amiirrAvatar border
TS
amiirr
Bikin LUBANG BIOPORI yuk gan untuk mengatasi BANJIR
Sekarang-sekarang ini kan lagi musim hujan gan dan banyak daerah-daerah yang terendam banjir terutama JAKARTA.

nah gimana klo kita bantu nih program pemerintah buat mengatasi banjir, kita jangan cuma bisa ngeluh terus ke pemerintah sementara kita sendiri gak berbuat apa-apa.

caranya gini gan, kita buat LUBANG BIOPORI dimasing2 rumah/tempat tinggal kita gan. Jadi si lubang biopori ini fungsinya untuk meningkatkan daya serap air tanah gitu gan, jd air gak menggenang yang bisa menyebabkan banjir.

caranya gambpang kok gan, berikut ini langkah2nya :

Langkah pertama membuat biopori
Tentukan di titik atau bagian mana pada halaman pekarangan rumah tempat anda akan membuat biopori. Sebaiknya di sekitar tanaman atau di tempat yang sering tergenang air pada saat turun hujan. Selanjutnya, buatlah lubang silindris dengan diameter antara 10-15 cm dengan kedalaman sekitar 80-100 cm, tetapi jangan melebihi muka air tanah.

Lubang Biopori



Langkah kedua membuat biopori
Langkah selanjutnya dalam membuat biopori adalah dengan mengisi lubang tersebut dengan sampah organik atau dedaunan. Hal tersebut akan memancing fauna tanah seperti cacing untuk masuk ke dalam lubang serta mencari perlindungan dan makanan. Fauna-fauna tanah tersebut nantinya menjadikan sampah organik atau dedaunan tersebut menjadi kompos sehingga tidak berbau.

Langkah ketiga membuat biopori
Untuk membuat biopori, buatlah lubang biopori dengan jumlah lubang berdasarkan luas lahan pekarangan rumah anda. Setiap 50 m2 maka dibutuhkan 10 lubang dengan perhitungan sebagai berikut:
Luas lahan antara 0 - 50 m2, dibutuhkan 10 lubang,
Luas lahan antara 50 - 100 m2, dibutuhkan 20 lubang,
Luas lahan antara 100 - 150 m2, dibutuhkan 30 lubang, dst

Langkah keempat membuat biopori
Langkah terakhir untuk membuat biopori adalah dengan membuat adukan semen dengan lebar 2-3 cm dan tebal sekitar 2 cm disekeliling permukaan lubang. Hal itu dimaksudkan untuk dijadikan penahan pada permukaan lubang sehingga tanah tidak longsor masuk ke dalam lubang.

Penutup Lubang Biopori


Sekian dari ane semoga bermanfaat ya gan dan sebaiknya ini disosialkan kelingkungan agan, disusulkan keketua RT/RW lebih baik supaya semua warga di lingkungan agan ikutan bikin jadi hasilnya nanti lebih maksimal.

maaf klo thread ane acak2an ya gan maklum thread pertama hehe
dan maaf klo sudah ada thread seperti ini sebelumnya.
0
1.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.