Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pocong.keceAvatar border
TS
pocong.kece
kenali ciri ciri penjahat kelamin yang beredar di sosmed
Jakarta, Mengenalkan internet pada anak memang perlu agar mereka tidak gaptek (gagap teknologi). Tapi awas, ada risiko yang harus diwaspadai. Predator online berkeliaran di dunia maya, termasuk para paedofil yang siap memangsa si kecil.

Predator online merupakan julukan bagi orang-orang dewasa yang melakukan kekerasan seksual pada anak-anak yang sedang senang-senangnya 'eksis' di internet. Macam-macam bentuk kekerasan yang dilakukan, mulai dari rayuan cabul, bertukar foto vulgar, bahkan hingga berlanjut dengan rudapaksaan saat melakukan kopi-darat.

Ada pola tertentu yang dipakai para predator saat mendekati mangsanya. Umumnya, mereka menggunakan identitas yang dianggap tidak berbahaya oleh anak-anak, misalnya sebagai dokter, psikolog, atau apapun yang membuat anak-anak merasa nyaman dan mau berteman dengannya.

"Mereka pura-pura jadi dokter, jadi guru, bahkan kemarin ada yg pura-pura buka kursus bimbingan belajar. Dia buka iklan punya bimbingan belajar. Anak-anak SMP gitu pada datang, nggak tahunya kan paedofil juga," ujar pegiat Internet Sehat, Donny BU kepada detikHealth, seperti ditulis Rabu (22/1/2014).

Setelah berteman, para predator akan memanfaatkan keluguan dan kepolosan anak-anak untuk mengambil hatinya. Informasi detail tentang hobi, keluarga, teman-teman dekat, alamat, dikumpulkan lalu dipakai untuk memberi kesan bahwa sang predator sangat perhatian pada calon korbannya.

Mengutip FBI (Federal Bureau of Investigation), Donny menyebut tahap ini sebagai proses 'grooming' atau membangun kepercayaan. Prosesnya bisa berlangsung selama mingguan, atau bahkan hingga berbulan-bulan tergantung seberapa mudah calon korban diambil hatinya.

"Jika sudah terjadi hubungan emosional saling percaya antara predator dengan targetnya, maka mulailah dilaksanakan aksi untuk membawa topik esek-esek, meminta target untuk mengirimkan foto dirinya dalam pose vulgar hingga mengajak untuk bertemu," tulis Donny dalam blog pribadinya.

Sebagian dari para predator merupakan pedofil yang artinya hanya memiliki ketertarikan seksual pada anak-anak, dan sebagian lagi masih bisa terangsang oleh sesama orang dewasa. Apapun itu, dua-duanya tetap menjadi ancaman serius bagi anak-anak.
0
6.9K
84
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.