Kaskus

Hobby

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ag8882Avatar border
TS
ag8882
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
halo kaskuser, kali ini saya mau mencoba membuat forum mengenai salah satu produk RC dari HobbyKing turnigy nitro racing buggy 1/16

Turnigy 1/16 nitro racing buggy 0.07
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Spesifikasi teknisnya SBB:
Servos: 15g High Torque Micro
Drive: Full Time 4WD, Twin Diff
Width: 187MM
Height: 101MM
Track: 191MM
Length: 280MM
Wheelbase: 177MM
Gear ratio: 11.2:1
Engine: .07 ci (ada juga yang versi .05 ci) buatan jepang
Ground clearance (F/R): 20-30MM

Required:
2 Channel radio (TX/RX)
4 x AAA batteries for receiver
Nitro fuel
Glow plug driver


Buggy ini terbilang murah dibandingkan dengan mobil serupa yang bermerk Jepang atau Amerika, material plastik cukup tebal dan sepertinya liat tidak getas.

Bila membeli buggy ini, sebelum digunakan pastikan untuk melakukan pengecekan pada komponen2nya, biasanya ada baut2 yang kendor sehingga perlu dikencangkan (cek buku panduan). Juga periksa komponen2 lainnya yang perlu disesuaikan, maklum mungkin yang rakit buru-buru jadi gak bisa sempurna 100% rakitannya. Coba dorong bugi di lantai menggunakan tangan, harusnya rodanya bisa berjalan dengan lancar, bila roda tidak mau berputar, kemungkinan clutch/ kopling macet dan perlu diperbaiki.

Periksa baut2 yang terletak pada bagian bawah mobil ini, kencangkan, untuk baut yang menghubungkan part plastik dengan plastik, kencangkan bautnya dengan alat yang sesuai (obeng min atau plus; hex) hanya dengan kekuatan jari, ingat ini plastik, kalau dikencangkan dengan kekuatan telapak tangan bisa2 dol, bila punya thread locker (removable, jangan yang permanen) gunakan untuk menguatkan hubungan ulir baut dengan lubangnya.
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Perhatikan baut yang dilingkari merah, itu adalah baut dari servo saver, mudah copot (punya saya pernah copot dan bautnya hilang di jalan, jadi kalau beli sekalian sama baut2nya untuk cadangan), sebaiknya beri thread locker (buka baut, beri thread locker, pasang lagi) atau bila tidak ada bisa pakai sedikit lem uhu.
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Kemudian cek posisi netral servo, pasang receiver pada buggy beserta baterainya, kemudian nyalakan (remot duluan baru buggy, kalau mematikan buggy duluan baru remot). Untuk melakukan setingan letakan buggy pada stand sehingga rodanya tidak menyentuh lantai. Pada saat baterai buggy dinyalakan, servo akan berada pada posisi center, lihat posisi ban depan dari atas, apakah lurus atau cenderung belok? Bila belok sedikit, maka luruskan dengan memutar turnbuckle pada steering servo ke arah yang sesuai sampai ban depan lurus.
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Bila posisinya cenderung belok agak banyak (seperti pada punya saya) maka luruskan dengan cara melepas lengan servo dan memasangnya lagi hingga lurus atau hampir lurus kemudian luruskan dengan memutar turnbuckle lengan steering servo.
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Coba belokkan ban buggy dari remot, bila terbalik gunakan fitur “reverse” pada remot. Bila arah belok sudah sesuai, coba belokan sampai mentok kiri dan kanan, lihat servo pada saat posisi mentok, bila berdenyut atau bunyi, artinya derajat perputaran servo lebih besar dari derajat belok ban, ini bisa bikin servo cepat rusak, kurangi derajat perputaran servo dari remot (bila ada fitur EPA) sampai servo tidak berdenyut atau berbunyi saat belok mentok (kalau remotnya tidak ada fitur ini, maka bisa dilakukan manual dengan cara memasang batang steering servo ke lubang yang lebih dekat dengan pusat lengan servo).

Selanjutnya periksa throtlle servo, coba buka throttle/ rem sampai mentok menggunakan remot, bila pada saat mentok servonya berdenyut, maka sama seperti kasus diatas, derajat perputaran servo melebihi kebutuhan, sesuaikan secara digital atau manual sehingga servo tidak berdenyut/ berbunyi saat throttle/ rem mentok.
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
pilihlah Remot yang minimal punya fitur SBB :
• Servos NOR/REV = membalik arah servo dari remot
• Steering Trim = menyesuaikan posisi netral steering servo
• Throttle Trim = menyesuaikan posisi netral servo untuk gas
• End Point Adjustment = mengurangi/ menambah derajat perputaran servo
Fitur2 di atas memudahkan kita melakukan penyesuaian.

Oke, setingan2 yang cukup penting saya rasa sudah saya lakukan, saya mau “memerawani” buggy ini. Saya seorang pemula, ini pertama kalinya saya main ginian, hehe. Untuk break-in saya menggunakan bahan bakar khusus break-in, saat break-in ini saya nyalakan buggy dalam keadaan stasioner satu tangki penuh, lalu jalankan buggy membentuk pola angka 8 untuk 2 tangki berikutnya maksimum gas 30-40%an. Tangki ke 4 saya jalankan secara lurus dan gas 70% selama 2-3 detikan bolak balik sampai habis bahan bakarnya. Tangki ke 5 sama seperti tangki ke 4 tapi gas dibuka penuh 100%.

Tips:
• Pastikan baterai pemanas busi masih ok, saya sempat coba nyalain buggy narik pullstart sampai tangan pegel ga nyala juga, ternyata baterai pemanas busi sudah lemah.
• Awalnya sulit mencari setingan karburator untuk start, saya mendapatkan 2 3/4 putaran berlawanan jarum jam (dari posisi nol) pada fuel needle/ High Speed Needle (HSN) dan 2 1/2 putaran berlawanan jarum jam (dari posisi penuh) pada air needle/ langsam sampai akhirnya bisa nyala dengan baik, settingan ini saya gunakan menggunakan bahan bakar untuk break-in dengan kandungan nitro 10%.

Fuel needle/ HSN (berlawanan jarum jam = menambah pasokan bahan bakar), posisi nol = putar searah jam sampai mentok
Air needle/ Langsam (berlawanan jarum jam = mengurangi pasokan udara), posisi penuh = putar searah jarum jam sampai mentok

FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Untuk kondisi stasioner, celah udara pada karbu cukup sekitar 1 mm saja (untuk melihat celah udara pada karbu, cabut dulu saringan udara yang nempel di karbu)

Indikator baik suatu settingan adalah:
• pada saat stasioner roda diam sempurna alias tidak berputar atau tersendat-sendat, bila berputar atau tersendat-sendat, putar air needle berlawanan jarum jam hingga roda diam sempurna.
• akselerasi mantap dan cenderung spontan,
• bila gas dibuka penuh raungan mesin (cukup) tinggi,
• asap kebiruan samar-samar terlihat dari knalpot,
• Suhu antara 105-120 derajat celcius, suhu bisa diukur menggunakan alat deteksi suhu infra merah
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY

Saat memainkan nitro buggy ini, alat-alat yang harus sedia di saku/ toolbox diantaranya:
1. Obeng min untuk mengatur setingan bahan bakar dan udara
2. Pemanas busi
3. Baterai cadangan untuk pemanas busi
4. Busi cadangan untuk mengecek pemanas busi apakah baterainya masih kuat atau tidak, sering kali buggy ga mau nyala ternyata pemanas businya yang kehabisan baterai

Berikut penampakan setelah break in engine
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Kotor bukan karena gaya-gayaan main di lumpur, tapi gara2 masuk got (maklum nubi emoticon-Malu (S))
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Bemper nabrak batu cukup keras, material plastik bemper tergaruk (tidak pecah), tandanya plastik cukup liat.

Crash log on first run:
1. Nabrak gerobak jualan kolak pas bagian shock tower kena rangka roda gerobak,
2. Nabrak pager pas bagian ban depan,
3. Bemper nabrak batu.
4. Masuk selokan, mainnya ga konsen sambil celingak celinguk kiri kanan takut ada mobil/ motor lewat dan juga takut ada tetangga yang protes karena berisik..

bersih-bersih
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
lepas kaki-kaki supaya membersihkan lebih mudah.

FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Setelah beberapa tangki, pullstart loss, mungkin karena laher satu arahnya (yang dilingkari merah) terlumasi oleh oli bahan bakar, terpaksa saya bongkar pulstartnya untuk membersihkan lahernya. Hasilnya pullstart dapat digunakan kembali (kadang loss lagi, nariknya harus pas).

FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Kinclong lagi
FORUM TURNIGY 1/16 NITRO BUGGY
Ready for action!! emoticon-thumbsup
Kalau ada yang main turnigy nitro 1/16 ayo gabung & share disini!!!

update 04052015
Karburator pada mesin ini terbuat dari metal, kendala pada karbu metal yaitu "vapor lock" dan susah start saat panas, bila menggunakan kadar nitro yang rendah, maka untuk mencapai tenaga yang diinginkan AFR akan cenderung kurus sehingga mesin panas.
Saat saya menggunakan nitro 16%, untuk mencapai tenaga yang dikehendaki suhu operasi berada di sekitar 130 derajat.
Rekomendasi saya gunakan fuel dengan kadar nitro 25 sd 20%, suhu operasional di kisaran 105 sd 110 derajat celcius.
Diubah oleh ag8882 04-05-2015 16:48
nona212
nona212 memberi reputasi
1
8.3K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Model Kit & R/C
Model Kit & R/C
KASKUS Official
323Thread836Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.