Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

manutdfreakAvatar border
TS
manutdfreak
Jual Ginjal Bukan Solusi - Kisah yang Pernah Tertipu
Agan-agan sekalian. Ane cuma mau bagi cerita aja. Jadi minggu lalu temen ane cerita soal jual-beli ginjal ilegal. Katanya sekitar tahun 2007 atau 2008 ane lupa, ada temannya baca iklan di sebuah surat kabar nasional, yang lagi nyari pendonor darah golongan tertentu. Nah temannya ini (kita panggil aja si A), karena lagi kepepet banget, dompetnya uda sekarat gan emoticon-Matabelo akhirnya memutuskan untuk jadi pendonor darah dengan harapan bakal ada imbalan buat dia.

Eh pas ketemuan di daerah Kota, ternyata orang yang dia temuin (si B), justru nawarin buat beli ginjal si A karena kerabatnya lagi kena sakit gagal ginjal. Akhirnya setelah bujuk rayu dan sebagainya, akhirnya si A kepancing juga untuk setuju jual ginjalnya dengan deal-dealan sekitar 150 juta rupiah emoticon-Cape d...

Terus singkat cerita, si A ngikutin prosedur pemeriksaan darah dan lainnya hingga dinyatakan kalau ginjalnya cocok untuk kerabat si B. Lalu terbanglah si A dan si B ke Singapura buat dioperasi di sana. Untuk catatan, selama proses pemeriksaan medis sampai operasi di Singapura, si A ini diperlakukan manis banget gan! emoticon-Baby Boy dikasih makan enak, perawatan di Singapura juga kelas VIP.

Eh abis operasi beres baru kelihatan busuknya pelan-pelan. Kamarnya mulai dipindah si A, engga lagi di VIP. Terus dia pun udah susah mau ketemu sama si penerima donor ginjalnya. Abis itu pas uda balik ke Indo pun si B mendadak susah dihubungin. Si A emang akhirnya dikasih duit dari si B, tapi itu pun nyicil-nyicil, sekali ngasih 200 ribu, 300 ribu, tapi setelah beberapa kali ngasih terus uda berhenti dan ilang gitu aja gan! emoticon-Hammer2

Akhirnya sekarang si A trauma gan. Dia stress karena berasa ditipu berat. Bayangin aja gan ginjalnya uda ilang sebelah tapi rejeki yang diharapkan ga dateng juga. emoticon-Matabelo

Di sini ane cuma mau bagi cerita dan saranin buat agan-agan semua, jangan gampang percaya pokoknya sama orang-orang yang mau beli organ tubuh kaya gitu. Takutnya calo gan! Bahaya kalau sampe uda ketipu. Jangan sampe kaya agan-agan di bawah ini.

Jual Ginjal Bukan Solusi - Kisah yang Pernah Tertipu

(Sumber: http://akurury.wordpress.com/2009/02...jal-bj-habibi/)

kalau ga percaya klik aja link di atas gan, lihat bagian commentnya. ada ratusan orang berlomba ngejual ginjalnya karena kepepet ekonomi. ane ga munafik juga sih, namanya orang butuh duit pasti suka gelap mata. tapi diusahakan ya tetap di jalur yang legal gan. karena jual-beli organ tubuh di indonesia itu ilegal banget. emoticon-Cool

cekidot:

UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (“UU 36/2009”). Hal ini ditegaskan dalam Pasal 64 ayat (3) UU 36/2009, yang menyebutkan bahwa organ dan/atau jaringan tubuh dilarang diperjualbelikan dengan dalih apapun.

Pelaku penjualan organ dan/atau jaringan tubuh ini diancam pidana sebagaimana diatur Pasal 192 UU 36/2009. Dalam pasal tersebut dinyatakan bahwa setiap orang yang dengan sengaja memperjualbelikan organ atau jaringan tubuh dengan dalih apa pun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.


Selain itu, setelah mendonorkan ginjal, kita juga bisa aja kena sakit gagal ginjal gan. Karena biar gimanapun tubuh kita akan lebih lemah karena ginjal yang tersisa tinggal 1.

Ini salah satu beritanya dari tempo:

JUM'AT, 10 AGUSTUS 2012 | 08:48 WIB
Kisah Tragis Remaja yang Jual Ginjal Demi iPad


TEMPO.CO , Beijing - Lima orang diadilia di Cina untuk perdagangan organ ilegal dan cedera yang disengaja setelah seorang siswa menjual ginjalnya untuk membeli iPad dan iPhone. Para terdakwa, termasuk dokter bedah yang mengambil ginjal remaja 17 tahun di provinsi tengah Hunan ini, kini duduk di kursi pesakitan.

Mereka menghadapi 10 tahun penjara jika terbukti bersalah, menurut kantor berita Xinhua.

Remaja yang menjual ginjalnya mengalami nasib yang lebih tragis. Gadget idaman memang di tangan, tapi dokter memvonisnya mengalami gagal ginjal. Kini hidupnya tergantung pada cuci darah. Ia menyatakan terlalu sakit untuk menghadiri sidang.

Mahasiswa, yang diidentifikasi hanya sebagai Wang, direkrut di ruang chat online, menurut jaksa. Mereka menuduh salah satu terdakwa, He Wei, yang mengatur transplantasi ginjal ilegal pada April lalu untuk membayar utang judi.

Kelompok ini dikatakan telah menerima sekitar US$ 35 ribu untuk transplantasi, sedangkan siswa ini dilaporkan hanya diberi sekitar US$ 3.000 untuk ginjalnya.

Ia hampir meninggal setelah mengalami gagal ginjal pasca-operasi dan dikatakan masih berada dalam kondisi kesehatan yang buruk sampai saat ini.

He membantah tuduhan itu, mengatakan pada hakim bahwa remaja itu secara sukarela menjalani operasi. Empat lainnya dituduh memiliki keterlibatan dalam kasus ini dan menghadapi denda.

Kasus ini mencuat setelah ibu siswa itu menanyakan tentang bagaimana ia memperoleh uang untuk membeli gadget barunya yang harganya lumayan. Dia akhirnya mengaku menjual ginjalnya.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/0...njal-Demi-iPad

Ya semoga ini bisa jadi pembelajaran buat kita semua gan. Kalau ada yang mau bagi cerita, mungkin ada yang pernah ditipu juga soal jual beli ginjal bisa dishare gan cerita-ceritanya. Biar kita sama-sama belajar emoticon-Shakehand2 emoticon-Jempol emoticon-2 Jempol
Diubah oleh manutdfreak 11-01-2014 16:53
0
17.5K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.