Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kacungnabiAvatar border
TS
kacungnabi
[Serba 13] 13 Tips Memotret dengan Kamera Ponsel
Agan-Agan hobi fotografi tapi belum punya kamera DSLR canggih? Tenang aja, kalian tetep bisa kok menyalurkan hobi kalian dalam mengeksplorasi dan mengabadikan obyek visual dengan gadget yang sederhana seperti kamera ponsel. emoticon-Big Grin

Berikut 13 tips dari ane untuk memotret dengan kamera ponsel. Cekidot, Gan emoticon-Angkat Beer

tips 1:


MILIKI PONSEL BERKAMERA
Ya iyalah.. tanpa ini agan nggak akan mungkin bisa melakukan ke 13 tips dari ane. emoticon-Ngakak kayaknya hampir semua ponsel yang beredar di Indonesia saat ini udah dilengkapi dengan fitur kamera. sebaiknya agan memilih kamera dengan pixel yang agak besar, supaya kemampuan merekam gambarnya juga lebih baik.

tips 2:


PENCAHAYAAN
Usahakan mengambil foto saat cahaya sedang bagus. Saat-saat pencahayaan maksimum (misalnya pagi atau siang hari) biasanya akan membuat kualitas foto menjadi lebih baik jika dibanding saat pencahayaan minimum. Posisikan obyek gambar pada porsi dan posisi pencahayaan yang tepat untuk mendapatkan efek gambar sebagus yang agan inginkan.

tips 3:


FITUR ZOOM
Sebaiknya tidak terlalu mengeksploitasi fitur zoom pada kamera ponsel, karena gambar yang dihasilkan biasanya kurang memuaskan. Kalau memungkinkan, sebaiknya dekati obyek untuk mendapatkan ukuran yang lebih besar atau jarak obyek yang lebih dekat, bukan dengan zoom.

Tips 4:


FUNGSI EKSPOSUR DAN FOKUS
Pada setting kamera default, tekan/tap dan tahan tombol Shutter (setengah tekan dan tahan). Ketika tanda kotak berkedip, artinya eksposur dan fokus sudah terkunci. Baru ambil gambar dengan menekan penuh tombol shutter atau melepas jari dari layar.

Tips 5:


OBSERVASI
Belajarlah untuk mengamati dan melihat secara lebih mendalam. Filter tidak bisa menggantikan mata yang baik. Perhatikan momen, cahaya, dan objeknya. Jika Agan akan menambahkan efek sepia, black and white, atau filter lainya nanti, silahkan saja. Untuk keperluan jurnalisme, sebaiknya tinggalkan yang namanya filter itu.

Tips 6:


USAHAKAN SENATURAL MUNGKIN
Jepret diam-diam untuk mendapat hasil yang alami. Lakukan pengambilan gambar secara diam-diam agar objek manusia tidak tahu bahwa gambarnya sedang diambil. Kecenderungan seseorang ketika tahu sedang difoto adalah bergaya: hasilnya sangat tidak natural. Tapi bagi Agan-agan yang doyan tampil narsis sih nggak dilarang juga. Ini sekedar selera saja. emoticon-Ngakak

Tips 7:


BELAJAR DARI FOTOGRAFER PROFESIONAL
Pelajari cara kerja fotografer lain. Cara fotografer lain mengambil gambar akan menjadi sumber inspirasi bagi Anda. Lihat majalah-majalah fotografi, situs-situs bergambar yang dikerjakan oleh para fotografer handal. Banyak hal yang sebelumnya tidak terpikirkan menjadi jelas setelah melakukan pengamatan. ATM: amati, tiru, modifikasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tips 8:


BUAT DAFTAR OBYEK
Ketahui apa yang ingin Agan lihat sebelum dapat melihatnya. Buat daftar tentang apa yang ingin Agan foto hari ini dan temukan. Cara ini akan mengasah intuisi dan pengalaman Agan.

Tips 9:


BE CREATIVE
Buat target dan tenggat. Ambil 20 gambar untuk satu benda dari berbagai sudut. Agan akan melihat bahwa dunia tampak berbeda jika dipandang dari sudut yang berbeda. Bahkan jika Agan sekedar berjalan memutari segelas kopi di dapur, akan terlihat bedanya sudut pengambilan gambar dan pencahayaan yang jatuh padanya. Cobalah sedikit kreatif dan berpikir Out of The Box.

Tips 10:


SELALU WASPADA
Selalu siap. Bersiaplah untuk momen-momen tak terduga yang datang hanya sesat. Itu akan menjadikan hasil foto Agan unik dan memuaskan. Pastikan saat hati dan pikiran bilang “Shoot!”, kamera Agan telah siap ditekan. Jangan sampai kamera/ponsel Agan masih ada di kantong celana, di dalam tas, atau ketinggalan di toilet.

Tips 11:


EDIT DULU
Edit, edit edit. Tahan diri, jangan share semua jepretan Agan. Posting atau share hanya hasil yang bagus agar pengikut Agan, misalnya di Instagram, bertambah. Nggak perlu terlalu detil juga, sekedar balancing color & light juga udah cukup.Kecuali bagi Agan yang memang suka hasil yang benar-benar natural.

Tips 12:


ASAH KEMAMPUAN
Teruslah berlatih untuk mengasah kemampuan Agan. Semakin sering Agan berlatih, hasil yang Agan dapatkan akan semakin bagus. Buat target jumlah hasil foto yang harus dicapai perhari untuk mengasah kemampuan dan intuisi fotografi Agan.

Tips 13:


PERCAYA DIRI
Ini tips yang sangat penting, karna tanpa pede, Agan nggak akan bisa melakukan semua tips diatas. So, keep confident. Shoot!

sekian tips dari ane. semoga bermanfaat, Gan! emoticon-Blue Guy Cendol (L)


0
2.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.