• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sebuah Opini tentang Program TV Nusantara dan Kualitas Masyarakat

okawisnawaAvatar border
TS
okawisnawa
Sebuah Opini tentang Program TV Nusantara dan Kualitas Masyarakat
Pendidikan di Indonesia perlu diperbaiki, salah satu media informasi yang merakyat adalah televisi. Apabila pemerintah ingin memperbaiki kualitas pendidikan anak" nusantara, maka berikanlah anak" nusantara tontonan yang berkualitas. Dari sana mereka akan melihat, memperhatikan, belajar dan mengerti..

"Bung, hiburan yang baik tidak hanya menghibur, tidak hanya membantu melepas lelah, tetapi sebaiknya mendidik"

Pemerintah menyusun dan mengeluarkan "kebijakan" (dalam tanda kutip) tentang pendidikan dan sebagainya, tetapi seperti tidak menyentuh ranah penyampaian informasi yang baik bagi masyarakatnya.

Indonesia memiliki lembaga sensor, yang fungsinya mungkin hanya melakukan sensor terhadap film-film yang dianggap vulgar, tidak mempertimbangan kualitas yang terkandung didalamnya sepertinya(maaf saya tidak tau kenyataannya seperti apa). Cukup aneh jika kita bayangkan, dan yang lebih aneh bahwa acara" yang tidak berkualitas tetap tampil di TV tanah air.

Keluarga adalah lingkungan pendidikan terdekat yang dimiliki oleh setiap generasi muda. Anak2 punya rasa ingin tahu yang besar, salah satu kewajiban orang tua adalah mendidik. Tidak hanya orang tua sebenarnya, tetapi juga guru dan pemerintah. Maka akan lebih baik jika media juga mampu mengoptimalkan peran orang tua, guru dan pemerintah dalam mendidik generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

Jika rating acara TV tanah air ditentukan oleh penonton, dan stasiun tanah air mengatakan masyarakat Indonesia lebih menyukai acara yang tidak berkualitas (menganggap tidak mengerti atau terlalu bodoh - kalangan masyarakat menengah kebawah), maka cobalah untuk berpikir ulang.

Masyarakat menengah kebawah mungkin tidak mengerti manajemen program di stasiun TV, mereka hanya menonton dan menikmati apa yang bisa mereka nikmati. Maka kewajiban stasiun TV-lah dalam memberikan, menyediakan tontonan berkualitas, yang mendidik, yang membantu menaikkan taraf hidup masyarakatnya. Apakah ini berlebihan ? mungkin tidak karena peran media pasti sangat dihargai dan diapresiasi masyarakat kedepannya.

Mungkin tidak mudah, tapi dampak positifnya akan terasa dalam jangka panjang, dan ini juga berlaku untuk stasiun TV tersebut, dimana iklan yang tampil tidak hanya iklan untuk masyarakat kelas menengah kebawah, tetapi kemungkinan juga iklan KELAS MENENGAH KEATAS.
"Tahu kenapa ? karena secara tidak langsung, program TV yang berkualitas akan membantu memperbaiki kualitas masyarakat."

ane cinta nusantara gan emoticon-Sorry, ane cinta Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh okawisnawa 09-01-2014 01:55
0
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.