Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SindhuJabenAvatar border
TS
SindhuJaben
Dynamic Driver & Balanced Armature
[B]

Hello Guys dah lama nie kita ga bahas sesuatu tentang audio terutama dunia [B]HEAR
. emoticon-Big Grin

Kali agan mimin mau bahas tentang Dynamic Driver (DD) dan Balanced Armature Driver (BA), teknologi driver unit iem yang paling populer saat ini. Kalau kita melihat (DD) Dynamic Driver tentunya temen" disini udah ga asing lagi, karena teknologi yang telah lama digunakan sebagai driver pada headphone maupun earphone yg dijual di pasaran. Dan yang saat ini menjadi barang baru bagi sebagian orang" pencinta audio yaitu kehadiran teknologi baru dalam dunia HEAR yaitu Balanced Armature (BA), sebenarnya sudah banyak sekali yang mengenal (BA) bahkan saat ini ada pula teknologi Hybrid Driver yaitu penggabungan antara BA dan Dynamic dalam satu unit earphone. Untuk saat ini kita tidak akan mengupas Hybrid (bahan buat episode selanjutnya) emoticon-Big Grin.

Dynamic Driver : Driver coil yang bergerak , lebih sering disebut sebagai " dinamis " driver adalah jenis yang paling umum digunakan di headphone . Prinsip operasi terdiri dari unsur magnet stasioner ditempelkan ke frame dari headphone yang membuat sebuah medan magnet statis . Unsur magnet headphone biasanya terdiri dari ferit atau neodymium . Diafragma , biasanya dibuat dari bahan yang ringan , kekakuan tinggi untuk selulosa massa rasio , polimer , bahan karbon , atau sejenisnya , yang melekat pada sebuah kumparan kawat ( voice coil ) yang direndam dalam medan magnet statis magnet stasioner . Diafragma digerakkan oleh kumparan suara terpasang , ketika arus yang bervariasi dari sinyal audio dilewatkan melalui kumparan .
Medan magnet bolak dihasilkan oleh arus yang melalui kumparan bereaksi terhadap medan magnet statis pada gilirannya , menyebabkan kumparan dan melekat diafragma untuk memindahkan udara , sehingga menghasilkan suara .

Balanced Armature : Yang kita sebut batang seimbang adalah desain suara transduser terutama ditujukan untuk meningkatkan efisiensi listrik dari elemen dengan menghilangkan stres (tekanan berlebih) pada karakteristik diafragma dari banyak sistem transduser magnetik lainnya . Seperti skematis diperlihatkan pada diagram pertama, terdiri dari dinamo magnet bergerak yang diputar sehingga dapat bergerak di bidang magnet permanen . Ketika tepatnya berpusat di medan magnet tidak ada gaya total pada batang, maka munculah i istilah " seimbang ". ' Seperti diilustrasikan dalam diagram kedua , ketika ada arus listrik melalui kumparan , mengenai batang balance satu cara atau yang lain , menyebabkan ia memutar sedikit satu cara atau yang lain tentang poros sehingga bergerak diafragma untuk membuat suara .
Desainnya tidak mekanis stabil , ketidakseimbangan sedikit membuat batang menempel satu kutub magnet . Sebuah gaya pemulih cukup kaku wajib dimiliki oleh dinamo pada posisi " seimbang " . Meskipun hal ini mengurangi efisiensi , desain ini masih bisa menghasilkan lebih banyak suara dan minim daya dari teknologi yang lain . Dipopulerkan di tahun 1920-an sebagai Baldwin Mica Diafragma headphone radio , transduser batang seimbang yang disempurnakan selama Perang Dunia II untuk digunakan dalam militer ' suara bertenaga ' telepon . Beberapa di antaranya dicapai menakjubkan efisiensi konversi elektro - akustik di kisaran 20 % sampai 40 % untuk sinyal suara bandwidth yang sempit .
Hari ini mereka biasanya hanya digunakan dalam canalphones dan alat bantu dengar karena ukuran kecil dan impedansi rendah . Mereka umumnya terbatas pada ekstrem dari spektrum pendengaran ( misalnya di bawah 20 Hz dan di atas 16 kHz ) dan memerlukan segel lebih dari jenis lain dari driver untuk memberikan potensi penuh mereka . Model akhir yang lebih tinggi dapat menggunakan beberapa driver balance , membagi rentang frekuensi antara satu driver dengan driver lainnya menggunakan jaringan passive crossover . Beberapa menggabungkan driver balance armature dengan dynamic driver untuk meningkatkan output bass (ini yang kita kenal saat ini dengan istilah hybrid driver).

sumber : Wikipedia /translate by google (maklum kalau kacau bahasanya guys) emoticon-Sorry

Diatas sudah diberikan penjelasan mengenai kedua driver tersebut nah kini saatnya kita lihat perbandingan antara kedua driver tersebut, disini kita tidak membahas mana yg lebih baik melainkan mengupas masing" driver memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oke dehh langsung saja kita lihat bagan antara Dynamic Driver dan Balanced Armature. emoticon-Big Grin

Dynamic Driver & Balanced Armature
Dynamic Driver & Balanced Armature
sumber : Astell&Kern

Dari gambar perbandingan di atas kita dapat melihat kalau setiap driver memiliki kelebihan dan kekurangan masing, bisa kita lihat dalam tabel perbandingan bahwa Dynamic Driver memiliki keuntungan di sektor low freq, sedangkan Balanced Armature dapat menampilkan detail yang lebih baik high yang lebih kuat ketimbang Dynamic Driver. Karena DD memiliki diafragma yg besar ( artinya bass yang lebih besar pula yg dapat dihasilkan ) akan tetapi butuh daya yang tinggi untuk menggerakkan diafragma tersebut hingga menghasilkan suara, sedangkan Balance Armature Driver memiliki membran yang lebih kecil dan digerakkan dengan batang balance jadi tidak ada kontak langsung antara koil dengan diafragma, maka daya yang digunakan lebih kecil dari Dynamic driver dan Balance driver juga sudah menggunakan bahan metal untuk diafragmanya, maka kenapa BA lebih baik dalam sektor high frekuensi, sedangkan DD lebih kuat di low frekuensi.

Okee guyss jadi sekian dlu penjelasan dari kami mengenai DD & BA, kiranya thread ini membantu dan berguna bagi teman" sekalian, kalau ada yg mau diralat silahkan buat temen" yang punya penjelasan lebih yahudd dan lebih simple tentunya. emoticon-Big Grin

See u for the Next Thread !


Jaben Jogja


Written by : Danny
Penasehat : Sindhu
Dukungan Moral : Christian|Jaben Jogja
0
18.3K
17
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Audio & Video
Audio & VideoKASKUS Official
9.8KThread5KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.