Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hell_noAvatar border
TS
hell_no
Dua Hari, Warga Waduk Pluit Banjir Sepinggang
Dua Hari, Warga Waduk Pluit Banjir Sepinggang
Meluapnya Waduk Pluit mengakibatkan permukiman warga digenangi air setinggi sekitar 1 meter atau sepinggang orang dewasa. Kondisi ini sudah berlangsung selama dua hari sejak hari Sabtu (18/1/2014) dini hari.

"Saya sebenarnya sudah antisipasi sejak jam 8:00 malam karena hujan udah deras banget," kata Warlan (46), warga Waduk Pluit RT 17 RW 19 saat ditemui Kompas.com, Minggu (19/1/2014).

Pria kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, itu menuturkan air masuk rumahnya sekitar pukul 03:00 Sabtu dini hari. Ia pun mengungsikan istri dan keempat anaknya ke tenda yang berlokasi tepat di depan pos polisi subsektor Penjaringan.

"Tapi banjir kali tidak separah banjir yang terjadi pada tahun lalu, Januari 2013," ucap pria yang berprofesi sebagai kuli bangunan tersebut.

Mengapa ia tidak pindah ke rumah susun yang disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta? Ia mengatakan dirinya tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk DKI.

Meski sudah tinggal di Jakarta sejak tahun 1986, ia bersama istri dan anaknya tinggal di pemukiman tersebut selama dua tahun. "Di sini juga enak. Kalau mau usaha, cari uang relatif gampang," ucapnya.

Berdasarkan pantauan, banjir di gang menuju rumah warga mencapai pinggang orang dewasa. Sebagian warga yang hendak keluar dari rumahnya menggunakan kapal pelampung yang disediakan.

Meski begitu ada juga, warga yang nekat menerobos banjir. "Kalau di jalan sepinggang, tapi di dalam rumah, ada yang sedada, ada juga yang seleher," tandasnya.

Waduk Pluit Siaga I

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada Sabtu (18/1/2014) malam membuat ketinggian air Waduk Pluit mencapai plus 153 cm atau dalam kondisi siaga I. Kondisi ini juga membuat waduk meluap hingga ke jalan mencapai 50 cm.

"Kemarin jam 10 pagi, 110 cm. Tapi jam 7 malam, sempat surut plus 106 cm, sebelum naik lagi," kata Sekretaris camat Penjaringan, Abdul Halid, saat ditemui di Posko Banjir, Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu.

Menurut Abdul Halid, data tersebut didapatkan pada saat pantauan jam 09:00. Kondisi ini jauh dari status aman. Adapun status aman, kata dia, ketinggian air Waduk Pluit adalah dari minus 180 cm hingga plus 50 cm.

Ia menambahkan dari lima kelurahan yang ada dalam Kecamatan Penjaringan, yaitu Keuruhan Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Pejagalan, dan Kamal Raya, dua kelurahan, Penjaringan dan Pluit terkena dampak dari ketidakmampuan Waduk Pluit menampung air.

sumber : KOMPAS.com

Quote:
0
1.5K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.