Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ichsanadAvatar border
TS
ichsanad
(SIAP-SIAP GAN!) Indonesia bakalan punya kereta "Shinkansen"
jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star ya gan emoticon-thumbsup

(SIAP-SIAP GAN!) Indonesia bakalan punya kereta "Shinkansen"

Jakarta - Pemerintah tengah mengebut jalur ganda (double track) kereta dari Jakarta menuju Surabaya melewati beberapa titik kota-kota besar di pulau Jawa. Jalur ganda tersebut bisa melalui 2 rute, pertama lintas utara yang beroperasi April 2014, dan lintas selatan yang ditargetkan akan beroperasi 2016.

Ada beberapa fakta menarik mengenai jalur ganda tersebut yang dihimpun detikFinance, Kamis (9/1/2014). Berikut daftarnya.

Jalur ganda lintas utara ini ditargetkan selesai pada April 2014. Saat ini pemerintah tengah mengakselerasi pengerjaan proyek tersebut. Rute yang dilewati jalur ganda ini dimulai dari Jakarta-Cikampek-Cirebon-Semarang-Bojonegoro-Surabaya. Panjang total jalur ganda tersebut 727 km.

Pemerintah pun sedang mengembangkan jalur ganda lintas selatan dengan rute yang sama Jakarta-Surabaya. Bedanya, titik-titik yang dilalui seluruhnya berada di jalur pantai selatan Jawa. Yang sama, jalur ini berangkat dari Jakarta menuju Cirebon. Baru lah dari Cirebon jalur ganda ini tersambung ke Purwokerto lalu ke Yogyakarta, Solo, Madiun hingga kemudian Surabaya. Jalur ini akan beroperasi tahun 2016.
Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyebut, jika telah beroperasi, jalur ganda lintas utara Jawa mampu mengalihkan kepadatan lalu lintas di darat dan dialihkan ke kereta. Terutama untuk kendaraan barang, dia meyakini per tahun ada 1 juta kontainer yang akan diangkut oleh kereta di jalur ganda ini. Dampak dari hal tersebut juga bisa mengurangi konsumsi BBM dan penumpukkan kendaraan di jalan.

Baik di jalur lintas utara maupun lintas selatan, jalur ini dibangun dengan rute Jakarta-Surabaya. Mengapa dipilih rute tersebut karena 2 kota itu dinilai bisa memajukan ekonomi Indonesia.

"Jangan lupa yang kita hubungkan ini 2 titik finansial Indonesia. Jakarta dan Surabaya. Surabaya kebetulan ada sentral ekonomi ke arah timur Indonesia. Jakarta ke internasional. Dengan tersambungnya ini dengan konektivitas yang semakin baik, ekonomi kita akan semakin kuat," katanya saat melakukan inspeksi jalur ganda Cirebon-Surabaya, Rabu (8/1/2014).

Beroperasinya jalur ganda secara otomatis akan menghemat waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya atau ke titik stasiun yang dilewatinya. Juga menghindari adanya potensi kecelakaan.

"Pasti dengan sendirinya nggak perlu lagi ada persimpangan. Kalau single track kan gantian. Itu artinya di stasiun-stasiun itu ngantri, gantian," terangnya.

Berapa waktu tempuh yang dapat dihemat dari Jakarta ke Surabaya?

"Kita akan kembali ke yang lama dulu dengan lintas KA yang lebih Jakarta-Surabaya itu 9 jam. Kita bisa hemat mungkin 8-8,5 tapi dengan jumlah kereta yang lebih banyak. Tambah lama tambah kompetitif," ujar Bambang.


Pemerintah tengah melakukan pra studi kelaikan untuk membangun kereta super cepat Jakarta-Surabaya bersama pihak Jepang. Rel yang akan dipakai bukan jalur ganda ini tapi rutenya sama.

Ini merupakan proyek terpisah dari jalur ganda yang masih akan dimatangkan. Kajian atau studi dilakukan secara mendalam dan detail karena proyek ini adalah proyek yang sangat besar, baik dari segi investasi maupun dari konstruksi.

"Kita sedang melakukan studi mengambil trase yang mana. Setelah itu baru kita pakai skema public private partnership (PPP) berapa porsi pemerintah dan berapa porsi swasta," kata Bambang.

Ada 2 trase yang menjadi opsi dalam kajian pemerintah itu. Pertama adalah dari Jakarta melalui Cirebon lalu Semarang kemudian Surabaya. Yang kedua adalah Jakarta lewat Cikarang lalu Bandung diteruskan ke Cirebon Semarang dan Surabaya.

"Trasenya sedang kita pilih dan kaji. Karena investasinya besar, sekitar Rp 100 triliun," katanya.

Lalu kapan Indonesia bisa mulai membangun kereta cepat tersebut?

"Dalam 5 tahun ke depan kita pasti bangun. Penyelesaiannya 4-5 tahun setelah itu baru beroperasi. Kita bertahap, nggak langsung Jakarta-Surabaya. Itu bertahap. Kalau kita lihat pola (pembangunan) di seluruh dunia seperti itu.

sumber: [url]http://m.detik..com/finance/read/2014/01/09/105757/2462538/4/7/ini-jalur-ganda-kereta-jakarta-surabaya-calon-rute-shinkansen-ri[/url]

kalo boleh ane minta cendol gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Shakehand2 emoticon-Salaman
Diubah oleh ichsanad 11-01-2014 09:19
0
4.2K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.