengunjung hanya dapat menikmati keindahan gua ini di bawah pengawasan ketat dan dengan peralatan yang tepat.
So kalau agan nekat mau ke sini pakaiannya harus kayak gini nih...
Spoiler for safety:

Spoiler for safety:

Spoiler for safety:

Kalau yang kayak gini kayaknya kurang safety sih.. atau orang-orang ini menyempatkan diri sekedar bergaya dengan melepaskan pakaian safety-nya untuk beberapa menit? who knows... hehe...
Spoiler for nekat:

Spoiler for nekat:

Spoiler for nekat:

Spoiler for nekat:

Spoiler for nekat:


Bagaimana kristal - kristal raksasa ini bisa terbentuk?
Gua ini diisi oleh air yang kaya akan mineral anhidrit. Oleh karena temperatur di gua ini berkisar di 136 derajat fahrenheit yang merupakan temperatur ideal untuk pembentukan gipsum maka mineral anhidrit tersebut dapat dengan mudah larut dan berkembang menjadi mineral gipsum untuk membentuk kristal - kristal raksasa ini. Proses pembentukannya mirip dengan ketika kita menuangkan gula ke dalam air panas kemudian membiarkannya dingin, maka gula itu akan mengkristal akan tetapi proses pembentukan kristal - kristal raksasa ini jauh lebih kompleks.
Kantong magma yang berada di bawah gua ini disinyalir menjadi pemicu aliran hidrothermal yang melalui zona patahan ikut berperan banyak dalam pertumbuhan raksasa kristal - kristal ini.
Nih ane kasih sifat fisik mineral gipsum:
Spoiler for gypsum properties:



Geologist Juan Manuel Garcia-Ruiz, yang telah melakukan penelitian yang luas dan meng-eksplorasi gua tersebut melaporkan bahwa kristal ini telah tumbuh sejak 500.000 tahun lalu dalam lingkungan alam yang sangat langka dan stabil suatu air yang mengisi gua.

Nih ada foto pengambilan film dokumenter di gua ini:
Spoiler for keren:


Bagaimana gan? Sangat mirip dengan gua kristal kryptonite bukan? Kalau menurut ane mirip sih cuma beda di warna saja serta tidak membuat bang superman mual-mual hehe.. Dan menurut ane ini merupakan salah satu penemuan terbesar di abad ini khususnya di bidang ilmu kebumian / geologi. Agan - aganwati tertarik mengunjunginya? Bagi yang sudah pernah ke sana share fotonya nanti ane taruh di pekiwan hahaha…
Yap, demikian info dari ane, semoga menambah pengetahuan agan - aganwati para kaskuser sekalian. Tolong dibantu rate-ya gan... emoticon-Rate 5 Star
Bagi yang suka boleh dong dibagi cendolnya hehe.. emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Salam Geologist Indonesia
emoticon-I Love Indonesia

Please Click This Banner


Diubah oleh drGando26 11-12-2015 14:18
0
27K
353
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.