Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Music
  • Perkembangan Komunitas & Gerakan Musik di Kota-Kota Indonesia

neptuneSIXAvatar border
TS
neptuneSIX
Perkembangan Komunitas & Gerakan Musik di Kota-Kota Indonesia
Ini adalah sebuah tulisan yang bagus yang dikutip dibuat oleh Angkuy dari Bottlesmoker tentang Perkembangan Komunitas & Gerakan Musik di Kota-Kota Indonesia. Simak langsung tulisannya dibawah ini

Saya teringat dengan poster yang ditempel teman Saya tepat di depan pintu kamarnya, poster berupa quotes dari Plato, “this city is what it is because our citizens are what they are” dan melempar pikiran Saya ke lingkungan kota Saya sendiri.

Kota di mana Saya tinggal, beraktivitas, bekerja, berkarya, menumpahkan segala ide, mencari uang untuk melanjutkan hidup, bertukar pikiran dengan komunitas, melakukan pergerakan-pergerakan bersama, membentuk project keindahan kota dan masih banyak lainnya.

Bill Gates pernah bilang “until we’re educating every kid in a fantastic way, until every inner city is cleaned up, there is no shortage of things to do”.

Jadi selalu ada sosok yang (memang) menjadi salah satu penggerak, yang mengembangkan, membangun, menggeliatkan gairah anak muda atau komunitas di setiap kotanya.

Kita mungkin tidak perlu bertanya-tanya tentang kota besar ‘pertama’ seperti Jakarta, Bandung, atau Jogjakarta. Dari segi industri kreatif mereka mempunya pondasi dan permukaan yang sudah punya pola bagus.

Saya berbincang dengan teman-teman di kota besar ‘kedua’ mengenai keberhasilan mereka untuk menjadi kota ‘alternatif’ untuk komunitas siapapun dan di kota manapun.

Di mana mereka mampu menjadi jembatan dan link lebih luas bagi kota-kota lain. Kita ambil contoh, sekarang band-band yang memiliki kapasitas di arena sidestream tidak perlu maen atau konser di kota-kota itu aja, kita sudah bisa melihat mereka memiliki fanbase dan regular event di kota-kota selain Bandung, Jakarta atau Jogja atau Bali lah.

Komunitas-komunitas unik dari berbagai bidang juga sudah tidak hanya dimiliki oleh “The Three Capital City”. Perjuangan menuju kota ‘alternatif’ itu tidak mudah, dan bukan kah ini sebuah keistimewaan ketika kota-kota lain memiliki geliat dan gairah yang sama untuk terus berkarya dengan bidang yang mereka gemari, tidak perlu luluh dengan industri yang bosan.

Industri kreatif masih menarik, bahkan lebih menarik di kota-kota besar ‘kedua’ dan Saya yakin suatu hari nanti, kota-kota lain akan menjadi kota-kota besar selanjutnya.

Untuk itu, Saya tertarik untuk berbincang dengan teman-teman di beberapa kota di Indonesia, dan menanyakan bagaimana perkembangan komunitasnya, aktivitasnya dan juga kendalanya.

Simak perbincangannya di bawah ini.


Spoiler for PEKANBARU:


Spoiler for Surabaya:


Spoiler for Bogor:



Spoiler for Samarinda:


Kalo mau kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)ga nolak kok emoticon-Smilie
Diubah oleh neptuneSIX 20-01-2014 08:09
0
1.7K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread8.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.