Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

currahee5982Avatar border
TS
currahee5982
(share) Keutamaan Kalimat Hauqalah
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia




Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

"Tidak ada daya (untuk berbuat) dan kekuatan (untuk melakukan sesuatu) kecuali dengan izin Allah."


Salam Rahayu buat Momod,Mimin dan para Kaskuser yang terhormat. Disini Saya ingin berbagi sedikit tentang keutamaan kalimat Hauqalah.

Dari beberapa sumber Saya coba rangkum beberapa fadhilah kalimat Hauqalah menjadi suatu artikel,semoga bisa bermanfaat bagi Kita semua.


Dzikir salah satu sebab utama yang mendekatkan hamba kepada Allah. Bahkan Allah mengabarkan, Dia akan bersama hamba-Nya selama hamba tersebut mengingat-Nya dan bibirnya bergerak dalam zikirnya.

Rasulullah SAW juga pernah menggambarkan perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah seperti orang yang hidup, sementara orang yang tidak berdzikir kepada Allah sebagai orang yang mati:

عَنْ أَبِي مُوْسَى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ مَثَلُ الذي يَذْكُرُ رَبهُ وَالذي لاَ يَذْكُرُ رَبهُ مَثَلُ الْحَي وَالْمَيتِ

"Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dan orang yang tidak berdzikir, adalah seumpama orang yang hidup dan mati." (HR. Bukhari)

Salah satu zikir yang masyru' untuk dibaca dalam keadaan tertentu dan diperbanyak secara mutlak adalah hauqalah.

Mungkin sebagian kita bertanya-tanya, apa itu hauqalah?
Hauqalah adalah bacaaan "Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah"Maknanya, "tidak ada daya dan kekuatan untuk berusaha kecuali dengan kehendak dan izin Allah."

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah menjelaskan keutamaan kalimat zikir ini kepada Abu Musa al-Asy'ari,

يَا عَبْدَ اللهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوةَ إِلا بِاللهِ فَإِنهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنةِ أَوْ قَالَ أَلَا أَدُلكَ عَلَى كَلِمَةٍ هِيَ كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنةِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوةَ إِلا بِاللهِ

"Wahai Abdullah bin Qais (nama Abu Musa), ucapkan Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah. Sesungguhnya itu adalah salah satu kekayaan yang tersimpan di surga." Atau beliau mengatakan: "Tidakkah kamu mau aku tunjuki salah satu harta simpanan di surga? Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Imam Ahmad dalam Musnadnya meriwayatkan hadits yang dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

أَكْثِرُوا مِنْ قَوْلِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوةَ إِلا بِاللهِ فَإِنهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنةِ

"Perbanyaklah membaca Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah, karena sesungguhnya adalah salah satu harta simpanan di surga."

Kanzun min Kunuz al-jannah, maksudnya: pahalanya disimpan bagi yang mengucapkannya. Pahalanya atau balasan amal zikir terebut disimpan di surga sebagaimana dikumpulkan, disimpan, dan dijaganya harta kekayaan.

Selain dari keutamaan diatas,diantara keutamaan dzikir "Laa haula wa laa quwwata illa billahi", yang lain adalah:

1. Perbendaharaan / harta simpanan di surga (HR. Bukhori: 4205 dan Muslim: 2704)

2. Salah satu pintu surga (Ash-Shohihah: 4/35-37)

3. Penghalang dari siksa neraka (Ash-Shohihah no. 1390)

4. Salah satu tanaman surga (Shohih Targhib wa Tarhib no. 1583)

5. Dapat menghapuskan dosa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seorang di atas muka bumi ini yang mengucapkan laa ilaha illallah, allahu akbar, subhanallah, alhamdulillah, dan laa haula wa laa quwwata illah billlah melainkan dosa-dosanya akan diampuni meskipun melebihi banyaknya buih di lautan.” (Shohih al-Jami’, no. 5636)

6. Termasuk al-baqiyatush sholihat.

Al-baqiyatush sholihat artinya amalan-amalan yang kekal lagi shalih. Tatkala ditanya tentang makna kata tersebut, Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu menjawab: “Yaitu ucapan la ilaha illallah, subhanallah, alhamdulillah, allahu akbar, dan laa haula wa laa quwwata illa billah.”(al-Musnad, 1/71)

Jawaban seperti ini dinukil juga dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma dan Sa’id bin al-Musayyib rahimahullah. (Tafsir ath-Thobari, 15/254-255)

7. Merupakan ucapan orang yang berserah diri kepada Allah SWT.

Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Siapa yang berkata bismillah sungguh ia telah mengingat Allah, siapa yang berkata alhamdulillah sungguh ia telah bersyukur kepada Allah, siapa yang berkata Allahu Akbar maka ia telah mengagungkan Allah, siapa yang berkata Laa ilaha illallah maka ia telah mentauhidkan Allah, dan siapa yang berkata laa haula wa laa quwwata illah billah maka sungguh ia telah berserah diri sepenuhnya, dan kalimat itu akan menjadi harta simpanan baginya di surga.” (Fadhlu laa haula wa laa quwwata illa billah, Ibnu Abdilhadi, hlm. 35)

Dzikir ini dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, sore maupun malam. Firman Allah SWT. "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, ialah orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi." (QS. Ali Imran: 190-191)

Walaupun dzikir bisa dilakukan pada setiap waktu, namun ada waktu-waktu tertentu yang sangat utama untuk berdzikir :

1. Pagi hari sebelum terbit matahari, usai shalat subuh dan pada sore hari setelah shalat ashar, sebelum matahari terbenam.

2. Setelah matahari tergelincir, usai shalat dzuhur.

3. Setelah menunaikan shalat-shalat wajib.

4. Pada waktu sepertiga malam yang terakhir.

Bagi Kaskuser yang memiliki pengetahuan yang lain tentang keutamaan kalimah hauqalah ini silahkan dishare disini ya,semoga kita bisa sama-sama memetik manfaat dari dzikir hauqalah ini.

emoticon-Salamanemoticon-Salaman
Diubah oleh currahee5982 15-11-2013 04:48
0
42.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Supranatural
SupranaturalKASKUS Official
15.6KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.