Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 15 Januari "Selamat Hari Dharma Samudra" (Memperingati Pertempuran Laut Aru)

newgodAvatar border
TS
newgod
15 Januari "Selamat Hari Dharma Samudra" (Memperingati Pertempuran Laut Aru)
Selamat Pagi semuanya,ada yang tahu sekarang Hari apa? Selain hari Rabu 15 Januari 2014,Hari ini Memperingati Hari Dharma Samudra,yaitu Hari untuk Memperingati Pertempuran Laut Aru 15 Januari 1962 saat itu sedang terjadi Pertempuran antara TNl AL (saat itu masih bernama ALRI atau Angkatan Laut Republik Indonesia) dengan Belanda di laut Aru,Simak Sekilas Sejarah dari Pertempuran Laut Aru :


Pertempuran Laut Aru

15 Januari "Selamat Hari Dharma Samudra" (Memperingati Pertempuran Laut Aru)

Kapal Matjan Tutul


Pertempuran Laut Aru adalah suatu pertempuran yang terjadi di Laut Aru, Maluku, pada tanggal 15 Januari 1962 antara Indonesia dan Belanda. Insiden ini terjadi sewaktu dua kapal jenis destroyer, pesawat jenis Neptune dan Frely milik Belanda menyerang RI Matjan Tutul (650), RI Matjan Kumbang (653) dan RI Harimau (654) milik Indonesia yang sedang berpatroli pada posisi 04,49° LS dan 135,02° BT. Komodor Yos Sudarso gugur pada pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, "Kobarkan semangat pertempuran".

Armada Indonesia di bawah pimpinan Yos Sudarso, yang saat itu berada di KRI Macan Tutul, berhasil melakukan manuver untuk mengalihkan perhatian musuh sehingga hanya memusatkan penyerangan ke KRI Macan Tutul. KRI Macan Tutul tenggelam beserta awaknya, tapi kedua kapal lainnya berhasil selamat


Spoiler for Pertempuran Laut Aru:


Sumber :
Spoiler for Sumber:


Pesan TS : Semoga Generasi Kita dan Selanjutnya dapat mempertahankan kekuasaan Indonesia terutama Pulau-pulau paling luar dari Indonesia,jangan sampai Hilang dirampas atau di akui oleh Negara lain dan Jangan sampai kita Melupakan sebuah Sejarah,Selamat Hari Dharma Samudra emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh newgod 15-01-2014 01:33
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.