Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

r.c.t.i.o.kAvatar border
TS
r.c.t.i.o.k
9 Langkah Cegah Varises
9 Langkah Cegah Varises

VARISES bisa dikatakan mengganggu penampilan tak pernah diinginkan oleh kebanyakan wanita. Tonjolan pembuluh berwarna biru yang berbenjol-benjol tidak teratur dan menyembul dari bawah kulit membuat kaki tidak enak dipandang. Bahkan pada beberapa kasus, penderita dapat merasakan gatal hingga nyeri akibat varises. Nah, bagaimana solusi untuk mencegah munculnya varises? Simak tips berikut!

Pertama adalah berolahraga. Jarang berolahraga, akan membuat otot Anda lemah. Otot yang lemah tidak akan mampu mendukung pekerjaan pembuluh vena hingga akhirnya memicu timbulnya varises.

Kedua, turunkan berat badan. Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki darah yang lebih banyak untuk dialirkan oleh vena. Dan sayangnya, tak sedikit dari mereka yang cenderung kurang gerak. Padahal dampak dari kurang gerak akan mempengaruhi kekuatan otot yang berfungsi mendukung pekerjaan pembuluh vena.

Yang ketiga, jangan berdiri terlalu lama. Ya, jika Anda dituntut untuk lama berdiri, usahakan agar sesering mungkin menyelinginya dengan berjalan-jalan atau sesekali Anda juga bisa mengangkat kaki secara bergantian. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi tekanan pada kaki.

Keempat, angkat kaki Anda. Mengangkat kaki di atas ketinggian jantung selama kurang lebih 10 menit tiap jamnya dapat mengurangi tekanan pada vena Anda. Atau, Anda juga bisa meletakkan bantal di kaki saat Anda tidur.

Lima,jangan duduk terlalu lama. Ketika duduk, lutut dan pangkal paha akan menekuk. Nah, hal ini dapat membuat aliran darah menuju jantung menjadi lebih berat.

Keenam,Usahakan untuk menyelingi dengan meluruskan kaki atau berjalan. Saat duduk, jangan silangkan kaki Anda. Hal itu dapat menghalangi aliran darah. Keenam, lakukan diet seimbang. Dengan berdiet secara seimbang, tentunya tubuh akan mendapat asupan nutrisi yang cukup. Saat nutrisi tubuh terpenuhi, pembuluh darah dan otot Anda akan menjadi lebih kuat sehingga dapat bekerja secara maksimal.

Yang ketujuh, gunakan stoking pendukung. Stoking pendukung atau stoking kompresi ini merupakan stoking kaki atau celana ketat dengan bahan elastis yang kuat. Stoking ini dapat menghambat perkembangan varises, membantu memperlancar aliran darah Anda dan mengurangi rasa sakit saat varises menyerang.

Kedelapan, jangan kenakan pakaian ketat. Berbeda dengan stoking yang memang dirancang khusus menjadi ketat untuk membantu aliran darah ke atas, pakaian atau celana yang ketat justru akan menghambat aliran darah sehingga lebih besar memicu timbulnya varises.

Kesembilan, berhenti merokok. Zat berbahaya yang terkandung dalam rokok dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku lalu terjadilah penyempitan.link
0
1.7K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.