Water hammer/ hydrolocking adalah keadaan dimana mesin mati mendadak disebabkan oleh air yang masuk kedalam ruang bakar melalui air intake yang seharusnya premium/pertamax + udara sekarang ditambah air yang mengakibatkan tekanan yg berlebihan dalam ruang pembakaran.
Spoiler for Contoh yang nekat, gan!:
Quote:
Kesimpulannya apabila kaskuser disini terpaksa melintasi banjir kyk yg diatas, harus diperhatikan seberapa tinggi permukaan air yang akan dilewati, pastikan aman untuk kendaraan kita, batasan aman untuk melintas bagi sepeda motor adalah
• Letak busi lebih tinggi.
• Filter udara lebih tinggi.
• Untuk motor matic cvt or transmisi otomatis aman untuk melaluinya (buat motor matic)
• Jika melalui banjir pastikan rpm mesin kendaraan tetap stabil tidak naik turun, untuk mencegah air masuk ke mesin melalui lubang knalpot.
Saat mesin mati ada beberapa hal yang harus diperiksa :
Dorong dulu ke tempat yang kering (pasti donk)
Kondisi kendaraan mati/ posisi off
Buka filter udara, untuk memastikan ada air masuk atau tidak, jika ada sebaiknya jangan digunakan lagi
Kuras bensin dalam karburator melalui baut penguras kalo bisa bongkar, bongkar sekalian.
Buka busi dan engkol kendaraan anda beberapa kali untuk sisa air jika rerdapat air pada ruang bakar atau mesin.
Bersihkan/keringkan cop busi dan businya
Buka tutup dan pastikan dari gagang tutup oli, oli mesin bercampur dengan air atau masih aman, jika bercampur dengan air warnanya menjadi seperti kopi susu, jika oli bercampur dengan air sebaiknya di kuras beberapa kali dengan oli bekas yang masih lumayan bagus baru setelah itu ganti dengan oli yang baru (Untuk mencegah kerusakan pada bearing, piston, stang piston, noken as)
Jika motor matic periksa selang pembuangan air pada bagian cover CVT, biasanya ada selang bagian bawah paling belakan, buka selang tersebut untuk mengeceknya.
Jika oli normal, kemudian busi sudah kering, karburator sudah di kuras, coba untuk dipasang semua kecuali filter udara, setelah itu coba untuk di hidupkan beberapa kali.
Jika masih belum hidup segera periksaan kendaraan anda ke bengkel.
Beberapa kemungkinan kerusakan akibat banjir
Water hammer : tabrakan antara udara, bahan bakar dan air yang terjadi di dalam ruang bakar, hal ini terjadi apabila ketika motor mati langsung di paksa untuk di hidupkan, efek water hammer antara lain piston pecah, stang piston bengkok, klep bengkok, cilinder rusak dll.
Spoiler for Kerusakan:
Korslet/ hubungan pendek.
Spoiler for Himbauan TS:
SR gpp yang penting bantu
Yg udh dpt sertifikat ISO bagi2 donk gan