Menikmati Keindahan Alam Indonesia Dari Atas Kereta Api
TS
dokumen
Menikmati Keindahan Alam Indonesia Dari Atas Kereta Api
Pemandangan menjelang sore dari atas KA Gaya Baru Malam
INDAHNYA PERJALANAN NAIK KERETA API
Met kaskus gan!
Di tahun 2014 ini terdapat segudang tanggalan merah. pastinya udah banyak yang merencanakan liburan ke berbagai tempat di tanah air. biasanya yang namanya liburan (apalagi bagi masyarakat perkotaan) berkaitan erat dengan pemandangan hijau nan asri dan alami.
Nah mau foreplaydulu dengan pemandangan indah sebelom sampe di tujuan? cara terbaik adalah dengan naek kereta api! berikut ini adalah kompilasi pemandangan yang bisa dinikmati dalam perjalanannya..
Quote:
PERINGATAN KERAS!!!
Walaupun sebagian besar foto dalam artikel ini diambil dari bordes dan pintu kereta, TS sangat tidak menganjurkan untuk menirunya. TS tidak bertanggungjaenab atas segalam macam bentuk kerugian yang ditimbulkan akibat mencoba memotret dari bordes dan pintu kereta!
AWAS BERBAHAYA!!!
BORDES BUKAN TEMPAT PENUMPANG
Hamparan Sawah
Jalur yang dilalui oleh kereta api sebagian besar terdiri dari areal persawahan. melewati hamparan sawah hijau menguning adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi yang mengalaminya pertama kali. jalur yang terletak ditengah membuat sejauh mata memandang hanyalah hijau yang menyegarkan mata di kanan kiri..
Spoiler for scenery:
Sunrise di daerah Kutoarjo by dokumen @ KA Progo
Persawahan dengan latar belakang gunung Slamet, Jawa Tengah by Gie17 @ KA Serayu Pagi
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
by mochammadopop @ KA Pasundan
by Gie17 @ KA Tawang Alun
Persawahan di daerah Karangsari (Desa Kalisari), Banyumas by dokumen @ KA Gaya Baru Malam Selatan
Persawahan di daerah Jember by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
Persawahan di daerah Jember by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
Persawahan di daerah Jember by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
Persawahan di daerah Cijeruk, Bogor by dokumen @ KA Pangrango
Persawahan di daerah Cicurug, Sukabumi by dokumen @ KA Pangrango
Hutan, Lembah, dan Perbukitan
Melintasi hutan-hutan di perbukitan terasa sangat mengagumkan karena disinilah panorama alam akan tersaji secara sempurna. di beberapa tempat kombinasi dari persawahan, hutan, lembah, dan sungai, bahkan juga gunung di kejauhan bisa dinikmati sekaligus. TS punya pengalaman yang menakjubkan ketika berada di bordes kereta pertama saat rangkaian kereta api menembus hutan berkabut pada dinihari. lampu sorot lokomotif tampak membuyarkan kabut yang tebal, dengan sesekali diiringi jeritan semboyan yang membahana..
Spoiler for scenery:
Sunrise di Madiun, Jawa Timur by mochammadopop @ KA Brantas
Sebuah lembah di Nagreg, Jawa Barat by galuhsuda @ KA Malabar
by mochammadopop @ KA Argo Parahyangan
Jalan tol Cipularang by mochammadopop @ KA Argo Parahyangan
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
Hutan Pinus di daerah Jember by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
Hutan di daerah Mrawan, Jember by Gie17 @ KA Tawang Alun
Hutan di daerah Mrawan, Jember by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
Hutan di daerah Mrawan, Jember by Gie17 @ KA Tawang Alun
Jembatan
Jembatan kereta api sangat berbeda dengan jembatan pada umumnya, karena hampir sebagian besar tidak dilengkapi pembatas di kanan kiri, sehingga menjadi sebuah kenikmatan tersendiri ketika kereta api melintas diatasnya. adrenalin juga akan terpacu kala pandangan diarahkan kebawah. pengalaman ini akan terasa sempurna jika menikmatinya dari bordes kereta, tapi hal ini sangat tidak dianjurkan karena sangat berbahaya..
Spoiler for scenery:
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Pemandangan dari atas jembatan Cirahong by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Spoiler for info:
Jembatan Cirahong adalah jembatan kereta api yang terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, tepatnya di Manonjaya, Tasikmalaya. Jembatan ini melintas diatas Sungai Citanduy yang merupakan perbatasan dari kedua kabupaten tersebut. Jembatan ini mempunyai nomor BH 1290 dan berada di timur Stasiun Manonjaya Daerah Operasi 2 Bandung. Jembatan ini menggunakan konstruksi baja yang banyak dan cukup rapat. Jembatan yang memiliki panjang 202 meter ini merupakan jembatan yang unik, karena memiliki 2 fungsi. Bagian atas jembatan berfungsi untuk lalu lintas kereta api, sedangkan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan. Namun kendaraan yang melintas harus bergantian masuk, karena ukuran jembatan yang sempit. Jembatan ini merupakan jalur alternatif dari Tasikmalaya menuju Ciamis lewat Manonjaya dan sebaliknya. Jembatan Cirahong merupakan satu-satunya jembatan peninggalan belanda di Kabupaten Ciamis. sumber
Pemandangan dari atas jembatan Cisomang by mochammadopop @ KA Argo Parahyangan
Spoiler for info:
Jembatan Cisomang berlokasi di Desa Cisomang, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Jembatan ini digunakan untuk menghubungkan kota Bandung dengan kota Jakarta. Jembatan Cisomang baru diresmikan penggunaannya oleh Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputeri pada 3 Agustus 2004. Jambatan Cisomang baru tersebut merupakan pengganti dari jembatan Cisomang lama yang telah berusia 100 tahun lebih. Jembatan Cisomang lama masih berdiri di samping jembatan Cisomang baru.
Jembatan Cisomang lama dibangun pada tahun 1894 dengan panjang 230 meter dengan ketinggian hampir 100 meter dari dasar sungai Cisomang. Jembatan Cisomang lama bercirikan pilar besi baja yang menjulang tinggi, dengan pondasi beton tertanam 3 meter lebih di kedalaman tanah. Jembatan Cisomang, yang merupakan jembatan kereta api yang tertinggi di Indonesia yang masih aktif digunakan.
Karena Pemerintah Republik Indonesia menganggap jembatan Cisomang lama sudah terlalu tua dan tidak layak lagi untuk terus digunakan untuk lalu lintas kereta api maka pada tahun 2000 mulai dibangun jembatan Cisomang baru sepanjang 243 meter yang dikerjakan oleh para ahli konstruksi jembatan kereta api dari Voesp MCE (Austria). Jembatan Cisomang baru juga sudah disiapkan untuk jalur ganda kereta api antara stasiun Cisomang dengan stasiun Cikadongdong. Jembatan Cisomang baru menggunakan konstruksi rangka baja yang melengkung ke atas. sumber
Jembatan Sakalibel by dokumen @ KA Gaya Baru Malam Selatan
Spoiler for info:
Sakalimolas, Sakalimalas, atau Sakalibel (dari bahasa Jawa: saka, tiang; limolas, lima belas) adalah sebutan untuk jembatan kereta api bertiang lima belas, yang melintang di atas Sungai Keruh, Bumiayu, Brebes. Jembatan terpanjang di Daerah Operasi V Purwokerto ini memiliki nomor BH 1153 dan terletak sekitar satu kilometer di timur Stasiun Bumiayu. Dengan panjang sekitar 298 m dan dilatarbelakangi oleh pemandangan pegunungan yang cantik, Sakalimolas populer sebagai tempat berburu foto, terutama para penggila kereta api (railfans). Apalagi setelah dibangunnya jalan lingkar luar kota Bumiayu yang melintas di kolong Sakalimolas.
Namun, bersamaan dengan pembangunan jalur ganda kereta api antara Purwokerto dan Prupuk, jembatan warisan jaman Belanda yang menggunakan rangka baja ini, sekarang diganti dengan bangunan baru berkonstruksi beton dan berganti nama menjadi Sakanenem. Jembatan beton baru itu sekaligus memuat dua jalur rel, sedangkan jembatan lama tidak difungsikan lagi. sumber
Terowongan
Pemandangan tak kalah indah adalah ketika kereta api akan memasuki terowongan. menembus dinding bukit untuk mempersingkat jalur perjalanan adalah pengalaman menakjubkan yang bisa didapatkan dalam perjalanan naik kereta api..
Spoiler for scenery:
Terowongan Sasaksaat by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Terowongan Sasaksaat by galuhsuda @ KA Lokal Cibatu
Terowongan Sasaksaat by mochammadopop @ KA Argo Parahyangan
Spoiler for info:
Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang dibangun oleh SS (Staatsspoorwagen) antara tahun 1902-1903. Bangunan Hikmat 503 ini berada di jalur antara Purwakarta dan Padalarang di Km 143 + 144 antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati, membelah perbukita Cidepong di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Didalam terowongan sepanjang 949 m ini terdapat 35 sleko terdiri dari 17 kiri dan 18 kanan dari arah Stasiun Sasaksaat. Terowongan yang terletak di Daerah Operasi II Bandung merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas, setiap harinya ada 44 Kereta api yang melintas secara reguler. Jalur yang lengkung ketika akan memasuki terowongan baik dari arah Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati maka jalan relnya diberi rel paksa (gongsol). Banyaknya kereta api yang melintas memerlukan penjagaan khusus di terowongan sehingga di kedua ujung terowongan terdapat gardu jaga untuk JPTw (Juru Periksa Terowongan). sumber
Terowongan Ijo by username1990 @ KA Kutojaya Utara
Spoiler for info:
Terowongan Ijo adalah terowongan kereta api yang terletak di sebelah timur Stasiun Ijo, termasuk wilayah Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Terowongan sepanjang 580 m ini dibangun antara tahun 1885-1886 oleh Staatsspoorwegen (SS), perusahaan kereta api Hindia Belanda, menembus perbukitan kapur Gunung Malang. Termasuk salah satu terowongan yang paling sering dilintasi kereta api, Terowongan Ijo pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Kereta Api Terakhir dan Daun di Atas Bantal. sumber
Terowongan Garahan by Gie17 @ KA Tawang Alun
Terowongan Garahan by dokumen @ KA Mutiara Timur Siang
Spoiler for info:
Terowongan Garahan adalah terowongan kereta api yang terletak di dekat Stasiun Garahan, termasuk wilayah Garahan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Terowongan ini dibangun antara tahun 1901-1902 oleh Staatsspoorwegen (SS), perusahaan kereta api Hindia Belanda, dengan panjang 113 m. Di sebelah tenggaranya, di wilayah Banyuwangi, terletak Terowongan Mrawan. sumber
Terowongan Eka Bhakti Karya by mochammadopop @ KA Penataran
Spoiler for info:
Terowongan Eka Bhakti Karya adalah terowongan kereta api yang terletak di Pohgajih - Sumberpucung, Jawa Timur. Terowongan ini dibangun tahun 1969, dengan panjang 850 m. sumber
Terowongan Dwi Bhakti Karya by mochammadopop @ KA Penataran
Spoiler for info:
Terowongan Dwi Bhakti Karya adalah terowongan kereta api yang terletak di Pohgajih - Sumberpucung, Jawa Timur. Terowongan ini dibangun tahun 1969, dengan panjang 400 m. sumber
Video
Spoiler for scenery:
Melintasi Jembatan Cisomang
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Melintasi Jembatan Cikubang
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Melintasi Jembatan Cikubang
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Melintasi Jembatan Citiis
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Melintasi Stasiun Lebak Jero
by Gie17 @ KA Serayu Pagi
Joyride Tepi Laut
by Gie17 @ KA Argo Bromo Anggrek Pagi
Another View Of DAOP V
by YitzhakOnly @ KA Fajar Utama Yogya
Pemandangan Sekitar Mrawan
by YitzhakOnly @ KA Mutiara Timur Siang
Another View From Padalarang
by YitzhakOnly @ KA Argo Parahyangan
Melewati Jembatan Serayu
by YitzhakOnly @ KA Fajar Utama Yogya
Pemandangan Sekitar LebakJero
by YitzhakOnly @ KA Turangga
Semoga berguna bagi yang blom pernah naek kereta api..
Quote:
Thread ini merupakan bagian dari Kaskusepur
untuk pertanyaan dan info lengkap tentang kereta api, silaken maen kesini: