Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Pertanyaan Sepele Dhani Nggak Bisa Dijawab Peserta Indonesian Idol?

worldoftinoAvatar border
TS
worldoftino
Kenapa Pertanyaan Sepele Dhani Nggak Bisa Dijawab Peserta Indonesian Idol?


[World of Tino]: Agan/ Aganwati lihat Indonesia Idol audisi Medan semalam? Ada scene di mana peserta diminta menyebutkan 10 penyanyi wanita dunia, dan mereka nggak bisa jawab.

"Cukup sebutkan 10 nama penyanyi wanita yang terkenal di dunia, golden ticket ini buat kamu" kata Dhani Ahmad, menantang peserta Indonesian Idol audisi Medan di layar RCTI semalam. Damn, sebuah janji yang begitu menggiurkan. Nggak perlu susah-payah mengeluarkan suara, dan nggak perlu ada penilaian lainnya, tiket emas ke Jakarta bakal di tangan.

Sepertinya sangat mudah, tapi dari beberapa peserta yang ditanya, tak satu pun pertanyaan itu dijawab sempurna. Bahkan ada peserta yang tidak bisa mengingat satu pun penyanyi wanita dunia. Mungkin kita geregetan, dan berujar: "Gitu aja nggak bisa". Padahal penyanyi wanita internasional itu banyak, contohnya (ini yang ada di pikiran ane, ya, sob):

1. Mariah Carrey
2. Milley Cyrus
3. Lenka
4. Pink
5. Dido
6. Brhitney Spear
7. Madona
8. Macy Gray
9. Desree
10. Beyonce
dan lain-lain

Tapi kenapa informasi yang begitu sepele itu, tidak bisa dijawab dan otak mereka jadi blank? Setidaknya, inilah penyebabnya:

Terlalu banyak beban psikis.



Direktur Utama Grahita Indonesia, Eko Budhi Purwanto melalui penelitiannya mengenai funsi kerja otak dalam sistem memori menyimpulkan, kejadian tersebut adalah fenomena blank mind, atau kehilangan kemampuan memory recallingsecara tiba-tiba. Hal tersebut disebabkan karena tekanan psikis yang bertubi-tubi pada individu yang bersangkutan.

Dalam pemaparannya Eko Budhi menjelaskan bahwa proses memory recalling selalu akan berhubungan dengan fungsi reminisence brain. Reminisence brain function adalah fungsi kerja otak yang bekerja membantu proses recalling dengan melakukan defraction terhadap semua aspek simpanan ingatan yang akan di recall sehingga fungsi recall bisa bekerja secara beraturan.
Hilangnya kontrol terhadap fungsi kerja reminisence brain karena tekanan banyak target keberhasilan menyebabkan individu yang bersangkutan mengalami hambatan memory recall.

Bagi peserta audisi Indonesia Idol, beban psikis mereka tentunya sangat besar. Mereka harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan peserta lain, belum lagi harus melawan rasa gugup, minder dan ngak pede berhadapan dengan juri, serta tekanan mental lainnya.

Hanya fokus ke satu hal



Sebuah studi dari Inggris menemukan salah satu penyebab fenomena yang disebut "kebutaan yang tak diperhatikan (inattentional blindness)". Menurut peneliti, memfokuskan pikiran atau mengingat-ingat sesuatu, membuat manusia tak menyadari hal-hal lain yang terjadi atau berada di sekitarnya.

Yang terjadi pada peserta audisi Indonesian Idol adalah mereka akan berusaha untuk fokus kepada lagu apa yang akan dibawakan di depan juri. Jangan sampai lupa lirik, sehingga mereka akan menghapalkan itu terus. Akibatnya, lupa dengan informasi lainnya. Meskipun kalau dalam kondisi biasa, pertanyaan itu gambang banget dijawab. Inilah yang membuat peserta itu jadi blank.


Kelelahan



Peserta audisi Indonesian Idol jumlahnya ratusan, bahkan mungkin ribuan, dan untuk menunggu giliran untuk tampil itu sangat melelahkan dan menguras tenaga. Hilangnya tenaga ini mengakibatkan suplai energi ke otak jadi minim. Akibatnya otak jadi lemot.

Kesimpulannya sob, kalau ada orang yang ditanya dengan pernyataan simpel, tapi nggak bisa menjawab, mungkin orang tersebut sedang mengalami blank mind. Dan itu lumrah aja! (dari berbagai sumber)

world of tino tagadine
Diubah oleh worldoftino 18-01-2014 08:10
0
41K
432
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.