juragantelorAvatar border
TS
juragantelor
COS, OS Multi-Platform Buatan China


MelekTekno.com - COS atau China Operating System adalah Operating System untuk perangkat mobile yang Multi-Platform. Sistem Operasi domestik COS (China Operating System) keluaran Institute of Software di Chinese Academy of Science (ISCAS) dan Shanghai Liantong Network Communications Technology ini diluncurkan pada tanggal 15 Januari lalu di Bejing.

China Operating System (COS) hampir sama dengan OS TIZEN yang dapat di terapkan pada perangkat smartphone, tablet, PC, Smart TV, set-top box dan perangkat digital lainnya. Menurut direktur dari pengenalan software di Chinese Academy of Science Li Ming-shu, COS menggunakan kernel Linux untuk menyediakan lapisan abstraksi hardware, data dan multimedia dan mendukung berbagai lingkungan run-time. “Walaupun COS menggunakan inti dari software open source, namun pengembangan user interface dan kode yang mendasarinya benar-benar dilakukan secara independen,” kata Li Ming-shu.



Unifikasi dari toko aplikasi dianggap oleh Chen Fei-li sebagai senjata pengembangan COS untuk masa depan. Toko aplikasi COS akan menjadi satu-satunya sumber aplikasi untuk perangkat COS dan juga satu-satunya platform penerbitan aplikasi untuk pengembang, dimana pengiklan juga akan terlibat didalamnya. “Bentuk software seperti ini tidak hanya menjamin keamanan tetapi juga memastikan pengalaman konsumen, menghindari pembajakan software, hacking, yang tentunya akan merugikan pengembang dan pengiklan,” kata Chen Fei-li, Deputy General manager dari Shanghai Liantong Network Communications

Produsen smartphone HTC ikut terlibat dalam pengembangan COS dengan menjadi tim penasihat. Tahun lalu, The Wall Street Journal memberitakan bahwa chairperson HTC, Cher Wang, menjadi supervisor pembuatan sistem operasi khusus yang dikembangkan untuk pasar di China.

COS mendukung aplikasi dan game cross-platform berbasis HTML5, serta juga bisa menjalankan virtual machine (VM) dari pihak ketiga untuk menjalankan aplikasi Java. Saat ini, COS dapat menjalankan berbagai aplikasi di toko aplikasi yang telah dihuni lebih dari 100.000 aplikasi. Selain berbagai dukungan aplikasi, pengembang COS juga bisa memporting aplikasi mobile COS agar bisa dijalankan pada Smart TV, set-top box dan perangkat digital lainnya untuk menciptakan peluang yang lebih besar dalam meraih pendapatan. “Tujuan utama dari COS adalah untuk menjadi sistem operasi utama yang digunakan di China,” kata Chen Fei-li.



Spoiler for sumber:
Diubah oleh juragantelor 20-01-2014 02:12
0
1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.