Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanataqueenAvatar border
TS
kanataqueen
Di KPK, Risma Bahas Kasus Kebun Binatang Surabaya
TEMPO.CO, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hari ini mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia mengatakan ingin mengajak KPK berdiskusi soal Kebun Binatang Surabaya. "Saya sudah lapor polisi, dan polisi sudah menyelidikinya. Tapi masalahnya belum selesai dan saya tak tahu harus mendatangi lembaga apa lagi," kata Tri di halaman gedung KPK, Senin, 20 Januari 2014.

Menurut Risma, banyak binatang koleksi kebun bintang raib. "Ada 50 ekor jalak Bali seharga hingga Rp 100 juta, ada juga komodo seharga Rp 900 juta," katanya. Kerugiannya mencapai miliaran rupiah, dan hingga kini persoalan itu tidak kunjung menemukan titik terang.

Meski datang ke KPK, Risma mengaku tidak akan melaporkan pihak mana pun terkait masalah di Kebun Binatang Surabaya itu.

Sebelumnya, Risma memang sudah lama hendak membawa kasus kebun binatang di Surabaya itu ke KPK. Namun, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menilai rencana Risma melaporkan masalah itu ke KPK tak tepat. Menurut Busyro, Risma sebaiknya melapor ke Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya. "Lebih tepat ke Polwiltabes di sana. Lebih proporsional," kata Busyro kepada Tempo di gedung kantornya, Rabu, 15 Januari 2014.

Sengkarut kebun binatang itu bermula saat banyak satwa yang berstatus dilindungi negara itu "hilang". Satwa-satwa itu sudah hilang sejak kepengurusan Tim Pengelola Sementara KBS. Ada 483 satwa yang hilang atau ditukar dengan mobil.

Tercatat pada awal Juni 2013, sebanyak 49 satwa KBS dipindahkan ke Taman Satwa Mirah Fantasia, Banyuwangi. Kompensasi yang didapat KBS berupa dana sebanyak Rp 640 juta sebagai pengganti biaya angkut jerapah jantan yang diperoleh KBS dari Kebun Binatang Berlin.

Selain itu, pada 28 Juni 2013, ada 39 satwa KBS ditukar dengan kendaraan operasional. Penukaran itu dilakukan dengan pihak lembaga konservasi Lembah Hijau yang berada di Bandar Lampung. Kompensasi penukaran berupa mobil Innova bekas dan sepeda motor sebagai kendaraan operasional KBS. "Kan, enggak boleh satwa ditukar dengan mobil atau motor. Satwa hanya boleh ditukar dengan satwa, ujar Risma.
http://www.tempo.co/read/news/2014/0...urabaya-ke-KPK
===========================

Kasihan hewan-hewan itu dikorbankan.. kemungkinan juga ada konspirasi terkair kisruh Kebun binatang Surabaya.. seperti di artikel ini
[URL="http://news.detik..com/surabaya/read/2014/01/20/162055/2472457/475/mantan-pengurus-kbs-kekuatan-besar-itu-investor-yang-mau-kbs-jadi-mal-dan-hotel"]Mantan Pengurus KBS: Kekuatan Besar Itu Investor yang Mau KBS Jadi Mal dan Hotel[/URL]

Semangat bu Risma emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


Diubah oleh kanataqueen 20-01-2014 16:08
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.9K
70
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.4KThread42KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.