Pada trit ane yang ini, ane mau bahasa Sejarah Oakley gan, iya brand yang mengkususkan diri untuk produk kacamata.
eh, btw...mungkin masih ada agan/aganwati yang masih belum tau Oakley itu apa
Ini contoh produknya:
Spoiler for Kacamata Oakley:
[/SPOILER]
oke deh, langsung aja.
[SPOILER=Produk Olahraga]
Oakley adalah salah satu perusahaan yang berasal dari Foothill Ranch, California. Oakley, Inc memproduksi beberapa perlengkapan olahraga, seperti perlengkapan untuk ski, hoki, dan golf. Namun, perusahaan ini tidak memproduksi perlengkapan olahraga secara keseluruhan. Mereka hanya memfokuskan karyanya terhadap aksesoris olahraga berupa kacamata olahraga, jam, ransel, dan sepatu. Oleh karena itu, produk-produknya cukup terkenal dikalangan mereka yang hobi berolahraga di luar ruangan. Perusahaan ini juga memproduksi pakaian, namun pakaian bukanlah menjadi barang produksi utama dari perusahaan tersebut.
Penggemar olahraga yang begitu beragam menjadi salah satu target pemasaran. Perusahaan satu ini sangat tahu bagaimana menempatkan diri dalam kalangan pecinta olahraga yang dianggap cukup bergengsi. Mereka biasa menjadi sponsor pada jenis olahraga yang dianggap cukup keren dan yang sangat diminati oleh masyarakat banyak. Strategi pemasaran yang cukup jitu memang harus dijalankan agar tidak tertelan persaingan yang sangat ketat di bidang satu ini.
Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat satu hal yang berbeda. Oakley masuk, “menyelinap” di antara banyaknya barang produksi yang isinya kaos melulu. Hasilnya, produk-produknya mendapat sambutan yang cukup baik di pasaran. Meskipun produsen sejenis Oakley juga banyak. Nama merek yang sangat unik ini menjadi semacam jaminan bahwa produk tersebut merupakan salah satu produk yang bagus dan sangat bergengsi dengan bentuk dan rancangan barang yang berbeda dengan produk sejenis.
Anak-anak muda sangat paham dengan produk ini. Mereka akan sangat bangga menyebutkan mereknya terutama untuk jenis kacamata yang terlihat sangat keren, sangat futuristik. Sebuah produk yang mampu membuat pemakainya terlihat lebih cantik, lebih tampan, dan lebih berkelas.
Spoiler for Rivalnya:
Dunia bisnis memang identik dengan persaingan. Begitupun yang dialami oleh Oakley. Adidas, Nike, dan Reebok merupakan rival utama mereka di dunia bisnis. Ketiga merek itu adalah merek-merek yang sangat sulit disaingi. Berbagai gerak pemasaran benar-benar diperhitungkan agar langkah itu tidak dipandang sebagai sesuatu yang sia-sia.
Perusahaan ini mungkin belum mampu memberikan sepatu berkelas dengan teknologi tinggi ke pemain sepakbola dunia, seperti Ronaldo dan Messi, tetapi kalau untuk kacamata, para pemain kelas dunia akan memilih produk mereka dan bukan produk yang dipunyai oleh perusahaan lain. Penempatan diri dengan jenis produk yang tidak diproduksi oleh pesaingnya, telah membuat perusahaan mampu bertahan selama bertahun-tahun di bisnis yang sangat ketat ini.
Inovasi dan kreativitas terus ditantang agar bisa membuat dan menciptakan kebutuhan para konsumen. Hal ini juga yang terus dilakukan oleh pihak perusahaan. Untuk kacamata sendiri, Oakley mempunyai beberapa bentuk dan rancangan yang cocok bagi berbagai bentuk wajah orang yang memakainya. Seperti diketahui bahwa setiap wajah membutuhkan rangka kacamata yang berbeda. Dengan demikian, pemakaian kacamata itu tidak hanya sebagai pelindung mata, tetapi juga sebagai bagian dari fashion dan gaya hidup yang akan membuat pemakainya tampak semakin berkelas dan tampil keren.
Spoiler for Sejarah Oakley:
Usaha ini dirintis oleh Jim Jannard pada 1975. Modal awal perusahaan besar ini hanya $300. Layaknya sebuah usaha yang dimulai dengan modal kecil, Jim Jannard memulainya dengan penuh keprihatinan. Usahanya dimulai dari garasi rumahnya sendiri. Ia tak terlalu mempedulikan tempat. Yang ia pikirkan adalah bahwa ia mampu membuat satu produk yang lain daripada yang lain sehingga orang akan melirik produk tersebut. Kalau produknya sama dengan produk dari perusahaan lain, maka ia tak akan mempunyai kesempatan menembus pasar yang telah ada.
Perbedaan itu membuat orang tertarik dan mau mencoba. Setelah mereka mencoba sekali dan merasa enak, mereka akan membeli produk lainnya. Hal ini karena para pemakai itu yakin bahwa merek satu ini mempunyai kualitas dan bentuk desain yang memang tidak sama dengan yang lain sehingga pemakai merasa sangat spesial. Perasaan spesial inilah yang semakin membuat produk yang baru diluncurkan itu menjadi cepat diserap oleh pasar.
Oakley sendiri diambil dari nama anjing milik Jim Jannard. Anjing milik Jim tersebut sejenis English Setter. Jannard mulai menjual produknya yang ia beri nama The Oakley Grip. Produknya berupa kacamata, menggunakan bahan yang berbeda, yang dikenal dengan nama unobtanium. Bahan ini terasa sangat ringan sehingga batang hitung tidak akan lecet dan telinga tidak akan terasa gatal karena bahan pembuat kerangka yang kurang bagus. Tidak adanya reaksi seperti elergi dan ringannya kacamata produk Jim Jannard ini, telah membuat produk tersebut langsung digemari oleh para konsumennya terutama anak muda yang senang olahraga luar ruangan.
Setelah memproduksi kacamata, Jannard kemudian memproduksi plat nomor, sarung tangan, grip pelindung siku, dagu dan kacamata bagi komunitas BMX dan Motocross. Produk yang sangat spesifik itu adalah cara yang sangat jitu. Dengan menembak para komunitas penggemar satu olahraga, artinya Jim Jannard membidik seluruh anggota komunitas yang biasanya senang sekali kalau mengenakan barang yang sama sebagai simbol kebersamaan dan kekompakan.
Dengan demikian, semakin terkenallah produk ini di berbagai komunitas olahraga. Akhirnya produk satu ini tidak hanya dijual di Amerika saja, produk ini telah melalangbuana ke berbagai negara. Jim Jannard sangat cerdas. Strategi pemasarannya sangat bagus. Ia sangat jeli melihat celah dan peluang yang belum tergarap dengan sangat baik oleh kalangan perusahaan yang bergerak di target pasar yang sama.
Spoiler for Perkembangan Perusahaan:
Lima tahun kemudian, 1980, produk Jannard mulai banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Jannard memproduksi sepasang kacamata yang disebut O-Frame. Oakley kemudian hadir dengan logonya, dan mulai terkenal di dunia olahraga. Pada 1983, perusahaan ini memunculkan produk kacamata untuk olahraga ski.
Hanya dalam waktu lima tahun, nama perusahaan telah sangat dikenal? Ini adalah satu prestasi yang sangat luar biasa. Tidak mudah untuk bisa melakukan hal ini. Kalau tidak ada rasa ingin terus berbuat yang terbaik dan kalau tidak ada kerja keras yang tiada henti, tidak akan hanya dalam lima tahun telah dikenal hampir di seluruh dunia. Suatu perkembangan bisnis yang sangat pesat. Kemajuan ini tentu saja menuntut kerja yang lebih keras lagi dan ide pengembangan produk yang lebih gila-gilaan tetapi tetap terpantau.
Tidak heran kalau pihak perusahaan berani mulai berani memberikan sponsor yang lebih luas kepada lebih banyak komunitas olahraga agar produk mereka semakin dikenal. Produk kacamata selanjutnya yang dikeluarkan perusahaan adalah Factory Pilot Eyeshades. Kacamata ini lagi-lagi berorientasi pada kebutuhan berolahraga. Kemudian diikuti lagi oleh produk kacamata yang bergaya lebih kasual, yaitu Frogskin Oakley.
Tentu saja produk yang cukup keren ini langsung ditanggapi dengan sangat baik oleh para penggemarnya. Mereka seakan tak sabar menanti produk baru dengan cita rasa yang baru dan penggunaan yang lain lagi. Para penggemar itu bagai menanti jenis makanan baru dengan rasa yang terlihat lebih lezat.
Tahun 1995, produk Jannard go public. Hal ini memberikan keuntungan baginya sebesar $ 21 juta. Berkat kesuksesannya, Jannard menjadi orang kedua terkaya di residennya, Orange County, dengan penghasilan sebanyak $ 627.000.000. Perjalanan karir Jim Jannard terus berkembang, 1999, perusahaan ini bekerja sama dengan pihak Nike untuk penjualan kacamata, sepatu, pakaian olahraga, dan jam tangan. Hingga akhirnya, 2001, Oakley didaftarkan sebagai merek dagang dunia. Kerjasama yang dilakukan oleh pihak perusahaan bukan hanya dilakukan dengan pihak Nike, Inc. Oakley juga bekerja sama dengan Fox Racing.
Oakley juga menjadi donasi kacamata bagi para pekerja di Chile yang terjebak selama beberapa minggu di pertambangan. Kacamata tersebut didesain dengan perlindungan mata yang optimal dan dapat melindungi mata dalam kegelapan. Produk dari Oakley juga digunakan bagi para angkatan bersenjata milik Amerika Serikat.