Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ahli.otomotifAvatar border
TS
ahli.otomotif
PENTING ! Hati-hati Crosswind, Ancaman Berkendara saat Hujan
Hati-hati Crosswind, Ancaman Berkendara saat Hujan


Crosswindadalah angin kencang dari arah samping laju motor disebut. Istilah ini awalnya dari dunia penerbangan. Jika muncul angin seperti ini, objek bergerak akan bergeser dari jalurnya.

PENTING ! Hati-hati Crosswind, Ancaman Berkendara saat Hujan

Keadaan ini bisa terjadi di dunia bikers. Misalnya, saat melewati under pass atau terowongan. Bisa juga terjadi saat lewat di kawasan pinggiran pantai atau jembatan layang.

Tentunya gerakan angin ini berefek besar kalau objek bergerak dengan kecepatan maksimum dan jalan tanpa hambatan. Angin menerpa dari kanan atau kiri motor.


PENTING ! Hati-hati Crosswind, Ancaman Berkendara saat Hujan


Apalagi jika kondisi itu disertai hujan deras. Mengebut dalam kondisi aspal basah, traksi ban tidak menapak sempurna. Stabilitas motor berkurang. Dengan keadaan itulah, efek crosswind terhadap motor akan menggeser posisi.

Kondisi seperti ini juga bisa muncul dari kendaraan lain, misal bis atau truk yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi harus membelah kumpulan udara di depannya. Menciptakan efek turbulensi yang dapat mempengaruhi kendaraan di dekatnya. Terutama, kendaraan dengan bobot ringan seperti motor. Setiap motor didesain secara aerodinamis. Ini mendukung performance saat motor dibawa. Angin yang menerpa bisa diantisipasi.

Fatalnya, pergeseran motor akibat kondisi seperti di atas sulit diduga adapun teknik yang dapat digunakan untuk berkendara dalam kondisi seperti di atas. Selalu ingat untuk mengendalikan motor dengan tenang dan secara bertahap.

Jangan menutup gas mendadak. Paling aman turunkan rpm perlahan supaya enggak bikin motor limbung. Saat mengerem pun jangan dikagetkan dan posisi tangan memegang setang mesti siap supaya mudah antisipasi.

PENTING ! Hati-hati Crosswind, Ancaman Berkendara saat Hujan

Antisipasi paling mudah pahami kondisi perubahan angin. Seandainya ada tanda angin kencang jangan coba-coba melaju dengan kecepatan tinggi. Terutama, jalan raya yang bebas hambatan dan panjang.

Kalau mendadak merasa ada angin kencang dari kanan atau kiri dan motor sedang ngebut, jangan panik. Turunkan kecepatan dengan melakukan pengereman secara perlahan dan rasakan arah gerakan akibat terpaan angin tadi. Lalu, perhatikan kendaraan lain yang bergerak supaya tahu sedikit pergeseran motor bisa diantisipasi.

EFEK WINDSHIELD

Penahan angin alias windshield bertujuan untuk menahan secara langsung angin dari depan menuju ke tubuh pengendara. Namun, secara aerodinamis, penambahan ini malah mengganggu keseimbangan.

Tamparan angin kencang yang ditahan windshield itu membuat kendaraan menjadi oleng. Terutama ketika berpapasan dengan kendaraan besar. Ini disebabkan oleh efek turbulensi.

Share artikel ini agar temen-temen yang lain selalu safety riding Agan-agan !

Sumber : HondaCommunity.net
0
2.6K
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.