greenghostAvatar border
TS
greenghost
Cuaca Ekstrim Penyebab Kematian Ribuan Domba Australia
Kementerian Pertanian Australia memastikan sebanyak 4,179 ternak domba Australia mati di laut ketika hendak dikirimkan ke Timur Tengah pada Agustus tahun 2013 lalu.

Kementerian Pertanian Federal memastikan ke 4,179 ternak domba ekspor Australia tewas di laut dalam proses pengiriman ke Timur Tengah pada Agustus 2013 lalu karena kepanasan.

Di saat yang bersamaan Kementerian Pertanian Federal juga merilis temuan pelanggaran aturan kesejahteraan hewan selama berlangsungnya pengiriman ternak hewan hidup.

Philip Glyde Deputi Sekretaris Kementerian Pertanian Federal mengatakan hasil investigasi instansinya menemukan kapal yang digunakan untuk mengangkut ternak domba ekspor asal Australia Barat dan Australia Selatan itu dioperasikan ketika cuaca panas ekstrim melanda kawasan teluk.

"Cuaca di teluk memang selalu panas, tapi dalam kasus ini yaitu ketika pengiriman ternak domba itu dilakukan terjadi cuaca panas ekstrim. Ada laporan kenaikan suhu yang signifikan yang dilaporkan termasuk kasus kematian,” papar Glyde.

Menyikapi temuan ini Kementerian Pertanian akan memperbaiki aturan pengiriman ekspor ternak hidup.

“Untuk pengiriman ternak mendatang kita harus mempertimbangkan apakah pasokan sudah tepat atau tidak. Dan pengiriman ternak domba berikutnya kita akan memberikan tambahan ruang 10% di kandang ternak di kapal sehingga pengiriman ternak itu tidak akan bermasalah,” paparnya.

Kementerian Pertanian Australia mengklaim ini merupakan insiden kematian ternak terbanyak yang dilaporkan dalam perdagangan ternak hidup sejak pertengahan tahun 2011. Karenanya insiden ini ditangani secara serius termasuk mencari tahu penyebabnya.

Insiden ini mendorong Partai Hijau mendesak perdagangan ternak hidup ke Timur Tengah dihentikan. Senator Lee Rhiannon berencana memperkenalkan kembali UU Ekspor ternak hidup ke Senat.

Sementara itu eksportir ternak hidup Australia mengaku insiden kematian ternak domba ekspor dalam pengiriman ini sangat mengecewakan. Insiden ini juga dianggap merusak citra industri ekspor ternak hidup Australia yang sedang mereka perbaiki.

http://www.tribunnews.com/internasional/2014/01/16/cuaca-ekstrim-penyebab-kematian-ribuan-domba-australia-di-teluk-oman

kasihan domba domba itu emoticon-Sorry
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.7K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.