Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

liquorstore83Avatar border
TS
liquorstore83
Era Pesawat Terbang Listrik Dimulai!
emoticon-Blue Guy Cendol (L)WELCOME TO MY THREAD AGAN AND AGANWATIemoticon-Kiss

Ini merupakan thread pertama dari newbie , semoga pembaca terhibur dengan artikel ane . Artikel perdana ane ini akan membahas tentang
ERA PESAWAT LISTRIK

Jika Agan & Aganwati merasa trit ane bermanfaat , ane minta emoticon-Rate 5 Star
Dan bila berbaik hati juga , ane siap dilempar emoticon-Blue Guy Cendol (L), namun jika kurang menarik jangan dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L). Hargailah newbie ini untuk bersama-sama menambah wawasan.
Spoiler for No Repost:


Tidak hanya mobil dan motor yang kini sudah ditenagai listrik. Menerbangkan pesawat bertenaga listrik pun kini bukan impian lagi. Bahkan, beberapa diantaranya sudah beredar di pasaran dan siap digunakan.
Penggunaan motor listrik memiliki kelebihan, yakni mengurangi tingkat kebisingan (polusi suara) dan juga yang lebih penting adalah bebas polusi udara serta hemat biaya karena tak lagi menggunakan bahan bakar yang cenderung terus melonjak harganya.
Kalaupun ada kekurangannya saat ini, terletak pada daya simpan listrik dalam baterai yang masih terbatas serta waktu pengisian ulang ( charging ) yang masih membutuhkan waktu lama.

Berikut adalah beberapa pesawat terbang listrik yang telah beredar :

Spoiler for 1.Yuneek E430 (2009):

The E430 adalah pesawat sport ringan (LSA) berawak dua, menggunakan bahan komposit ringan dengan desain sayap tinggi,ekor model V,dan roda model fixed. Menggunakan motor listrik dan baterai lithium polymer kreasi Yuneek sendiri,dengan daya 40kw atau setara 45hp. Pesawat ini dilengkapi 3-6 kemasan baterai yang masing" memiliki usia pakai 1.500 jam dan dijual dengan harga Rp.8jt rupiah per buah. Pesawat ini mampu terbang selama 2-2.5 jam dimana baterai dapat diisi ulang selama 3-4 jam dari outlet 220V. Pesawat ini dibandrol dengan harga sekitar Rp.1,15 miliyar rupiah.

Spoiler for 2. PC-Aero Electra One (2011):

Elektra One merupakan pesawat sport berawak tunggal . Elektra One diklaim memiliki daya tahan hingga 3 jam dengan menggunakan baterai lithium berdaya 17,9hp. Jangkauan terbang hingga jarak 500km dengan kecepatan maksimum 160km/jam. PC-Aero juga menawarkan Electra One Plus hanggar mini bertenaga surya untuk menyimpan sekaligus charging baterai. Paket lengkap pesawat hingga hanggar mini dilepas kepasar di harga Rp.1,7 miliyar rupiah.

Spoiler for 3.Pipistrel Taurus Electro G2(2011):

Pipistrel Taurus Electro G2 merupakan pesawat glider berawak 2 orang yang tak memerlukan kendaraan penarik untuk terbang. Pipistrel Taurus Electro G2 ditenagai baterai lithium buatan Tailor yang menghasilkan daya 54hp yang mampu membumbung hingga ketinggian 2.000 meter. Setelah itu mesin akan dimatikan dan ditarik ke dalam badan pesawat kemudian melayang terbang sebagai pesawat terbang layang. Daya tahan baterai pesawat ini tidak begitu lama hanya 17 menit. Tapi ini adalah waktu yang cukup untuk membawa Pipistrel Taurus Electro G2 mengangkasa di udara. Untuk pengisian baterai cukup 5 jam saja dan pesawat siap diterbangkan kembali. Pesawat ini dibandrol dengan harga 1,4 miliyar rupiah per unit.

Spoiler for 4.EADS E-Fan (2013):

Berbeda dari pesawat lainnya yang dikembangkan sebagai pesawat sport atau travel, maka EADS E-Fan merupakan pesawat latih bertempat duduk tandem yang bisa digunakan untuk berakrobatik ria. Kecepatan maksimum yang bisa diraih dari pesawat ini sekitar 220km/jam. Sebagai pembangkit daya menggunakan baterai lithium polimer 250 V seberat 65 kg yang dibuat oleh KOKAM. Baterainya tersimpan disisi luar kokpit yang dilengkapi ventilasi dan pendinginan pasif. Pengisian baterai cukup melakukan charging selama 1 jam saja dan pesaway ini bisa diajak mengudara selama maksimal 1 jam dengan kondisi tenaga baterai penuh.

Sekian artikel perdana dari ane , Semoga bermanfaat serta jangan lupa emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L) dari agan&aganwati yang sudah ISO emoticon-Malu

Pembaca yang arif , bijak serta teladan selalu meninggalkan jejak..emoticon-Kiss
Trims..dan tunggu Trit bermanfaat dari ane selanjutnya..


Sumber : Majalah Angkasa No.4 Januari 2014 Tahun XXIV
0
3.4K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.