Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

FahmeauAvatar border
TS
Fahmeau
Mencari Tempat Yang Tidak Mempunyai Kebisingan Di Muka Bumi








Sering kesal dengan suara yang dihasilkan mesin kereta api saat ia melintas? Gemuruh suara manusia di sebuah antrian/kumpulan manusia? Atau jengkel dengan suara pesawat yang melintasi rumah anda yang terlalu dekat dengan daratan? Hal ini pasti pernah dialami oleh semua manusia yang ada di buka bumi. Karena kita sebagai ciptaan Tuhan diberikan anugrah indra pendengar untuk dapat mendengar suara biasa kisaran 20Hz-20kHz (maaf kalo salah, ane bukan orang science gan) emoticon-Sorry

Atas dasar ini, Jurnalis dan juga Profesor dalam bidang creative writing Amerika, George Foy, bertanya dalam pikirannya: “I thought, ‘If this is the craziness of noise, what is the opposite? What is absolute silence, and does it exist?’”

ngerti gan?
ane artiin nih gan lebih kurang kaya gini:
"Saya berfikir, apabila semua ini (0) adalah hal yang menjengkelkan terhadap bunyi/bising, terus adakah lawan dari semua hal ini? Apa itu keadaan dimana benar-benar sunyi, dan apakah keadaan seperti itu enar-benar ada?"
apakah agan-agan semua berfikir yang demikian???
emoticon-Bingung (S)

Coba deh semua agan saat baca treadh ini dimanapun agan berada untuk duduk tenang, diam sesaat. apakah yang agan dengar? Desingan mesin laptop/komputer agan? Detak jarum jam? Bunyi mesin AC atau kulkas? Bisa gak agan mencari suatu spot dimana tidak ada bunyi bising sekecil apapun yang bisa agan dengar? dimana ketenangan yang akan agan dapat secara natural tanpa ada yang mengganggu pikiran agan semua.

mari kita pikir sama-sama. adakah tempat yang menyajikan absolute silince dimuka bumi ini?
Kalo dipikirin secara singkat, pasti agan-agan akan menjawab bawah laut, antartika, atau tempat-tempat lain yang tidak dijamah oleh manusia. Kita bahas satu-satu kemungkina jawaban yang agan pikirin.

Logikanya, antartika, dimana populasi manusia masih sedikit, mempunyai kemungkinan besar untuk mempunyai kesunyian yang absolut. tapi hal ini segera dipatahkan, pada musim salju, sudah dipastikan kita tidak bisa kemana-mana (secara di antartika pasti lagi badai gan), sedangkan pada musim panasnya banyak terdapat pesawat penilitian yang lalu lalang. Terus kalo kita menuju bawah laut, disini pun tidak bisa di[ungkiri kalo masih terdapat bising, secara agan harus kesana dengan mesin penyelam yang secara langusng mengeluarkan bunyi untuk bekerja, ditambah lagi suara kapal yang melintas.

Terus dimana juga tempat yang benar-benar bersih dari bising yang dihasilkan oleh manusia? banyak ahli Amerika yang melakukan penelitian tentang ini gan, dan banyak yang setuju kalau tidak ada lagi tempat di muka bumi yang tidak terdapat kebisingan yang diciptakan oleh manusia. Untuk mendukiung penelitian ini, para ilmuwan menciptakan sebuah ruangan dimana tidak terdapat suara sekecil apapun( <0 db) yang disebut Anechoic Chamber. Ruangan ini merupakan sebuah spot dimana anti terhadap suara dan perambatan bunyi. Si George Foy akhirnya mengakui ruangan ini dimana dia dapat merasakan kesunyian yang absolut. Dimana bunyi di ruangan ini hanya - 9,4 db dimana ini adalah bunyi di bawah ambang pendengaran manusia, sehingga kita sebagai manusia tidak dapat mendengar bunyi apapun di kamar ini kecuali detak jantung dan bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh organ dalam kita sendiri.

Spoiler for Penampakan Anechoic Chamber:


Spoiler for Penampakan Anechoic Chamber:


Spoiler for Penampakan Anechoic Chamber:


biar lebih jelas, nih ada link youtubenya gan:

[YOUTUBE]https://


[YOUTUBE]https://www.youtube.com/watch?v[/youtube]

jadi kesimpulannya, tidak ada tempat di muka bumi ini yang luput dari bising yang diciptakan manusia gan. Kita sebagai manusia lah yang menciptakan bising tersebut, dan kita juga sebagai manusia yang bisa menciptakan suasana yang tidak memiliki bising sama sekali.
ini ane ambil dari BBC yang juga pernah membahas masalah ini mengatakan sebegai berikut:

"The quietest places in the world, then, are ones we have built, and yet, so long as we are living, we will never escape the noise of our own bodies."

"On the other hand, given the discomfort that many report experiencing in absolute silence, it may instead be nature’s melodies that our souls are really craving. And for now, it’s still possible to find forests, seashores or mountains where you can relax for 15 minutes or more completely free from the clatter of human existence. If you find one of these serene sweet spots, however, it might be best to keep it quietly to yourself."


artiin sendiri ya gan, biar makin pinter hehehe emoticon-Salaman

jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L)nya gan gak nolak kok ane emoticon-Toast
0
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.