KuMAnsAvatar border
TS
KuMAns
Rackmount User Gallery & Discussion
Yuk buat pecinta efek rack, baik yang punya maupun yang pengen punya, kita share ilmu pengetahuan dimari.
Thread ini sebelumnya sudah ada di old kaskus, tapi begitu pindah ke new kaskus gak ikutan di-migrasi threadnya, so bikin baru aja.

Jadi apa itu rack? Silakan nikmati dongeng gw dulu ya

Introduction to Rack System - part 1 "Prologue"

Apa sih efek rack?
Efek rack itu adalah efek yang ditujukan untuk di-mount ke dalam rack case (macem di pro-audio) yang biasanya memiliki ukuran panjang 19" dan ukuran tinggi yang disebut rack unit (atau U). Jadi kalo tingginya 1U berarti membutuhkan 1 rack space atau 1.75" (kalo udah maen rack ukuran yg dipake dalam inch). Jadi kalo ada rack yang 2U berarti tingginya 3.5" atau membutuhkan 2 rack space.

Apa sih yang diperlukan untuk memulai menggunakan rack system?
Yang paling utama kalo kita mau memulai pake rack system adalah: punya preamp yang powerfull, gak harus yang tabung, tapi kebanyakan rack preamp adalah tabung, contohnya ADA MP-1, Marshall JMP-1, Peavey TubeFex, Mesa Boogie TriAxis, HK Access. Kalo yang solidstate tidak lain dan tidak bukan ya SansAmp PSA-1 ato PSA-1.1.

Selanjutnya kita perlu footcontroller. Kalo preamp kita support MIDI berarti kita pake MIDI footcontroller aja macem BOSS FC-50, ADA MC1, ADA MXC, Rocktron Midimate, atau MIDI footcontroller sejuta umat Behringer FCB1010. Gunanya pake footcontroller ini adalah biar kita bisa pindah preset di preamp kita. Kalo gak pake footcontroller gimana? Ya pencet aja tuh PRESET UP ato DOWN di unit preamp . Tapi kalo kita lagi maen kan gak mungkin to mindah²in preset pake tangan .

Udah punya preamp sama MIDI footcontroller? Udah. Tapi kok kurang sip ya soalnya gak ada efeknya? Ya tinggal cari unit rack multiefek (ato kalo mau boros ya beli yg cuman ada 1 efek per unit ). Mulai dari yang murah sampe yang mahal banyak di pasaran (eh di pasaran Indonesia banyak gak yah? ). bisa coba pake BOSS SE-70, Zoom 9050, Alesis Midiverb, Alesis Quadraverb, TC Electronic G-Sharp, TC Electronic G-major, Lexicon MPX1, Lexicon MPX G2, TC Electronic G-System.

Gimana kalo budget terbatas tapi pengen cobain rack? Kalo gini coba aja beli rack unit yang udah provide preamp dan efek dalam 1 unit, paling kita cuman perlu nambah MIDI footcontroller aja. Misal beli Roland GP100, Digitech ValveFX, Peavey ProFex ato BOSS GX700. Sensasinya mungkin hampir sama ky kalo kita pake multiefek biasa. Bedanya cuman kali ini unit efek dan unit controllernya terpisah (yah macem pake POD 2.0 ayo XT yang dikasih floorboard gitu deh). Tapi gak semua rack unit yang udah provide preamp dan efek harganya terjangkau, ada juga yang lumayan bikin ngos²an macem Digitech GSP2120, POD XT Pro, POD X3 Pro, dan yang cukup fenomenal Fractal Audio Axe-Fx II untuk saat ini.

Dengan unit yang disebut diatas minimal kita udah bisa ngerasain gimana rasanya make rack system. Terus gimana sama poweramp dan lain sebagainya? Oh itu gak wajib, toh kalo kita main masih bisa colok return amp buat output dr system kita td. Yang perlu ditambah lagi adalah Power Conditioner ato Power Distributor. Fungsinya semacam adaptor/power supply kalo kita main stompbox. Kalo yang merk Furman dirasa mahal, bisa cari alternatif lainnya macem Samson ato Phonic.

Jangan lupa beli rack case yah buat naruh itu rack unit . Sama halnya kalo kita main stompbox, kalo udah punya efek banyak kan perlu pedalboard, nah kalo ini perlu rack case.

Diubah oleh KuMAns 18-09-2013 06:29
macquarie
macquarie memberi reputasi
1
3.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Help, Tips & Tutorial Music
Help, Tips & Tutorial MusicKASKUS Official
3.9KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.