Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

argabionAvatar border
TS
argabion
buat yg sering BENGONG !! COME IN !!
Jika ingin lebih kuat menahan sakit, mungkin Anda perlu mencoba untuk lebih fokus. Pasalnya sebuah penelitian baru menunjukkan, orang yang fokus cenderung memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang kerap bengong.

Para peneliti studi yang dipublikasi dalam jurnal Pain tersebut menemukan untuk pertama kali sensitivitas terhadap sakit ditentukan oleh aktivitas otak seseorang. Mereka mengatakan, kemampuan menahan sakit setiap orang sangat bervariasi, namun struktur otak mungkin dapat menjelaskan perbedaan ini.

Profesor Robert Coghill, pakar ilmu saraf dari Amerika Serikat sekaligus ketua studi asal Wake Forest Baptist Medical Centre di Carolina Utama mengatakan, perbedaan sensitivitas setiap individu terhadap rasa sakit berhubungan dengan perbedaan ukuran korteks otak besar (grey matter).

Otak terdiri dari grey matter dan white matter(ganglia dasar). Grey matter memproses informasi seperti komputer, sementara white matter mengoordinasikan komunikasi antara area-area otak yang berbeda.

Tim peneliti menginvestigasi hubungan antara besar grey matter dan sensitivitas sakit yang berbeda-beda pada 116 relawan sehat. Caranya yaitu dengan memberikan benda panas pada lengan dan kaki mereka yang dipanaskan hingga 48,9 derajat Celcius. Kemudian, para peneliti pun melakukan pemindaian pada otak relawan untuk melihat struktur otak mereka.

Penulis studi Nichole Emerson mengatakan, relawan yang merasakan sakit lebih kuat adalah mereka yang memiliki grey matter lebih kecil pada otaknya. Grey matter diketahui bertanggung jawab pada kemampuan berpikir dan pengontrolan perhatian.

Menurut Profesor Coghill, bagian ini juga termasuk bagian yang memegang peranan penting pada perhatian. Sehingga individu yang dapat fokus memberikan perhatian juga dapat mengontrol rasa sakitnya dengan baik pula.

"Berbedaan struktur ini dapat menjadi dasar dari pengembangan diagnosis, klasifikasi, pengobatan, bahkan pencegahan sakit," jelasnya



sumber
http://m.kompas.com/health/read/2014...Sering.Bengong
0
1.5K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.