MuslimAirForceAvatar border
TS
MuslimAirForce
***Kenali Karakter Manusia Menurut Golongan Darah Ala Jepang***

Ketika kumpul-kumpul dengan tetangga sini, sudah bukan hal yang aneh lagi kalau bahasan golongan darah jadi topik paling menarik.

Begitupun saya, pertama kali ditanya tentang golongan darah sempet terkaget kaget, buat apa sih? Wong kalau di Indonesia, cek golongan darah itu biasanya untuk keperluan kesehatan, seperti saat kita melakukan transfusi darah, dan lain sebagainya.

Tapi di Jepang, bahasan golongan darah itu sudah menjadi suatu kepercayaan dalam masyarakat bahwa itu bisa mempengaruhi karakter manusia. Dan begitu percayanya masyarakat Jepang bahwa golongan darah pun mempunyai pengaruh besar terhadap hubungan antar manusia, masalah pekerjaan sampai percintaan!

Jadi jangan heran, kalau ketika kita berkenalan dengan teman baru, muncullah pertanyaan, “kamu golongan darahnya apa??” emoticon-Big Grin

Ketika pertanyaan itu saya jawab, kalau golongan darah saya adalah 0, saya heran ketika teman-teman Jepang saya berucap…”aaa Yappari ne!” Atteruyo!” (sudah diduga! Klop banget!) Makin pusinglah saya karena sama sekali tidak mengerti apa yang dimaksud. Dan mereka begitu kaget, ketika saya mengatakan golongan darah keluarga di Indonesia adalah 0 semua, mereka pun terlihat melongo tak percaya. Haaduh jadi makin penasaran saya.

Akhirnya saya bisa korek-korek dari teman, kalau golongan darah 0 itu biasanya mempunyai karakter yang kinishinai (cuek dan tidak perduli) ditambah lagi kuuki yomenai (tidak bisa lihat suasana, jadi suka asal ngomong).haa yang ini bikin saya shock!! Kok gak ada yang bagus ya hehe tapi kata temen-temen saya banyak loh orang Jepang yang iri sama orang yang bergolongan darah 0 ini, karena biasanya kalau ada masalah tidak dibiarkan berlarut larut, jadi biasanya orang ini akan jauh dari yang namanya stress, oh yaa??…tapi saya stress nih ingin diet tapi gagal terus ;D

Lucunya lagi, acara TV misalnya tentang profil penyanyi atau artis film, di biodatanya dicantumin loh Golongan Darah ini, disurat kabar atau majalah pun pernah saya lihat ada yang memuat horoskop Golongan Darah. Kalau dulu jamannya masih langganan majalah Gadis, lembar yang paling cepet lecek dan sobek adalah ramalan bintang, bolak balik gak bosen bosen dilihat hehe biasa deh kalau gak urusan asmara dan jodoh, ya soal keuangan hehehe duh duh jadulnyaa.

Nah urusan percintaan dan perjodohan pun tak lepas dari cocok-cocokan golongan darah. Ealahh sampai segitunya ya. Kalau untuk mendiskusikan mengenai kecocokan dalam menjalin hubungan antar golongan darah itu, ada bukunya loh yang membahas tentang ini.

Masalah Asmara bahkan pekerjaan pun semua di bagi-bagi per golongan darah. Coba deh longok di toko-toko buku disini, yang membahas tentang golongan darah, kebanyakan selalu jadi best seller, buku paling laku dan laris manis di Jepang.

Saya pernah baca di majalah, kalau diet pun sebaiknya dilakukan agar bisa sukses dengan melihat golongan darah, jadi disitu disebutkan untuk Golongan darah 0 ( maaf ya yang keinget 0 terus nih hehe ) makanan yang harus dihindari adalah gandum dan makanan yang berbahan dasar susu, karena katanya orang yang golongan darah 0 ini, akan cepat melar badannya (gemuk) kalau mengkonsumsi bahan-bahan makanan ini, bahkan olah raganya pun sudah ditentukan loh, kalau saya katanya cocok berolahraga Tinju dan Lari, haha haduh tinjuuu??? Iya deh saya coba latihan meninju suami nanti biar sukses diet hehehe

Yang cukup bikin saya tidak percaya yaitu pada bulan Juli 2011, seorang menteri di Jepang mengundurkan diri setelah dikritik karena membuat pernyataan yang kurang berkenan bagi masyarakat Jepang, dan beliau menyalahkan golongan darah B-nya yang berarti kalau dia mempunyai karakter mudah marah dan kurang bisanya menyampaikan suatu pesan ke masyarakat dengan baik.

Oalahh begitu besarnya pengaruh Golongan darah ini bagi masyakat Jepang, sehingga segala sesuatu yang terjadi berkenaan karakter dan sifatnya itu selalu berkaca pada golongan darahnya.

Menurut shnews.co, di negeri Sakura ini sekitar 40% populasi Jepang bergolongan darah A dan 30% bergolongan darah 0, sementara hanya 20% yang bergolongan darah B dan 10% bergolongan darah AB. Apa sih ya sebenernya arti yang tersembunyi didalam golongan darah ini, sampai begitu penting dan wajib untuk diketahui oleh orang Jepang.

Penasaran ya, bagaimana karakter orang yang bergolongan darah A,B O dan AB ini, saya coba rangkum dari beberapa informasi termasuk hasil `nguping` dari temen-temen Jepang disini, sebagai berikut :

Golongan darah A : adalah seorang yang perfeksionis, sangat sensitif, suka kebersihan, ramah dan baik hati, bisa bekerja sama dengan tim namun terlalu khawatir yang berlebihan.

Golongan darah B: adalah orang yang mempunyai sifat ceria dan eksentrik, berpendirian tetap, optimis, cepat beradaptasi, mudah jatuh cinta, individualistik dan egois.

Golongan darah 0: adalah orang yang ingin serba tahu, realistis, romantis, ambisius, tidak perduli dengan hal-hal kecil, murah hati tapi sangat keras kepala.

Golongan darah AB: adalah orang yang mempunyai cita rasa seni, religius, tenang, tidak suka orang lain ikut campur, kreatif, misterius dan tidak bisa diprediksi.

Nah, karakter-karakter yang ada dalam setiap golongan darah diataslah, dimana masyarakat begitu mempercayainya dan selalu berfikir bahwa kehidupannya itu dipengaruhi oleh golongan darahnya itu.

Kalau di pikir lucu juga ya, apabila dibandingkan dengan di Tanah Air tercinta, dimana Zodiak, ramalan bintang sudah jadi hal yang biasa dan umum untuk dilihat, tapi di Jepang kok ya Golongan Darah emoticon-Wink) kalau di China mungkin Shio binatang. Dan bagaimana dengan dinegara lainnya, apakah beda juga?? emoticon-Big Grin Menarik dan unik ya.

Kalau saya pribadi, keunikan ini buat tambahan pengetahuan saja, jangan terlalu di telan mentah-mentah, apalagi sampai kita bertengkar dengan pasangan, setelah tahu golongan darah pasangan bukanlah yang paling ideal untuk kita. Wah wah bisa berabee ini mah emoticon-Big Grin

Salam Hangat,wk

http://luar-negeri.kompasiana.com/20...ng-620508.html
0
3.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.