Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ipan1738Avatar border
TS
ipan1738
Setelah Mobil, ITS Luncurkan Kapal Tenaga Surya


JAKARTA - Masih ingat kehebatan mobil bertenaga listrik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang dijuluki Sapu Angin? Tidak mau kalah dengan mobil yang telah berlaga di berbagai kejuaraan bergengsi itu, ITS kembali meluncurkan kapal bertenaga surya.

Kapal bertenaga surya lahir dari tangan sembilan mahasiswa Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) ITS. Karya mereka itu tengah disiapkan guna mengikuti perlombaan Dong Energy Challenge 2014 di Belanda. Bahkan, hanya mereka satu-satunya tim asal Indonesia yang ikut berlaga dalam kontes kapal berbahan bakar surya tersebut.

Ketua Tim Candra Prasetyo Endro mengungkap, konsep pembuatan kapal tersebut sudah dimulai sejak 2011. Namun, proses pengerjaannya baru bisa dilakukan satu tahun kemudian.

"Pembuatan kapal tersebut berawal dari dorongan dosen-dosen Siskal yang menuntut mahasiswanya untuk bisa menerapkan ilmu yang telah mereka dapat. Terlebih lagi jika mampu bersaing di kancah internasional," ujar Candra, seperti dikutip dari ITS Online, Kamis (9/1/2014).

Hingga saat ini, kata Candra, mereka sudah merampungkan sekira 70 persen badan kapal beserta instalansinya. Tinggal penyempurnaan di beberapa bagian yang memang masih butuh pengerjaan yang lebih lanjut.

Rencananya, kapal ini akan mereka selesaikan pada April 2014. Pasalnya, perlombaan akan resmi digelar pada 28 Juni 2014. Candra mengaku, membuat kapal tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kapal yang dibuat adalah kapal dengan bahan bakar yang berasal dari sinar matahari serta membutuhkan proses yang cukup lama.

Dalam hal ini, mereka harus bisa mengubah sinar matahari menjadi energi listrik, yang nantinya akan dibuat untuk menggerakkan propeller pada kapal. Dengan menggunakan panel surya, cahaya akan diubah menjadi energi listrik dan akan disimpan dalam baterai. Dalam Dong Energy Chalenge 2014 kali ini, daya yang boleh disimpan dalam baterai tidak boleh lebih dari 1 kilowatt (Kw).

Kapal dengan panjang lima meter dan lebar 1,5 meter itu bisa dibilang hemat dan cukup efisien. Sebab, hanya dengan 1 Kw, kapal dengan tinggi 60 sentimeter tersebut mampu melaju dengan kecepatan 10 knot. Bahkan, efisiensi pemakaian energi baterai pun mampu mencapai 85 persen. "Ini bisa dibilang sebuah ecogreen technology," imbuhnya.

Selain itu, berdasarkan running test yang telah dilakukan, kapal yang mempunyai sarat air setinggi 25 centimeter ini sudah bisa berlayar dengan stabil. Bahkan manuvernya juga sudah semakin baik. "Kita juga mengutamakan aspek safety pada kapal," ujar mahasiswa angkatan 2010 itu. (ade)

Sumber

Spoiler for Berita Lainnya :





Mohon maaf sebelumnya ane masih newbie gan jadi mohon maaf kalo gak berkenan. Ane cuma mau mengritisi aja, di tengah-tengah polemik pemilu kali ini banyak aslinya karya-karya mahasiswa yg bisa menjadi aset-aset bangsa,. namun pemerintah tampaknya masih ribet dengan urusan "perebutan kursi no 1 di negeri ini".
Sungguh sebuah hal yang ironi dimana kita dahulunya Indonesia merupakan negeri maritim yang kuat, tapi hal-hal seperti ini masih belu bisa membuat pemerintah "menoleh" ke karya-karya mereka. Tapi, ketika anak-anak bangsa tersebut keluar dan mengabdikan ilmunya ke negeri lain, malah baru diaku-akui bahwa itu hasil buatan anak bangsa mereka #truestory emoticon-Cape d...
Ingat mereka "belum" sarjana, tapi mereka mampu berkarya seperti itu walaupun dengan bantuan beberapa dosen. Semoga kelak akan timbul Habibie-Habibie baru yang mampu merubah negeri ini... *cuma argumen dari ane gan* hehe

tetap dukung karya anak bangsa demi kemajuan negeri ini emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
1.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.