Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

theunlearnidAvatar border
TS
theunlearnid
Andaikan saya mendapatkan advise ini ketika lulus kuliah …
Sering kali kita (well, maksudnya saya) berpikir “Andaikan saya tahu ini 10 tahun yang lalu.” Jadi senang sekali ketika menemukan pidato Neil Gaiman untuk para lulusan yang membuat saya berpikir kembali, apa sih hal-hal yang paling penting yang saya perlu ketahui dalam hidup ini, dalam berkarir, rahasia dalam kesuksesan?

Kamu bisa baca transkripnya di bawah ini:




Code:
Warning: Artikel ini cukup panjang, jadi pastikan kamu memiliki waktu luang sebelum mulai membaca. Oke gan? /:D/


Saya tidak pernah benar-benar berharap untuk memberikan saran kepada orang yang wisuda dari lembaga pendidikan lanjut. Saya tidak pernah lusus dari lembaga seperti ini. Saya bahkan tidak pernah menjalaninya. Saya lulus sekolah sesegera mungkin, disaat gambaran tentang proses belajar yang harus dijalani selama empat tahun lagi sebelum saya menjadi penulis seperti yang saya idamkan sangatlah menggerahkan.

Saya memasuki dunia nyata, saya menulis, dan menjadi penulis yang lebih baik dengan bertambahnya hal yang saya tulis, dan menulis lagi, dan tidak ada yang berkeberatan bahwa saya mengarangnya sembari terus berkarya, mereka hanya membaca apa yang saya tulis dan mereka membayarnya, atau tidak, dan seringkali mereka menugaskan saya untuk menulis hal lain bagi mereka.

Yang telah memberikan saya rasa hormat dan minat yang baik kepada pendidikan tinggi yang telah membekali teman dan keluarga saya, yang menjalani universitas, sejak dahulu kala.

Melihat kembali, saya mengalami perjalanan yang luar biasa. Saya tidak yakin dapat menyebutnya sebagai karir, karena karir diartikan bahwa saya memiliki semacam rencana karir, dan saya tidak pernah memilikinya. Hal terdekat yang saya miliki adalah suatu daftar yang saya buat saat saya berusia 15 tahun mengenai sagala hal yang ingin saya lakukan: menuliskan novel dewasa, buku anak-anak, komik, film, merekam audiobook, menulis salah satu episode Doctor Who… dan seterusnya. Saya tidak memiliki karir. Saya hanya melakukan hal berikutnya pada daftar tersebut.

Jadi saya berpikir saya akan memberitahu kepada anda segala hal yang saya harap saya ketahui saat memulainya, dan beberapa hal yang, melihat lagi pada saat itu, saya rasa memang saya ketahui. Dan bahwa saya juga akan memberikan kepada anda sepenggal saran terbaik yang pernah saya dapat, yang gagal untuk saya ikuti.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Jadi buatlah aturan anda sendiri.

Jadi bersikaplah bijak, karena dunia memerlukan lebih banyak kebijakan, dan jika anda tidak dapat berlaku bijak, berpura-puralah untuk menjadi seseorang yang bijak, dan lalu bersikaplah sebagaimana mereka akan bersikap.

Dan sekarang pergilah, dan buat kesalahan-kesalahan yang menarik,
buat kesalahan-kesalahan hebat,
buat kesalahan-kesalahan mulia dan hebat.
Langgar aturan. Jadikan dunia menjadi lebih menarik dengan keberadaanmu.
Buatlah karya seni yang baik.
Diubah oleh theunlearnid 28-04-2015 12:45
0
3.6K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.