Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

couldjibrilAvatar border
TS
couldjibril
K'tut Tantri, Wanita Barat yang Memperjuangkan Kemerdekaan RI


K'tut Tantri 1945.
Itu hanya masalah waktu


Pada tahun 2010 saya belum pernah mendengar tentang dia . Tapi dia dikenal di Surabaya dan biografi yang muncul diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa , tetapi tidak dalam bahasa Belanda .

K'tut Tantri berarti 'anak keempat ' dalam bahasa Bali . Panggilan akrabnya adalah Sue Surabaya .

Sebagai satu-satunya wanita Barat ia aktif melobi untuk kemerdekaan Indonesia . Pihak berwenang Belanda jelas tidak menyukainya . Bersama dengan pengikut Soetomo( sangat ditakuti dan dibenci oleh Belanda pada waktu itu ) ia berusaha menyulut Perang kemerdekaan yang mulai pada 1945.

Dia menaik perhatian internasional karena menceritakan pengeboman ribuan warga sipil di Surabaya di radio Internasional.

Hidupnya yang indah sangat menarik . Dia lahir di Hollywood dan bepergian 30-an awal sebagai seorang seniman di Bali, yang mana masih sangat sepi dan otentik . Dia dipandu oleh nasib dan melaju ke yang tidak diketahui sampai bahan bakar habis.

Mobilnya mogok di depan istana pangeran Bali . Di sana dia dengan penuh cinta diangkat sebagai anak oleh pangeran dan dipanggil 'K'tut Tantri' / anak keempatnya : . Mereka tinggal di sana selama beberapa tahun dan membangun persahabatan yang erat dengan Pangeran Anak Agung Nura . Dia adalah seorang intelektual , berpendidikan dan berbicara fasih berbahasa Inggris .

Perang Dunia II pecah , dan waktu yang buruk datang : ia ditangkap oleh Jepang dan dimasukkan ke dalam penjara . Dia disiksa , kelaparan dan hampir kehilangan nyawanya .

Ketika dia akhirnya keluar , semua orang menyarankan bahwa dia agar melarikan diri ke Australia. Namun dia menolak dan mengangap Indonesia sebagai takdirnya , dia merasa terlalu terikat dan tidak ingin mengecewakan teman-temannya .

Pada gambar aku ( Marjolein sebagai K'tut Tantri ) memakai ' kebaya ' putih dengan batik ' Jarik . (Terima kasih kepada : Agustina Elisabet ) potret ini dibuat oleh : Prima Kirtti Utomo Yusuf De reenactors from Roode Brug Soerabaia: Gepeng , Ari , Titta , Axel dan Ady .

https://m.facebook.com/photo.php?fbi...ce=46&refid=17

by Marjolein van Pagee

.

Spoiler for Marjolein:


no ripus

temen FB ane ditag fotonya Marjolein ini gan emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh couldjibril 12-01-2014 08:55
0
5.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.